Ausbildung, Kerja Sambil Belajar di Jerman, Penjelasan dan Jurusan Yang Tersedia

Kuliah di luar negeri May 16, 2023

Apa itu Ausbildung?

Ausbildung adalah program magang kerja dan belajar selama 3 tahun di Jerman. Ausbildung sendiri berbeda dengan kerja menjadi TKI di Korea, Jepang, Taiwan karena dalam program Ausbildung ini nantinya kamu akan melamar ke perusahaan yang sudah tertera dalam daftar program. Jika nanti kamu diterima, barulah akan diberangkatkan ke Jerman.

Nantinya di Jerman kamu harus mengikuti kelas teori serta bekerja seperti karyawan magang dan juga akan menerima digaji. Setelah menjalani program ini selama 3 tahun, kamu akan mengikuti tes profesi untuk mendapatkan sertifikat profesi. Jika lulus maka kamu bisa bekerja full time sampai masa pensiun seperti warga Jerman lainnya.

Menarik banget kan? Lantas apa saja keuntungan dari mengikuti program ini dan jurusan apa aja yang tersedia? Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Keuntungan mengikuti Ausbildung Jerman

Belajar sambil bekerja

Pengalaman yang nantinya akan kamu dapatkan sama halnya seperti anak SMK, yang mendapatkan teori di kelas lalu mendapatkan jam praktek kerja. Namun bedanya adalah kamu akan langsung terjun sebagai tenaga magang di perusahaan yang kamu pilih. Kesempatan yang bagus untuk mendapatkan ilmu dan menerapkannya secara langsung di lapangan.

Mendapatkan gaji

Meskipun masih tenaga magang, kamu akan mendapatkan gaji sesuai dengan peraturan yang ada di perusahaan tersebut. Tentu saja gaji magang dan gaji pekerja tetap berbeda, namun hal ini tidak menjadi halangan untuk kamu mewujudkan impian bekerja full time setelah masa program berakhir nanti.

Mendapatkan tempat tinggal

Hal yang perlu dipikirkan oleh anak rantau adalah tempat tinggal. Namun jangan khawatir sebab program Ausbildung ini memberikan tempat tinggal seperti asrama yang artinya akan ada teman lainnya yang datang dari berbagai negara. Dengan begitu kamu tidak akan kesepian dan mendapatkan pengalaman baru dengan teman yang baru pula.

Jenjang karir cemerlang

Program ausbildung akan membuat kamu menjadi tenaga profesi yang ahli dibidangnya. Sehingga setelah lulus nanti kamu bisa memilih untuk meneruskan bekerja di Jerman atau kembali ke Indonesia dan bekerja di perusahaan yang bonafit.

Jurusan Ausbildung Jerman

Penasaran kan apa saja pilihan jurusan yang bisa kamu pilih pada program ini? Ini dia pilihannya:

Mekatronika

Jurusan Ausbildung Mekatronika ini akan mendidik pesertanya agar bisa jadi ahli mekatronika. Disini Kamu akan mempelajari ilmu pengukuran sudut tegangan dalam rangkaian listrik. Selain itu juga membandingkan hasilnya dengan data sebelumnya. Tentunya tugas ini sangat dasar serta wajib diketahui dan dipahami lulusan mekatronik.

Jika kamu belajar di jurusan ini, maka nantinya akan memperdalam soal servis dan bagaimana cara memperbaiki mesin. Jadi bukan hanya sekedar mengecek saja namun juga agar bisa mengetahui cara untuk mengoperasikan mesin yang masih bisa berfungsi dengan baik.

Disamping itu, lulusan mekatronik juga harus paham dan bisa bongkar pasang mesin. Oleh karena itu, materi ini merupakan salah satu bagian penting dalam hal service. Kemampuan ini tentunya sangat dibutuhkan ketika bekerja di sebuah perusahaan.

Restoran

Jurusan ini akan mengajarkan kamu bagaimana cara menjadi pemilik restoran yang profesional. Karena menjalankan restoran tentunya memiliki prosedur-prosedur khusus yang tidak dapat disamakan dengan cara menjalankan warung makan pada umumnya. Disini kamu akan diajarkan bagaimana cara agar pelayanan kamu maksimal sehingga para pengunjung betah dan menikmati menu hidangan yang kamu sajikan.

Selain itu juga ada kalanya restoran mengadakan event khusus seperti ulang tahun, pernikahan, pesta kelulusan dan seminar. Cara memanajemen event seperti  itu juga akan diajarkan oleh ahlinya agar semua acara tersebut sukses. Dengan begitu nama restoran akan semakin terkenal karena pelayanan terbaiknya.

Perawat

Selama mengikuti program ini kamu akan belajar mengenai administrasi dalam sebuah rumah sakit. Selain itu juga belajar semua bagian tubuh manusia yang berhubungan dengan penyakit sekaligus pengobatan yang dilakukan.

Karena tanggung jawabnya yang diemban besar maka kamu juga harus memiliki motivasi yang besar sebelum menentukan untuk memilih jurusan ini. Apabila sudah merasa yakin di masa depan setelah lulus kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, kemudian klinik, atau bisa juga di fasilitas perawat lainnya.

Kamu juga dapat memilih pendidikan spesialisasi untuk menambah ilmu kamu nantinya. Contohnya Face Krankenpfleger für Nephrologie yang merupakan pendidikan untuk menjadi perawat pasien yang memiliki penyakit akut.

Perhotelan

Program ini akan mendidik peserta agar menjadi tenaga spesialis pada bidang perhotelan. Adapun besaran gaji yang diterima untuk jurusan ini yaitu kisaran 850 hingga 900 euro dan ini setara dengan seorang koki.

Dengan menjadi tenaga ahli di bidang perhotelan artinya Kamu juga akan bekerja di bidang jasa yang memberikan layanan terbaik. Dalam bidang perhotelan sendiri terdiri dari beberapa divisi seperti Front Office, Housekeeping, Pastry dan finance.

Semua materi hotel lengkap akan dipelajari di jurusan ini hingga tahun ketiga. Jika sudah lulus maka kamu dapat langsung bekerja di hotel. Selain itu kamu juga bisa melanjutkan pendidikan spesialisasi jika kamu mau.

Koki/Chef

Dengan mengikuti Ausbildung Koki/Chef ini maka nantinya akan dididik menjadi seorang koki profesional tentunya juga dengan standar internasional. Untuk tahun pertama Kamu akan mempelajari tentang dapur mulai dari persiapan makanan, hingga SOP kerja di dapur.

Kemudian pada tahun kedua dan ketiga Kamu akan diajari bagaimana cara membuat hidangan lokal hingga internasional.

Selama mengikuti program ini kamu akan mendapatkan gaji sekitar 800 hingga 900 euro. Lalu jika sudah lulus maka bisa bekerja di berbagai perusahaan yang berhubungan dengan F&B.

Nah itu dia informasi lengkap mengenai Ausbildung, keuntungannya dan beberapa jurusan yang bisa kamu ambil untuk mengikuti program ini. Mantap banget kan? Selain dapat pengalaman kamu juga bisa mendapatkan gaji lho, siapa sih yang gak mau!

Oiya jika kamu sudah membulatkan tekad untuk pergi ke Jerman tapi masih bingung cara menerima dana darurat dari keluarga kamu di Indonesia. Jangan khawatir, karena Topremit siap untuk membantu kamu!

Dengan Topremit, keluarga kamu di Indonesia bisa kirim uang ke rekening bank kamu di Jerman dalam waktu 20 menit saja dengan biaya flat IDR 100k doang. Murah dan cepat banget kan, makanya selalu percayakan Topremit untuk urusan kirim uang ke luar negeri ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.