Apa Itu E-Wallet dan Bagaimana Cara Top Up-nya?

E-wallet Aug 22, 2023

DANA, OVO, dan Gopay. Nama-nama e-wallet tersebut pasti sudah tidak asing buat kamu, 'kan? Di zaman yang serba digital, e-wallet memerankan peran sentral dalam mengubah cara manusia berinteraksi dengan uang, mulai dari berbelanja, melakukan pembayaran, hingga mengatur keuangan pribadi. Kamu tidak lagi perlu repot membawa dompet untuk menyimpan uang karena e-wallet akan melakukannya melalui smartphone yang kamu miliki. Inilah salah satu alasan mengapa e-wallet berkembang secara pesat dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Lantas, sudahkah kamu mengetahui definisi, manfaat penggunaan, dan hal-hal penting lain yang berhubungan dengan e-wallet? Nah, berikut adalah informasi lengkapnya.

Definisi E-Wallet

E-wallet atau dompet digital adalah layanan yang umumnya berbentuk aplikasi dan berfungsi sebagai media melakukan transaksi keuangan. Seperti namanya, e-wallet berperan layaknya dompet untuk menyimpan uang yang dapat kamu gunakan dalam pembayaran, bedanya e-wallet membutuhkan internet untuk dapat bekerja. Saat ini, e-wallet dapat dipakai untuk bertransaksi secara online yang mencakup pemindahan dana, pembayaran belanja di e-commerce, pembayaran tagihan, pembelian voucher, investasi, pembayaran biaya pendidikan, pembayaran pajak, hingga berdonasi. E-wallet juga bisa digunakan untuk transfer dana ke rekening bank dan tarik tunai, lho!

Keamanan transaksi di e-wallet juga tidak perlu kamu ragukan karena berada di bawah pengawasan Bank Indonesia. Selain itu, riwayat transaksi yang dilakukan dapat kamu lihat secara jelas dan mudah.

Manfaat E-Wallet

Secara umum, ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika kamu menggunakan e-wallet, beberapa di antaranya yaitu:

Transaksi jadi lebih praktis

Dengan e-wallet, lupakan repotnya membawa dompet atau uang dalam jumlah besar. Kamu bisa melakukan pembayaran via transfer dan dengan scan barcode atau dikenal juga sebagai QRIS.

Penyimpanan uang yang lebih aman

E-wallet dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi, seperti verifikasi sidik jari, PIN, otentikasi dua faktor, hingga fitur pelacakan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya, ya.

Ada lebih banyak promo

Dalam berbagai kesempatan, pembayaran menggunakan e-wallet mendatangkan lebih banyak promo. Sebut saja ketika melakukan pembayaran belanja di e-commerce, saat membayar dengan e-wallet kamu akan mendapat tambahan potongan harga atau bahkan cashback. Selain itu, pembayaran transaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan e-wallet tertentu juga dapat mendatangkan keuntungan tersendiri ketika ada promo khusus.

Pengelolaan keuangan jadi lebih mudah

E-wallet juga dapat membantu kamu dalam pengelolaan keuangan. Selain karena ada pencatatan riwayat transaksi, e-wallet juga hadir dengan beragam fitur lain untuk mengelola keuangan pribadi, seperti asuransi, investasi, dan pemisahan dana sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan E-Wallet

Setelah mengetahui apa itu e-wallet dan manfaatnya, selanjutnya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Pendaftaran

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara memiliki akun e-wallet sendiri. Nah, jawabannya adalah dengan langsung saja mengunduh aplikasi e-wallet yang kamu inginkan melalui Google Play Store atau App Store. Buat akun sesuai dengan petunjuk yang diberikan, biasanya hanya perlu nomor handphone dan menyelesaikan verifikasi. Jika kamu ingin menggunakan e-wallet untuk transfer, maka kamu membutuhkan kartu identitas seperti e-KTP untuk verifikasi data.

Mengisi saldo

Hal yang satu ini wajib dilakukan, jika tidak maka e-wallet tidak bisa digunakan. Isi saldo e-wallet dapat kamu lakukan melalui ATM, mobile banking, kartu kredit, minimarket terdekat, atau merchant tertentu yang bekerja sama dengan e-wallet tersebut dan melayani transaksi isi saldo atau top up e-wallet.

Transaksi

Setelah melakukan isi saldo, kamu bisa langsung menggunakan e-wallet untuk berbagai keperluan, misalnya membayar tagihan, mengisi pulsa, membeli voucher, dan lain-lain. Tak perlu bingung, biasanya langkah-langkah melakukan transaksi secara jelas akan terlihat di aplikasi. Kamu cukup mengikutinya sesuai petunjuk yang ada.

Cara Top Up Saldo E-Wallet

Top up atau isi saldo e-wallet dapat kamu lakukan melalui beragam cara, antara lain:

Top up dari bank

Untuk pengisian saldo e-wallet dari bank dapat kamu lakukan dengan transfer melalui rekening bank menggunakan mesin ATM maupun mobile banking. Namun perlu diingat bahwa top up e-wallet dengan cara ini akan dikenakan biaya admin.

Top up dari minimarket

Untuk top up dari minimarket, kamu cukup menyediakan uang tunai sejumlah yang dibutuhkan dan melakukan top up melalui kasir. Namun biasanya terdapat biaya admin yang dikenakan di setiap transaksi pengisian saldo.

Top up dari merchant

Top up e-wallet dengan cara ini kini cukup jarang dilakukan. Berbeda dengan minimarket yang eksistensinya menjamur, merchant tertentu sedikit sulit dijumpai. Untuk top-up, kamu cukup menyediakan uang tunai dan menemui kasir.

Cara Top Up Saldo E-Wallet Luar Negeri Pakai Topremit

Nah, kalau kamu ada keperluan untuk top up saldo e-wallet luar negeri, kamu bisa pakai Topremit, lho. Topremit memungkinkan kamu bisa kirim uang ke e-wallet di berbagai negara hanya melalui handphone. Tak perlu khawatir mengenai waktu yang dibutuhkan karena uang yang kamu kirim akan sampai ke e-wallet penerima mulai dalam 15 menit aja.

Jika biasanya pengiriman uang ke luar negeri membutuhkan biaya mahal, maka hal ini tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan Topremit. Dengan biaya transfer flat, yaitu mulai dari IDR 65,000 dan tanpa biaya tersembunyi, kamu jadi bisa lebih hemat, deh, saat top up e-wallet ke luar negeri.

Yuk, download Topremit sekarang untuk nikmati mudah, murah, dan cepatnya pengiriman uang ke luar negeri. Jangan sampai ketinggalan!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.