Import Business

Anti Ketipu! Ini 7 Cara Bayar Bisnis Impor Paling Terpercaya

impor dan ekspor Dec 29, 2023

Bisnis impor sekarang tentunya sudah menjadi salah satu perdagangan internasional paling populer untuk mencari cuan dalam jumlah besar.

Namun karena tentunya perdagangan internasional adalah kegiatan yang terkait dengan transaksi barang atau jasa yang terjadi antar negara dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, maka akan muncul prosedur pembayaran internasional.

Untungnya ada beberapa alat pembayaran internasional yang dapat digunakan saat melakukan transaksi atau perdagangan dengan negara lain. Semua alat pembayaran ini bersifat umum dan dapat digunakan oleh pelaku UKM dalam kegiatan ekspor dan impor.  

Berikut beberapa alat pembayaran internasional yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif ketika membeli barang/jasa dari supplier di luar negeri, simak sampai habis ya!

7 Cara Melakukan Pembayaran Bisnis Impor

1. Tunai atau kontan

Euro Bank Notes

Siapa bilang pembayaran internasional gak bisa pakai uang tunai? Ya tetap bisa dong, cuma memang memindahkan uang tunai dari satu negara ke negara lainnya dalam jumlah besar merupakan hal yang cukup ribet dan bahkan ada batasan maksimum IDR 100 juta yang bisa dibawa secara tunai untuk beberapa negara di Asia. Namun ini bukan berarti bahwa kamu tidak bisa melakukan pembayaran antar negara adalah dengan cash-based.

A. Keuntungan

Kamu bisa menggunakan cara ini saat berada di luar negeri atau melakukan transfer secara manual di bank dengan cara menyerahkan uang tunai yang kemudian akan disalurkan ke rekening supplier.

B. Cara pembayaran

Ada dua cara untuk melakukan pembayaran dengan metode ini yakni:

  • Langsung menyerahkan cash ke supplier, yang tentunya hanya dapat kamu lakukan ketika sedang berada di negara tempat supplier kamu berpusat, atau
  • Melakukan setor dana ke teller bank yang kemudian akan disalurkan ke rekening supplier kamu, tentunya untuk hal ini kamu akan diwajibkan membayar biaya admin yang ditentukan oleh pihak bank.

2. Cek

Example of Check

Siapa nih yang gak kenal sama cek? Cara pembayaran ini tentunya pernah kamu lihat di filem yang ada orang-orang kayanya, sebab ini menjadi cara yang sering banget mereka gunakan untuk melakukan pembayaran apapun, yaitu dengan langsung memberikan sebuah cek yang kemudian dapat diuangkan ke bank.

Nah, cek juga bisa kamu gunakan sebagai alat pembayaran internasional meskipun bisa terkesan sedikit lebih ribet dibandingkan beberapa opsi lainnya.

A. Cara pembayaran

Pihak importir mengirimkan cek pada pihak eksportir dengan bank yang ditunjuk pada negara eksportir. Sehingga, nantinya bank yang dituju adalah bank yang memang mempunyai cabang pada negara importir.

B. Proses

Pemindahan dana akan dilikuidasi bila cek sudah tervalidasi dengan tanda tangan ataupun cap resmi dari pihak pemberi kuasa.

3. Telegraphic transfer

How Telegraphic Transfers Work

Untuk alat pembayaran internasional yang satu ini cukup mirip dengan cek.

A. Cara pembayaran

Telegraphic transfer adalah suatu perintah dari pemilik awal dana guna memindahkan dananya pada suatu rekening lain dengan melalui sistem otomatis suatu perbankan. Jadi, lembarannya nanti tidak harus dimiliki oleh pihak penerima dana. Untuk itu, pastikanlah Sahabat Wirausaha memilih bank yang sudah terpercaya, karena cara pembayaran ini memiliki risiko yang tinggi.

Secara sederhana, telegraphic transfer adalah layanan yang memungkinkan Sahabat Wirausaha mengirimkan uang ke rekening bank di luar negeri.

B. Proses

Untuk memulai pengiriman uang via telegraphic transfer, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Isi formulir aplikasi pengiriman uang seperti negara penerima, nama penerima, nama bank penerima yang disertai dengan kode SWIFT dari bank tersebut, serta nomor telepon penerima.
  • Kunjungi bank dengan membawa buku rekening, kartu ATM, serta kartu identitas seperti KTP.
  • Isi slip transfer antar bank dengan informasi yang benar.
  • Lakukan pembayaran dan simpan bukti transfer.
  • Tunggu proses pengiriman dana sekitar 1 – 4 hari kerja.

Dalam proses pengiriman uang melalui telegraphic transfer, Sahabat Wirausaha diharuskan mengetahui kode SWIFT dari bank tujuan karena berfungsi sebagai pembawa data untuk menyalurkan pesan antara dua lembaga keuangan. Selain itu, semua bank di dunia pun memiliki kode SWIFT tersendiri sehingga sebaiknya Sahabat Wirausaha mengetahui kode SWIFT dari bank pengirim maupun penerima agar proses transfer uang berjalan lancar.

4. Kartu kredit

MasterCard Credit Card

Di jaman sekarang ini, kartu kredit merupakan alat pembayaran yang cukup populer lantaran bersifat pinjam dahulu bayar kemudian, namun kamu tetap harus waspada sama biaya layanan dan bunga yang mungkin dikenakan kalau telat bayar sebab tiap kartu kredit punya waktu jatuh tempo pembayaran bulanan yang berbeda-beda.

A. Keuntungan

  • Kartu kredit merupakan alat pembayaran internasional paling sederhana dan juga bisa digunakan dalam skala kecil.
  • Saat ini kartu kredit memang menjadi alat pembayaran yang paling banyak dipilih, apalagi kalau pembelian dilakukan melalui e-commerce. Namun satu hal yang membuat beberapa orang kurang suka menggunakan kartu kredit adalah service charge yang cukup mahal.

B. Proses pembayaran

  1. Masukkan Informasi Kartu

Saat melakukan pembelian online atau di toko fisik, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi kartu kredit. Ini biasanya mencakup nomor kartu, nama pemilik kartu, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan CVV/CVC.

2. Verifikasi Identitas

Beberapa transaksi internasional atau pembelian online mungkin memerlukan verifikasi tambahan untuk keamanan. Ini bisa berupa kode verifikasi yang dikirim ke ponsel atau alamat email terkait kartu kredit.

3. Konfirmasi Transaksi

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, pastikan untuk memeriksa kembali detail transaksi dan konfirmasikan pembayaran.

4. Pantau Pernyataan Kartu Kredit

Pantau pernyataan kartu kredit kamu secara berkala untuk memastikan bahwa transaksi telah tercatat dengan benar dan tidak ada kegiatan yang mencurigakan.

5. Letter of Credit (LC)

Letter of Credit

Letter of credit (LC) merupakan metode pembayaran dalam perdagangan internasional yang dirancang untuk memungkinkan eksportir menerima pembayaran langsung dari importir tanpa harus menunggu persetujuan dari negara penerima. Dengan menggunakan LC, pembayaran diterima oleh eksportir setelah barang dan dokumen terkait telah dikirim kepada pemesan atau importir.

A. Keuntungan

  • Letter of credit bisa dilakukan secara cicilan atau kredit.
  • Pembayaran ini bisa dilakukan apabila ada salah satu pihak yang belum sepenuhnya percaya antara satu sama lain. Cara ini diklaim lebih terjamin tingkat keamanannya, khususnya untuk kamu yang sudah mengirimkan barang keluar negeri namun khawatir barang tersebut tidak dibayar.

B. Cara pembayaran

Jika ada pembayaran yang memang terkendala, maka pihak bank yang akan melunasinya pada pihak penjual. Nantinya dana yang sudah ditalangi oleh bank tadi akan menjadi utang yang dibebankan kepada pihak pembeli.

C. Proses

  1. Sebuah perusahaan mendapatkan pesanan dari pelanggan baru yang berasal dari luar negeri. Karena status pelanggan ini baru, perusahaan belum terlalu mempercayai pelanggan ini. Begitupun sebaliknya.
  2. Untuk meminimalisir risiko, perusahaan sebagai pihak penjual menawarkan transaksi pembelian dengan L/C kepada pihak pembeli.
  3. Selanjutnya, pembeli harus mendaftar L/C di bank penerima L/C. Lalu pembeli membayar sejumlah total nilai barang pesanan kepada bank penerima L/C untuk mendapatkan persetujuan pembiayaan (Approval for Financing).
  4. Bank penerima menghubungi bank pembayar yang berada di daerah pihak penjual untuk memberikan konfirmasi bahwa pihak pembeli sudah membayar kepada bank penerima.
  5. Bank pembayar baru akan mencairkan dana kepada penjual jika penjual menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan seperti invoice pengiriman, bukti transaksi, perizinan bea cukai, dan lain sebagainya yang membuktikan bahwa barang sudah dalam proses pengiriman.

6. Escrow account

How Escrow Works

Dalam bahasa Indonesia, escrow account lebih dikenal dengan istilah rekber atau rekening bersama. Sedangkan pengertian dari escrow account adalah suatu akun yang digunakan untuk bisa menampung dana khusus yang kehadirannya dilakukan dengan menggunakan persyaratan tertentu yang sesuai dengan perjanjian antar pihak penyetor dengan mereka yang berkepentingan atas dana tersebut.

Sederhananya, escrow account adalah suatu akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk bisa menampung serta menyalurkan uang pada pihak yang terlibat kegiatan jual beli online. Pihak ketiga ini disebut sebagai pihak escrow. Tugas mereka tidak hanya mengelola dana saja, namun juga memastikan bahwa mereka yang terlibat dalam kegiatan transaksi mau melakukan kewajiban dan memperoleh haknya.

A. Keuntungan

Hak akses dan penggunaannya nanti bisa digunakan secara bersamaan oleh pembeli maupun penjual.

B. Cara pembayaran

Untuk proses transaksinya, pihak pembeli hanya harus menyetorkan uang pada rekening akun escrow, lalu pihak penjual nantinya bisa mengambil uang langsung dari rekening tersebut. Sehingga, perlu ada rasa saling percaya yang sangat tinggi pada kedua belah pihak.

C. Contoh proses pembayaran melalui escrow account

  1. Agen escrow menerima dana yang dibayar oleh pihak pembeli atas barang yang sudah dibelinya dan juga ditambah dengan biaya pengiriman.
  2. Dana tersebut lantas ditampung sementara oleh di dalam escrow account sampai penjual mengirimkan barangnya pada pihak pembeli.
  3. Bila pihak pembeli sudah menerima barang yang sudah dibelinya dari penjual, maka selanjutnya pihak agen escrow akan menyalurkan dana tersebut kepada penjual.
  4. Dalam pengadaan escrow account, agen escrow akan menggunakan layanan escrowyang terdapat pada seluruh bank konvensional. Jadi, escrow account dalam menampung dan menyimpan dana dari dua pihak yang berkepentingan tetap melibatkan peran penting bank.

Saat ini bahkan escrow account tidak hanya digunakan untuk kegiatan jual beli online saja, tapi juga untuk layanan pembiayaan peer to peer dan properti serta saham.

7. Topremit

Topremit - Send Money Abroad

Topremit adalah layanan remitansi online pertama di Indonesia yang bisa membantu kamu kirim uang ke luar negeri dengan lebih mudah, murah & cepat. Dengan Topremit, kamu bisa kirim uang dari Indonesia ke 70+ negara di seluruh dunia dimanapun dan kapanpun.

A. Keuntungan

  1. Mudah: Topremit menyediakan aplikasi yang user-friendly agar memastikan transaksi kamu bisa berjalan dengan lancar. Dengan hanya beberapa kali klik, transaksi kamu bisa dibuat dalam hitungan menit.
  2. Murah: Kami menawarkan nilai tukar yang kompetitif dan biaya transfer yang rendah, membantu kamu menghemat uang pada setiap transaksi. Selain itu, uang kamu juga akan selalu diterima dalam jumlah penuh tanpa ada biaya tersembunyi.
  3. Cepat: Dengan layanan Mode Instan, uang kamu akan diterima oleh penerima di negara manpun dalam hitungan menit.
  4. 100% Aman: Topremit mengutamakan keamanan transaksi kamu karena Topremit telah dilisensi oleh Bank Indonesia sejak 2009. Selain itu, kami memberikan jaminan uang kembali 100% jika transaksi kamu gagal karena masalah teknis di pihak kami.

B. Cara pembayaran

Atau ikuti cara lengkapnya berikut ini:

1. Pilih negara tujuan dan masukkan nominal uang yang ingin dikirim. Lalu, pilih layanan serta kecepatan pengiriman sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa lihat kurs, biaya transfer, serta waktu pengiriman di awal transaksi, lho. Transparan banget, kan?
NB: Kamu bisa masukkan jumlah yang ingin dikirimkan dalam IDR atau jumlah yang ingin diterima oleh penerima dalam mata uang lokal

2. Kemudian, masukkan detail penerima dengan benar seperti nama bank, nomor rekening, nama penerima dan data yang diperlukan lainnya. Oiya, informasi penerima yang dibutuhkan dapat berbeda berdasarkan negara tujuan, lho. Agar proses transaksi kamu jadi lebih mudah, kamu juga bisa memilih data penerima yang telah terdaftar sebelumnya.

3. Centang bagian deklarasi apabila data yang kamu masukkan sudah tepat, lalu klik 'Lanjutkan'

4. Nah, seluruh rincian transaksi juga akan ditampilkan dengan jelas sehingga kamu bisa mastiin nih semua data yang diisi sudah sesuai. Jika sudah, centang kotak pernyataan dibawah untuk memvalidasi data yang sudah kamu isi. Setelah itu, lakukan pembayaran ke salah satu rekening bank Topremit. Uang kamu juga akan diterima tanpa adanya potongan alias full amount.
NB: pastikan nominal yang kamu transfer sudah menyertakan 3 digit terakhir.

5. Setelah kamu melakukan pembayaran, klik 'Saya Sudah Bayar'.

Mudah banget kan? Makanya, yuk cobain cara kirim uang ke luar negeri yang lebih murah, cepat & 100% aman!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.