Daftar Universitas Terbaik di Singapura: Pintu Menuju Pendidikan Unggul

Singapore Sep 14, 2023

Singapura, sebagai salah satu pusat pendidikan terkemuka di dunia, menawarkan sejumlah universitas terbaik yang telah menjadi pilihan utama bagi mahasiswa internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi berkualitas. Mulai dari National University of Singapore atau akrab dipanggil NUS hingga Cornell-Nanyang Institute, semuanya akan diulas dalam pembahasan berikut ini.

Jadi kamu wajib baca sampai habis ya untuk menjelajahi beberapa universitas terbaik di Singapura yang telah memenangkan pengakuan global.

1. National University of Singapore (NUS)

Dikenal sebagai "Universitas terbaik di Singapura", National University of Singapore (NUS) merupakan universitas tertua dan terbesar di Singapura. Universitas ini juga telah berulangkali masuk ke jajaran 30 besar universitas terbaik dunia dan bahkan pada tahun 2023 masuk urutan ke-11 universitas terbaik di dunia dan yang ke-3 sebagai universitas terbaik di Asia versi QS World University Rankings.

Dengan 16 fakultas dan sekolah yang menawarkan beragam program, mulai dari ilmu sosial hingga ilmu kedokteran, NUS adalah destinasi unggulan bagi para pencari ilmu. Program MBA NUS juga termasuk yang bermutu paling baik. Beberapa alumni terkenal termasuk mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew dan Mahathir Mohamad.

2. Nanyang Technological University (NTU)

NTU dikenal dengan sekolah teknik terbesarnya di Singapura. Dalam QS World University Rankings 2023, NTU menempati peringkat ke-19 di dunia. Fakultas teknik, bisnis, dan ilmu sosial yang berkualitas tinggi membuat NTU menjadi pilihan utama. Jurusan Ilmu Komputer NTU adalah salah satu yang terbaik di dunia.

NTU ini terkenal dengan sekolah tekniknya yang terbesar di Singapura. Versi QS World University Rankings 2023 menampilkan NTU sebagai universitas terbaik ke-19 di dunia, loh! Didukung oleh fasilitas kampus yang baik, universitas ini memacu bidang riset. Universitas ini memiliki sekitar 33 ribu mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang kuliah di berbagai fakultas, seperti fakultas teknik, fakultas bisnis, dan fakultas ilmu sosial.

Jurusan favorit di NTU adalah Ilmu komputer. Jurusan tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Yang juga tak kalah banyaknya diminati calon mahasiswa adalah program MBA NTU.

3. Singapore Management University

Meskipun relatif baru, SMU telah mencuri perhatian di bidang manajemen. Didirikan di tahun 2000, universitas ini sudah punya nama tersendiri dalam bidang manajemen. Sejumlah program studi seperti manajemen bisnis, ekonomi, akuntansi, manajemen sistem informasi, hukum dan ilmu sosial sudah mampu menarik tak kurang dari 7.000 mahasiswa dari jenjang sarjana (S1) sampai pascasarjana (S2) untuk kuliah di salah satu universitas terbaik di Singapura ini.

4. Singapore Institute of Management (SIM) - Singapore University of Social Sciences

SUSS, sebelumnya dikenal sebagai SIM University pada 1964 dan merupakan tempat yang tepat untuk studi di bidang ilmu sosial. Dengan berbagai program dari diploma hingga pascasarjana. Lalu pada 2017, mereka mengubah nama jadi Singapore University of Social Sciences dan kini tiap tahun menerima sekitar 10.000 mahasiswa. Universitas ini merupakan salah satu sekolah bisnis terbaik di Singapura dan telah dibantu oleh pemerintah Singapura dalam pengembangannya serta pengadaan berbagai program studi lainnya di bidang social sciences (ilmu sosial).

5. Singapore University of Technology and Design

Untuk bidang desain, sebaiknya kamu melirik Singapore University of Technology and Design. Universitas yang masih sangat muda ini punya fokus untuk mengembangkan keilmuan di bidang arsitektur, desain, teknologi informasi, dan ilmu pengetahuan. Kombinasi program mereka yang unik mempersiapkan para mahasiswanya untuk meraih karir cemerlang di era digital yang kian berevolusi melalui teknologi-teknologi baru.

6. LASALLE College of The Arts

Siapa yang belum pernah mendengar tentang LASALLE, sekolah seni yang paling terkenal di Singapura? Ya, Singapura punya salah satu sekolah seni terbaik di dunia. Yang perlu diingat, LASALLE College of The Arts merupakan sekolah yang berbeda dengan LaSalle College yang berpusat di Kanada. Arsitektur gedung kacanya yang unik menjadi icon tersendiri untuk LASALLE Singapura.

Berbagai program studi ditawarkan oleh LASALLE, mulai dari performance arts seperti drama dan tari, seni rupa, seni media, hingga fashion design dan graphic design. Gedungnya yang memiliki desain unik juga menjadi salah satu daya tarik turis yang datang ke Singapura. Jadi kalau kamu ingin kuliah di bidang seni, LASALLE bisa jadi jawabannya!

7. Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management

Ini adalah institusi unik yang menggabungkan keunggulan akademis dari Cornell University dengan pengetahuan bisnis dari Nanyang Technological University. Selain program sarjana, mereka juga menawarkan program eksekutif yang dirancang untuk para profesional industri perhotelan. Sekolah ini tentunya merupakan pilihan tepat belajar pariwisata dan perhotelan.

Singapura adalah rumah bagi universitas-universitas terbaik yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dan beragam peluang karir. Dengan berbagai pilihan universitas dan program studi, mahasiswa internasional dapat mengejar impian pendidikan mereka di Singapura.

Namun perlu kamu ingat untuk selalu memeriksa situs web resmi universitas dan persyaratan penerimaan terbaru sebelum mengajukan aplikasi. Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk memahami pilihan universitas yang tersedia di Singapura jika kamu ingin melanjutkan pendidikan kesana ya!

Pembayaran Uang Kuliah

Nah, kebetulan banget nih Topremit juga menyediakan layanan kirim uang ke Singapura yang tentunya bisa ngebantu kamu ketika ingin menyelesaikan pembayaran biaya kuliah nantinya atau untuk menerima uang biaya hidup dari keluarga kamu di Indonesia!

Dengan Topremit, kirim uang ke Singapura biaya transfernya flat IDR 75K doang dan uang kamu dijamin sampai di hari yang sama ke rekening bank penerima. Ini tentunya pas banget buat kamu yang butuh nerima uang dalam waktu singkat atau butuh pembayaran uang kuliah dilakukan secepat mungkin. Kurs yang ditawarkan juga selalu kompetitif jadi dijamin kamu bisa lebih hemat. Yuk cobain sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.