Rupiah Notes

5 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Mudah!

kirim uang ke luar negeri Jan 1, 2024

Di zaman sekarang, masyarakat yang melakukan pengiriman uang ke luar negeri selalu bertambah setiap tahunnya baik untuk transaksi bisnis, pendidikan, biaya medis, dan lain sebagainya. Ternyata ada lumayan banyak loh cara mengirimkan uang ke luar negeri yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk simak berikut 5 cara transfer uang ke luar negeri dari Indonesia!

Cara-Cara Terbaik Transfer Uang ke Luar Negeri

1. Transfer Lewat Bank

Bank Sign

Hal yang umum diketahui oleh masyarakat saat ingin mengirimkan uang ke luar negeri adalah melalui bank. Cara kirimnya sendiri juga sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja untuk saat ini kamu masih perlu melakukannya secara offline dengan mengunjungi teller bank secara langsung.

Biaya & Metode Pembayaran

Dengan banyaknya bank yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri di Indonesia, tentu akan muncul beragam biaya serta ketentuan yang berbeda-beda untuk dapat menikmati layanan yang mereka tawarkan.

Namun pada umumnya biaya minimum yang harus dibayarkan untuk melakukan satu transaksi pengiriman uang ke luar negeri melalui bank adalah $5 atau sekitar 78 ribu rupiah* (khusus bank Mandiri & BCA, untuk bank lain mungkin mematok minimum charge yang berbeda).

Biaya transfer ini juga tentunya tidak bersifat flat, karena bank menggunakan sistem progressive fee yang berarti semakin tinggi nominal yang kamu kirim, maka semakin tinggi pula biaya yang harus dibayarkan. Berikut contoh skema biaya progresif layanan kirim uang ke luar negeri melalui bank Mandiri:

No. Nominal pengiriman Biaya (dalam dolar) Biaya (dalam rupiah)
1. ≤ $ 5.000 $ 5 IDR 78,280
2. $ 5.001 sampai dengan $ 10,000 $ 10 IDR 156,560
3. $ 10.001 sampai dengan $ 100,000 $ 20 IDR 313,120
4. ≥ $ 100.001 $ 50 IDR 782,800

Biaya ini juga tidak termasuk biaya instruksi untuk memastikan uang sampai tanpa potongan tambahan (full amount) ke rekening penerima. Biaya jaminan full amount biasanya ada di kisaran $25 - $35 (IDR 391,400 - IDR 547,600)* tergantung bank yang digunakan.

Jadi sebagai contoh, pengiriman 50 juta ke Singapura melalui bank Mandiri akan dikenakan biaya transfer sebesar IDR 78,280 ditambah biaya full amount yakni IDR 391,400. Jadi total biaya transfer yang harus dibayarkan adalah IDR 469,680.

*Biaya di atas dikalkulasikan dengan asumsi kurs sebesar Rp15.656 (Google exchange rates - per 27 Februari 2024).

Kecepatan Pengiriman

Pada umumnya kecepatan pengiriman melalui bank bisa mulai dari hari yang sama hingga maksimal 7 hari kerja. Namun kecepatan pengiriman tentu akan bergantung pada negara tujuan, layanan, serta bank yang dipilih.

Cara Kirim

Kamu bisa langsung mendatangi bank pilihan dan mengisi formulir yang diperlukan. Jangan lupa untuk membawa identitas lengkap kamu seperti KTP dan juga data penerima yang dibutuhkan seperti nama, nomor rekening, nomor hape aktif beserta alamat tempat tinggal penerima saat ini. Setelah formulir diberikan kepada petugas, transaksi akan segera diproses ke rekening bank penerima di luar negeri.

Layanan Customer Support

Semua bank yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri pada umumnya memiliki layanan customer support yang bisa dihubungi melalui live chat ataupun telepon. Kamu juga bisa mendatangi teller bank untuk mendapatkan bantuan secara langsung dan dalam waktu cepat.

2. Lewat PayPal

PayPal Logo

Selain melalui bank, kamu juga bisa loh kirim uang ke luar negeri menggunakan PayPal. Jaringan PayPal yang luas, memastikan bahwa transaksi kamu tidak terbatas pada hanya satu negara saja karena bahkan bisa untuk pengiriman lintas negara.

Namun untuk menikmati layanan transaksi ke luar negeri menggunakan PayPal ini, pengirim dan penerima wajib memiliki akun PayPal sebab uang tidak dapat langsung masuk ke rekening penerima karena harus terlebih dahulu masuk ke akun PayPal.

Tentunya penerima tetap dapat memindahkan uang dari PayPal ke rekening penerima hanya saja ada biaya yang akan dikenakan.

Biaya & Metode Pembayaran

Pengiriman uang secara internasional kepada sesama pemilik akun PayPal tidak akan dikenakan biaya, namun untuk penarikan dari akun PayPal ke rekening bank akan dikenakan 1,50% dari nominal yang ingin ditarik, dengan biaya minimum sebesar $0,25 (IDR 3,914)* per penarikan dan maksimum $15 (IDR 234,840)*. Batas maksimum penarikan uang menggunakan PayPal adalah sebesar $25.000 per transaksi.

Namun kamu harus ingat bahwa nilai tukar kurs yang ditawarkan oleh PayPal cenderung di atas harga pasar pada umumnya, jadi pastikan kamu telah mengetahui seluruh biaya yang dibutuhkan sebelum melakukan pengiriman uang melalui PayPal ya.

*Biaya di atas dikalkulasikan dengan asumsi kurs sebesar Rp15.656 (Google exchange rates - per 27 Februari 2024).

Kecepatan Pengiriman

Proses pengiriman uang dari PayPal ke sesama PayPal dapat dilakukan secara instan atau real-time. Namun, proses penarikan dari akun PayPal ke rekening bank biasanya selesai dalam 1 hari kerja. Tapi ada juga kemungkinan dimana penarikan dapat memakan waktu 3-5 hari kerja, tergantung pada proses kliring bank kamu.

Cara Kirim

Untuk mengirim uang melalui PayPal, kamu harus membuat akun di aplikasi atau situs web PayPal. Selanjutnya, selesaikan proses verifikasi akun dengan menyertakan identitas diri (KTP/Paspor), email yang masih aktif dan alamat tempat tinggal kamu. Setelah akun berhasil diverifikasi, silakan ‘Log In’ dan pilih opsi ‘Kirim uang’. Nantinya kamu dapat memilih penerima dengan mencantumkan nama, username, email ataupun nomor telepon.

Setelah memasukkan nominal yang ingin dikirim, kamu akan diminta untuk memilih antara dua opsi pembayaran yakni “menggunakan kartu kredit” atau “melalui rekening bank”. Jika sudah memasukkan informasi yang sesuai, konfirmasi transaksi dan selesaikan pembayaran agar pengiriman uang dapat segera diproses. Ketika uang telah sampai di akun PayPal tujuan, penerima dapat melakukan penarikan langsung ke rekening bank mereka.

Layanan Customer Support

PayPal menyediakan layanan customer support melalui email, live chat dan telepon langsung untuk meminta bantuan ataupun menyampaikan keluhan atas kendala yang kamu alami.

3. Menggunakan Western Union

Western Union Sign

Jika kamu ingin mengirimkan uang ke penerima di luar negeri dan penerima bisa mengambil uang secara tunai, kamu bisa mencoba layanan dari Western Union. Cara kerja Western Union juga cukup unik, karena uang yang dikirim akan diambil langsung oleh penerima secara tunai di lokasi yang ditentukan. Untuk saat ini, pengiriman menggunakan Western Union di Indonesia hanya dapat dilakukan dengan cara mendatangi langsung counter Western Union yang ada di bank atau pun kantor pos.

Biaya & Metode Pembayaran

Pengiriman melalui counter yang ada di kantor pos akan dikenakan biaya yang lebih murah, yakni IDR 63,098* untuk nominal IDR 1,000,000 dan biaya fantastis sebesar IDR 1,758,440* untuk pengiriman sebesar IDR 50,000,000 (ini adalah jumlah maksimum yang bisa kamu kirim per transaksi melalui layanan Western Union yang ada di kantor pos).

Nah jika melalui counter yang ada di bank, maka kamu akan dikenakan biaya IDR 109,871* untuk pengiriman nominal IDR 1,000,000 dan biaya sebesar IDR 2,008,440* untuk pengiriman sebesar IDR 20,000,000 (ini adalah jumlah maksimum yang bisa kamu kirim per transaksi melalui layanan Western Union yang ada di bank).

Pengiriman melalui counter Western Union yang ada di kantor pos memang lebih murah daripada melalui counter Western Union yang ada di bank, namun untuk mengetahui info biaya secara tepat dan lengkap, sebaiknya kamu mendatangi counter Western Union terdekat.

Nah, kalau kamu khawatir soal limit transaksi Western Union yang lumayan kecil, tenang aja soalnya kamu bisa kok mengirim diatas limit transaksi tersebut dengan cara membuat lebih dari satu transaksi. Jadi misalnya, kamu ingin kirim 100 juta dari layanan counter Western Union di kantor pos, maka kamu harus membayar biaya transfer sebesar IDR 3,516,880 karena harus membuat dua transaksi dan begitu juga untuk pengiriman melalui counter Western Union yang ada di bank.

*Biaya di atas didapatkan secara langsung dari counter Western Union yang berada di kantor pos dan bank pada Februari 2024.

Kecepatan Pengiriman

Uang akan tiba secara real-time setelah transaksi berhasil dilakukan, sehingga penerima dapat langsung mengambil uang di counter Western Union terdekat. Namun untuk saat ini Western Union tidak melayani pengiriman uang ke rekening bank ataupun e-wallet, jadi pengambilan uang hanya bisa dilakukan secara offline.

Cara Kirim

Untuk melakukan pengiriman melalui Western Union, kamu bisa langsung mendatangi counter terdekat sambil membawa KTP/Paspor kamu beserta detail penting seperti data penerima (nama, nomor hape & alamat).

Nantinya saat penerima ingin melakukan pengambilan uang di Western Union, pastikan penerima membawa kartu identitasnya (KTP/Paspor) beserta pin atau no.referensi yang nantinya akan diberikan kepada kamu saat menyelesaikan pembayaran transaksi sebagai salah satu syarat memvalidasi penerimaan uang.

Layanan Customer Support

Tim Customer Service Representative Western Union dapat dihubungi melalui dua cara. Pertama, kamu bisa telepon ke nomor 0018038525445 (hanya untuk Indonesia) atau langsung mendatangi outlet Western Union terdekat.

4. Kirim dengan Moneygram

MoneyGram Sign

MoneyGram beroperasi dengan konsep serupa seperti Western Union dimana uang yang dikirim akan diambil oleh penerima di lokasi yang telah ditentukan. Pengiriman melalui MoneyGram dapat dilakukan melalui counter MoneyGram terdekat seperti di bank.

Pembayaran transaksi layanan Moneygram dapat dilakukan secara online jika kamu memiliki rekening valas (valuta asing). Namun, bagi kamu yang tidak memiliki rekening valas, maka pengiriman hanya dapat dilakukan secara offline.

Biaya & Metode Pembayaran

Biaya admin untuk pengiriman IDR 1,000,000 - IDR 20,000,000 dipatok sebesar IDR 90,000. Namun biaya yang dikenakan bersifat progresif, artinya semakin banyak yang kamu kirim maka biaya yang dikenakan akan semakin tinggi. Jumlah maksimal per transaksi yang dapat kamu kirim melalui Moneygram sendiri adalah IDR 150,000,000 dan biayanya IDR 550,000.*

Oiya, sama halnya seperti Western Union, pengiriman di atas limit juga dapat dilakukan namun kamu harus membuat lebih dari satu transaksi. Sebagai contoh, jika kamu ingin kirim 300 juta melalui Moneygram, maka kamu harus membayar biaya transfer sebesar IDR 1,100,000 karena harus membuat dua transaksi.

Disarankan juga untuk memastikan secara langsung di counter agar kamu mendapatkan rincian biaya yang tepat sesuai dengan nominal yang ingin kamu kirim.

*Biaya di atas didapatkan secara langsung dari counter Moneygram yang berada di bank pada Februari 2024.

Kecepatan Pengiriman

Uang dapat sampai secara real-time dan diambil langsung oleh penerima di counter Moneygram terdekat setelah kamu melakukan pembayaran transaksi. Namun untuk pengiriman yang dibuat setelah cut off time, maka transaksi akan diproses pada hari kerja selanjutnya sehingga uang juga baru bisa diambil paling cepat di hari berikutnya.

Cara Kirim

Cari lokasi agen MoneyGram terdekat dan pastikan kamu membawa persiapan berikut: kartu identitas diri, dan juga salinan kartu identitas penerima. Saat kamu tiba di counter, isi formulir pengiriman dengan memasukkan data penerima beserta jumlah uang yang ingin dikirim. Untuk biaya pengiriman, kamu dapat mengetahuinya saat melakukan pembayaran transaksi. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan nomor referensi 8 digit yang harus diberikan kepada penerima karena nomor tersebut dibutuhkan saat penerima mengambil uang di counter MoneyGram tujuan.

Layanan Customer Support

Layanan customer support MoneyGram dapat diakses melalui email, live chat dan juga melalui telepon. Pada umumnya waktu menunggu balasan untuk email bisa sampai beberapa hari hingga jika kamu membutuhkan bantuan cepat, dianjurkan untuk menggunakan layanan live chat atau telepon langsung.

5. Pakai Topremit

Topremit - Send Money Abroad

Jika kamu ingin mengirimkan uang ke rekening bank penerima langsung di luar negeri dengan lebih mudah, murah, dan cepat, Topremit adalah solusinya. Dengan Topremit, kamu bisa melakukan transaksi secara online melalui aplikasi, uang juga akan sampai ke rekening penerima mulai dari hitungan menit serta biaya transaksinya juga flat mulai dari IDR 45 Ribu (biaya tergantung dengan negara tujuan).

Topremit juga telah mengantongi lisensi langsung dari Bank Indonesia sejak 2009 dan telah melayani lebih dari 200,000 pengguna, jadi transaksi kamu dengan Topremit juga dipastikan 100% aman.

Biaya & Metode Pembayaran

Biaya transfer ke luar negeri menggunakan layanan Topremit termasuk terjangkau dan bersifat flat. Biaya transaksinya sendiri juga tergantung dengan negara tujuan mulai dari IDR 45 Ribu saja.

Berbeda dengan layanan-layanan sebelumnya, Topremit menawarkan biaya transfer yang bersifat flat, yang artinya berapapun jumlah uang yang kamu kirim, biaya yang perlu kamu bayar akan sama. Kamu juga tidak perlu membayar biaya tambahan lagi dan uang yang kamu kirim akan diterima dalam full amount tanpa ada potongan lagi sama sekali. Untuk metode pembayaran menggunakan Topremit, kamu bisa melakukan transfer langsung dari rekening kamu ke rekening bank Topremit.

Kecepatan Pengiriman

Secara umum, Topremit menyediakan dua jenis kecepatan pengiriman yakni Mode Instan yang menjamin uang tiba dalam hitungan menit dan juga Mode Normal yang menjamin uang tiba di hari yang sama hingga maksimal dua hari kerja (kecepatan tergantung negara tujuan).

Sehingga, kamu dapat memilih sendiri layanan mana yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhanmu. Tentunya layanan Mode Normal akan mematok biaya lebih murah jika dibandingkan Mode Instan.

Cara Kirim
  • Download aplikasi Topremit lalu buat akun dan selesaikan proses verifikasi.
  • Kemudian pilih negara tujuan  dan isi nominal uang yang ingin dikirim.
  • Setelah itu, isi data penerima dengan lengkap dan pastikan data yang diisi sudah benar.
  • Untuk menyelesaikan transaksi, lakukan pembayaran ke salah satu rekening bank Topremit dan uang akan segera diproses!
Layanan Customer Support

Jika memiliki pertanyaan atau kendala, kamu dapat langsung menghubungi tim customer support Topremit melalui Whatsapp atau telepon langsung ke nomor: +62 823-6196-0569, melalui layanan live chat yang ada di aplikasi maupun website, atau juga melalui Instagram @topremit.

Semua pertanyaan atau keluhan kamu juga dijamin akan dibalas dalam waktu maksimal 2 menit, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bantuan selama bertransaksi.

Itulah dia rekomendasi lima cara mudah untuk kirim uang ke luar negeri. Kamu bisa pilih cara yang manapun sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.