Apa itu Transaksi Reversal? - Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya

Dunia Perbankan Apr 21, 2022

Kemajuan di bidang teknologi dalam sektor perbankan saat ini membuat para nasabah bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam menggunakan jasa layanan perbankan sehari-harinya. Berbagai fitur yang bertujuan untuk memanjakan para nasabah dalam berbagai keperluan transaksi juga semakin banyak, salah satunya adalah transaksi reversal. Beberapa dari kamu mungkin belum terlalu paham dan  mengenal istilah perbankan yang satu ini, penerapan transaksi reversal sendiri biasanya menggunakan fasilitas notifikasi yang dikirimkan oleh sebuah pihak bank pada saat sebuah transaksi terjadi, untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak uraiannya dibawah ini ya!.

Apa Itu Transaksi Reversal?

Transaksi reversal adalah sebuah keterangan untuk setiap transaksi yang akan didapatkan oleh seorang nasabah dalam bentuk notifikasi SMS, m-banking, atau internet banking yang dikirimkan dari pihak bank penyedia layanan tersebut kepada nasabah yang melakukan sebuah proses transaksi.

Apa Arti Reversal?

Biasanya reversal transaksi tersebut terjadi ketika adanya sebuah kegagalan dalam suatu proses transaksi atau yang sering dinamakan dengan timeout. Meskipun transaksi tersebut secara teknis merupakan transaksi yang gagal, nasabah tidak perlu khawatir saldo atau dana yang digunakan untuk bertransaksi akan hilang, meskipun misalnya nanti terjadi pengurangan saldo ketika proses transaksi yang gagal, pihak bank akan mengembalikan besaran saldo tersebut ke rekening nasabah secara utuh.

Apa Penyebab Terjadi Reversal di Bank?

Penyebab terjadinya sebuah reversal dalam suatu proses transaksi perbankan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah sebagai berikut :

Waktu transaksi sudah habis

Setiap transaksi yang dilakukan oleh seorang nasabah bank biasanya memiliki tenggat waktu tertentu yang ditetapkan oleh sistem perbankan. Jika sebuah proses transaksi ternyata melewati batas waktu, maka demi alasan keamanan transaksi tersebut akan dianggap gagal oleh sistem.

Outer

Outer yang dimaksud disini adalah ketika nomor tujuan transaksi yang dituju berada di luar wilayah jangkauan bank yang digunakan oleh nasabah. Hal ini kerap terjadi ketika seorang nasabah salah dalam memasukan kode transfer bank yang dituju sehingga transaksi gagal.

Gangguan koneksi

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya reversal antara lain adalah adanya gangguan jaringan dalam sistem perbankan sehingga proses transaksi tidak dapat diselesaikan dengan normal. Faktor ini merupakan faktor yang murni kesalahan dari sistem dan bukan kesalahan pribadi nasabah yang sedang melakukan transaksi.

Rekening tujuan salah

Ketika seorang nasabah salah memasukkan nomor rekening tujuan, maka transaksi yang dilakukan akan gagal dan tidak bisa terselesaikan dengan baik. Hal ini terjadi karena sistem tidak bisa melacak nomor rekening yang dituju sehingga mengakibatkan adanya reversal.

Cara Mengatasi Reversal

Untuk mengatasi agar transaksi yang kamu lakukan terhindar dari reversal, yuk lakukan beberapa langkah berikut :

Pastikan rekening sudah benar

Ketika terjadi reversal dalam sebuah transaksi perbankan, kamu sebaiknya cek kembali bahwa nomor kode bank dan nomor rekening tujuan memang sudah benar dan tidak terdapat kesalahan angka. Kamu bisa coba cross-check ulang nomor yang kamu input dengan nomor rekening transaksi yang akan kamu tuju, jika salah sedikit saja dalam memasukkan nomor kode bank (termasuk branch code bank) serta nomor rekening tujuan maka transaksi tersebut tidak akan berhasil. Jadi pastikan kamu teliti ketika melakukan sebuah transaksi, ya!

Pastikan koneksi stabil

Koneksi jaringan yang kamu gunakan ketika melakukan sebuah transaksi juga perlu kamu perhatikan, terutama untuk kamu yang bertransaksi menggunakan layanan m-banking atau internet banking. Jangan sampai nantinya koneksi yang tidak stabil tersebut malah membuat transaksi kamu tidak dapat berjalan dengan lancar dan menyebabkan kegagalan transaksi.

Segera selesaikan transaksi, harus teliti

Ketika kamu ingin melakukan sebuah transaksi, pastikan kamu tidak berlama-lama menunda prosesnya agar tidak melewati batas tenggat waktu yang ditetapkan oleh sistem perbankan. Kamu harus segera menyelesaikan transkasi agar nantinya tidak terjadi kegagalan yang mengakibatkan reversal.

Bagaimana? Sekarang kamu pasti jadi sudah lebih mengerti apa itu transaksi reversal dan berbagai penyebab serta cara mengatasinya, kan? Nah, jika kamu bertransaksi berupa pengiriman dan transfer uang ke luar negeri, pastikan kamu menggunakan Topremit sebagai platform pengiriman uang kamu ya! Topremit bisa kamu andalkan untuk mengirim uang ke lebih dari 70 negara secara cepat tanpa ribet. Hanya dalam waktu mulai dari 5 menit, uang yang kamu kirimkan sudah bisa sampai tujuan dengan aman.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.