Ketahui Iklim Benua Eropa untuk Persiapkan Liburan Mengesankan

eropa Oct 12, 2023

Saat merencanakan liburan ke Benua Biru, penting bagi kamu mengetahui berbagai iklim di sana agar dapat memilih waktu yang tepat untuk berkunjung, mempersiapkan perlengkapan, dan membuat rencana perjalanan yang sesuai dengan kondisi cuaca. Berikut pembagian iklim-iklim Benua Eropa yang harus kamu ketahui untuk persiapan liburanmu. Check it out!

Iklim Maritim Eropa Barat

Wilayah Eropa Barat yang meliputi Inggris, Prancis barat daya, Portugal, dan Irlandia dikenal memiliki suhu sejuk dan curah hujan merata sepanjang tahun. Selain itu, musim panas yang hangat dan musim dingin yang ringan adalah ciri khasnya. Jika ingin berkunjung ke salah satu negara di Eropa Barat, musim panas adalah waktu terbaik. Kamu bisa berkunjung ke pantai, berjalan-jalan di kota-kota bersejarah, dan menikmati kehidupan malam yang glamor. Tapi jangan lupa persiapkan payung dan mantel ringan untuk mengantisipasi hujan yang mungkin datang tiba-tiba, ya.

Iklim Kontinental Eropa Tengah

Iklim kontinental di Eropa Tengah ditandai dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang sejuk. Suhu rata-ratanya pun terbilang cukup hangat dengan curah hujan sedang. Namun di wilayah ini, sering kali terjadi perbedaan suhu yang cukup jauh antara musim panas dengan musim dingin namun keduanya masih bisa dinikmati untuk liburan. Saat musim panas, kamu dapat menjelajahi kota-kota di sini dengan bersepeda dan menikmati kehidupan luar ruangan. Sedangkan selama musim dingin, kamu bisa mencoba pengalaman baru liburan di pegunungan Alpen. Adapun negara-negara yang bisa kamu kunjungi di Eropa Tengah adalah Jerman, Polandia, Republik Ceko, Slovenia, dan Austria.  

Iklim Laut Atlantik di Pantai Barat

Iklim laut Atlantik memiliki musim panas yang sejuk dan musim dingin yang ringan, dengan curah hujan sepanjang tahun. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk datang di musim panas ketika ingin berkunjung ke wilayah ini agar dapat berenang dan menjelajahi pantai-pantai indah. Kamu juga bisa melengkapi liburanmu dengan membawa pakaian khusus musim panas dan mengenakan sandal atau sepatu yang santai. Kawasan yang memiliki iklim laut Atlantik adalah pantai barat Prancis, Spanyol, Portugal.

Iklim Mediterania di Pantai Mediterania

Wilayah beriklim mediterania di antaranya adalah Spanyol, Portugal, Yunani, San Marino, Italia, dan Turki. Iklim mediterania ditandai dengan musim panas yang hangat hingga panas dan cenderung kering serta musim dingin yang sejuk hingga sangat dingin dan basah. Kamu bisa mengunjungi pantai-pantai Mediterania selama musim panas untuk berjemur dan bersantai, menikmati kuliner lokal serta menjelajahi kehidupan malam yang glamor.

Iklim Laut Subarktik di Wilayah Arktik

Jika ingin mencari pengalaman unik saat liburan, mungkin kamu bisa mendatangi wilayah Arktik yang beriklim laut subartik di Eropa. Iklim laut subarktik adalah salah satu iklim paling ekstrem di Eropa dengan musim dingin yang panjang dan sangat dingin serta musim panas yang singkat dan sejuk. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati aurora borealis yang legendaris saat musim dingin atau mendaki gunung dan menjelajahi alam liar saat musim panas. Beberapa negara yang bisa kamu kunjungi untuk mencoba pengalaman ini adalah Norwegia Utara, Swedia Utara, dan Finlandia Utara.

Itulah beberapa pembagian iklim di Benua Eropa. Selain iklim, kamu juga harus tahu kalau negara-negara Eropa punya satu sistem yang mengatur pembayaran non-tunai menggunakan mata uang Euro yang disebut SEPA. Informasi lengkap mengenai SEPA dapat kamu baca di sini, ya.

By the way mengenai SEPA, Topremit bisa bantu kamu kirim uang ke negara-negara SEPA, lho. Dengan modal mulai dari IDR 75K aja, kamu bisa kirim uang ke berbagai negara di Eropa dalam hitungan menit. Keren banget, kan? Nah makanya, yuk cobain Topremit sekarang untuk kirim uang ke luar negeri yang mudah, murah, dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.