Tips Dan Cara Mengatur Uang Bulanan untuk yang Susah Menabung

Keuangan Nov 18, 2021

Perencanaan keuangan penting dimiliki oleh setiap orang, terutama generasi muda seperti kamu. Pasalnya saat ini, kamu sudah dimanjakan oleh beragam kemudahan. Kalau ingin belanja tidak perlu pergi ke toko, bayar tak perlu cari uang di dompet, apalagi kalau kekurangan uang kamu bisa pinjam secara online.

Hal itulah yang membuat kamu jadi lebih konsumtif dan merasa terus-terusan memiliki uang. Padahal sebenarnya saldo di rekening sudah tipis dan pas-pasan. Makanya kamu perlu mengatur uang bulanan agar bisa menabung dan kebutuhan kamu juga terpenuhi.

Tips agar Tidak Boros

Kalau kamu termasuk tipe orang yang susah menabung, maka kamu wajib simak tips. tips di bawah ini agar gaji kamu aman hingga akhir bulan. Kamu mungkin perlu beradaptasi, namun kunci kesuksesannya ada di diri kamu sendiri. Kamu harus komitmen untuk mengurangi pengeluaran setiap bulannya ya!

1. Jangan Suka Pamer

Salah satu godaan yang membuat kamu belanja terus-terusan adalah rasa iri dan ingin menunjukkan barang-barang baru. Apalagi ajang pamer di media sosial sudah jamak dilakukan oleh selebriti maupun influencer. Buat kamu yang ingin ikut-ikutan seperti itu, sebaiknya hal itu mulai ditinggalkan sekarang juga.

2. Bijak dalam Membeli

Ada lagi masalah lain yang membuat kamu menjadi boros, yaitu sifat impulsif. Kata tersebut bisa disamakan dengan BM alias Banyak Mau. Ketika melihat sesuatu yang bagus dan menarik di media sosial, kamu pun harus memilikinya. Padahal sebenarnya barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Hal inilah yang menjadi penyebab keuangan kamu berdarah-berdarah.

3. Pantau Saldo di Rekening

Dengan selalu memantau saldo di rekening, kamu akan selalu ingat, berapa saldo terakhir yang kamu miliki dan berapa jumlah pengeluaran yang selama ini sudah kamu belanjakan. Jangan sampai kamu sendiri lupa berapa saldo terakhir di rekening dan berapa saldo setelah belanja. Hal ini justru akan membuat pengeluaran jadi tak terkontrol.

Cara Atur Uang Bulanan

Setelah tahu bagaimana tips agar tidak boros, sekarang kita membahas prakteknya bagaimana sih cara mengatur keuangan bulanan? Tenang saja, Topremit sudah ada solusinya. Kamu simak di bawah ini ya!

1. Buat Alokasi Anggaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatur uang bulanan adalah dengan membuat alokasi anggaran. Kami bisa mencatatnya di buku atau catatan di handphone. Dari gaji yang kamu terima setiap bulan, kamu bisa pisahkan anggaran untuk tagihan listrik, bayar sewa kos, makan, transportasi, tabungan, dan hiburan. Alokasi anggaran ini dibuat agar kamu tahu batas pengeluaran setiap bulannya.

2. Gunakan Prinsip 50-30-20

Kamu bisa memisahkan anggaran setiap bulannya dengan menggunakan prinsip ini. Skemanya adalah gaji kamu dibelanjakan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan menyisihkan 20 % untuk tabungan. Kalau kamu ingin menabung lebih banyak, kamu bisa mencoba prinsip ini ya.

3. Punya Dana Darurat

Untuk menjaga keuangan tetap stabil, kamu juga perlu memiliki dana darurat. Misalnya kamu mendapat musibah kendaraan dicuri, atau atap rumah tiba-tiba jebol. Di sinilah fungsi dana darurat untuk menangani hal-hal yang tidak kamu duga. Memiliki dana darurat kamu bisa punya dana cadangan dan tidak mengganggu tabungan kamu.

4. Rencana Pengeluaran

Ketika ada barang yang kamu inginkan, sebaiknya masukkan ke dalam list rencana pengeluaran. Ini agar kamu menabung terlebih dahulu sebelum membelinya. Namun, kamu tetap membedakan antara anggaran kebutuhan dan keinginan ya! Setelah kebutuhan bulanan kamu terpenuhi dan tabungan kamu terisi, kamu boleh membeli barang yang kamu suka.

5. Catat Pengeluaran

Catatan pengeluaran merupakan pengingat agar kamu tetap pada jalur yang tepat. Dengan memiliki rekam jejak pengeluaran setiap bulannya, kamu malah bisa mengerem pos anggaran mana yang bisa ditekan atau dikurangi. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih hemat setiap bulannya.

6. Cek Tagihan

Kalau kamu masih punya tanggungan yang harus dibayar, sebaiknya kamu cek dan catat tanggunganmu secara rutin sehingga kamu bisa mengalokasikan anggaran untuk pelunasannya. Kalau kamu masih punya tanggungan yang harus dibayar, sebaiknya kamu cek dan catat tanggunganmu secara rutin sehingga kamu bisa mengalokasikan anggaran untuk pelunasannya. Pastikan juga untuk  selalu membayar tepat waktu agar tidak mendapatkan denda yang bisa menambah beban pengeluaran.

7. Punya Asuransi

Kamu mungkin perlu asuransi untuk memenuhi kebutuhan yang rutin dilakukan, seperti berobat ke rumah sakit atau sebagai pengganti dana darurat ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ada berbagai macam asuransi yang bisa kamu miliki, seperti asuransi rumah, kendaraan, dan kesehatan.

8. Investasi

Sudah saatnya kamu juga memikirkan investasi agar uang yang kamu dapatkan setiap bulannya tidak hanya mengendap di bank dan terpotong biaya tabungannya. Dengan investasi, uang kamu malah bisa bertambah dan menjadi sumber pendapatan tambahan. Kamu bisa investasi di bidang properti, obligasi, saham, reksa dana, maupun emas.

9. Gunakan Kartu Kredit dengan Cermat

Kartu kredit tidak sepenuhnya buruk buat keuangan. Kamu hanya perlu menggunakannya dengan cermat. Sebaiknya, gunakan fasilitas kredit yang sesuai dengan kemampuan kamu setiap bulannya. Selain itu, jangan coba-coba menggunakan sistem gali lubang-tutup lubang untuk melunasinya. Hal itu justru akan membuat kamu jadi tidak nyaman dan selalu dikejar-kejar hutang.

10. Cari Uang Tambahan

Kalau kamu memang masih merasa kurang bisa menutupi biaya kebutuhan setiap bulannya, maka sebaiknya kamu mencari uang tambahan. Kamu bisa mendaftar ke lowongan kerja paruh waktu atau freelance. Selain itu, kamu juga bisa buka mencoba peluang usaha dengan modal minim Misalnya saja dengan menjadi dropshipper.

Itu dia cara mengatur uang bulanan agar kamu tidak boros dan bisa memiliki tabungan hingga hari tua. Kalau kamu mempertimbangkan dengan membuka usaha, peluang untuk menambah pundi-pundi rupiah terbuka lebar dengan hadirnya e-commerce dan media sosial.

Kamu bisa menjadi importir barang-barang dari luar negeri dan mendirikan perusahaan sendiri. Tak perlu khawatir soal transfer uang ke luar negeri untuk membeli produk-produknya, kamu serahkan ke Topremit yang sudah berpengalaman selama 10 tahun dan menjangkau ke 60 negara. Topremit juga terdaftar di Bank Indonesia sehingga uang yang kamu kirim dijamin aman.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.