Mengenal Apa Itu Kurs, Jenis, Serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi

Exchange Rate May 22, 2023

Kurs merupakan istilah yang sangat familiar, khususnya bagi kamu yang banyak berkecimpung di dunia perdagangan internasional. Biasanya, informasi mengenai kurs uang digunakan saat kamu akan membeli dan menjual barang ke luar negeri. Nggak cuma itu, kamu akan sering menggunakan informasi mengenai kurs jika kamu memiliki rencana untuk pergi ke luar negeri.

Kurs uang yang dimiliki setiap negara bersifat fluktuatif, bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari inflasi hingga kebijakan pemerintah juga ikut mempengaruhi nilai kurs. Lantas apa yang dimaksud dengan kurs? Apa saja faktor yang mempengaruhinya? Yuk langsung simak ulasan lengkap tentang kurs beserta jenis dan faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya kurs dalam ulasan berikut ini.

Penjelasan Tentang Kurs

Kurs adalah nilai tukar valuta atau mata uang sebuah negara dengan valuta atau mata uang negara lain. Setiap negara di dunia memiliki mata uang dengan nilai yang berbeda-beda. Maka dari itu, saat kamu menukarkan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain, jumlahnya akan berbeda.

Kurs mata uang mempunyai peran yang sangat penting, khususnya pada aktivitas impor dan ekspor suatu negara. Nggak cuma itu, kurs juga punya peran penting ketika kamu hendak bepergian ke luar negeri. Selain nilainya yang fluktuatif, kurs ternyata memiliki beberapa jenis yang bisa kamu bedakan sesuai dengan penggunaannya. Apa saja jenis-jenis kurs? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Jenis - Jenis Kurs

Kurs Beli

Kurs beli merupakan jenis kurs yang umum digunakan oleh pihak bank, pedagang valas, atau money changer saat membeli mata uang asing. Jenis kurs ini juga dapat dikatakan sebagai harga pembelian mata uang negara lain dengan menggunakan valuta lokal.

Kurs Jual

Kurs jual merupakan kurs yang digunakan untuk menjual mata uang asing dari pihak bank, pedagang valas, atau money changer. Penggunaan kurs jual biasanya dilakukan saat kamu akan berkunjung ke luar negeri.

Kurs Tengah

Kurs tengah adalah nilai tukar valuta yang berada di antara kurs beli dan jual. Kurs jenis ini hanya digunakan pedagang valas untuk mendapatkan keuntungan dari selisih pertukaran mata uang antar kurs beli dan jualnya.

Itu dia sederet jenis-jenis kurs yang penting untuk kamu ketahui. Kurs-kurs tersebut tentunya dapat berubah sewaktu-waktu baik naik ataupun turun. Naik turunnya kurs ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa saja faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya kurs? Ini dia faktor yang mempengaruhi kurs.

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kurs

Aktivitas neraca pembayaran: Neraca pembayaran yang aktif akan mendorong permintaan dari debitur asing dan meningkatkan nilai tukar valuta lokal. Dengan begitu, nilai tukar valuta asing akan melemah dan valuta lokal akan menguat.

Aliran modal keluar: capital outflow atau modal yang keluar untuk melunasi utang maupun memenuhi keperluan negara, dapat mempengaruhi naik turunnya kurs valuta lokal.

Ekspektasi: perkiraan nilai tukar di masa yang akan datang seperti kabar terjadinya inflasi di suatu negara juga dapat mempengaruhi kuat lemahnya kurs valuta suatu negara.

Inflasi: tingginya inflasi suatu negara membuat permintaan berkurang dan akan menurunkan aktivitas ekspor yang akan berdampak pada turunnya nilai valuta lokal.

Perbedaan suku bunga: adanya perbedaan suku bunga dapat mempengaruhi naik turunnya valuta asing. Dengan peningkatan suku bunga negara, modal asing akan meningkat dan membuat nilai tukar valuta lokal semakin kuat.

Kebijakan pemerintah: adanya kebijakan pemerintah seperti pembatasan barang impor dapat mempengaruhi pergerakkan kurs asing yang cenderung menurun karena permintaan valuta asing yang juga menurun.

Itu dia penjelasan tentang apa itu kurs dan jenis-jenisnya. Nah, buat kamu yang ingin transfer uang ke luar negeri, nggak perlu repot hitung kurs lagi secara manual. Dengan kurs yang relatif rendah dan biaya transfer yang flat, kamu jadi bisa hemat banyak ketika ingin kirim uang ke luar negeri.

Dengan Topremit, kamu hanya butuh waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang kamu transfer ke luar negeri sampai ke rekening tujuan. Mudah banget, kan? Selalu percayakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan praktis, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.