Ingin Sukses Berbisnis? Pahami Dulu Konsep Supply & Demand

Business Apr 24, 2023

Memiliki bisnis dengan keuntungan besar tentu menjadi impian bagi setiap pelaku usaha. Nah, kalau kamu berencana memulai usaha, kamu tentu perlu memahami apa itu supply dan demand yang ada di pasar. Buat kamu yang masih bingung apa itu supply dan demand serta faktor yang mempengaruhinya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan Konsep Supply & Demand Dalam Bisnis

Baik demand maupun supply memiliki peran yang cukup besar terhadap jalannya perekonomian dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu demand dan supply? Dalam bahasa Inggris, demand berarti permintaan. Permintaan yang ada tentu mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dijalankan. Konsep permintaan sesuai dengan hukum permintaan dalam ilmu ekonomi, yaitu apabila semua faktor lain tetap sama, saat harga barang semakin tinggi, maka semakin sedikit pula jumlah permintaan terhadap suatu barang.

Berbeda dengan demand, supply yang dapat diartikan sebagai penawaran, memiliki konsep berbeda dalam jalannya perekonomian. Dalam hukum penawaran yang berlaku, jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harganya. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa saat harga barang meningkat, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan bertambah. Begitu pula sebaliknya, jika harga sebuah barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan menurun.

Adanya supply dan demand di pasar, tentu dapat berubah-ubah bergantung pada faktor yang mempengaruhinya. Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat supply dan demand?

Faktor Yang Mempengaruhi Supply & Demand

1. Keberadaan Produk Alternatif

Persaingan yang timbul di pasar membuat masyarakat terus berinovasi dengan membuat produk serupa dengan yang banyak menarik konsumen. Adanya produk alternatif yang identik dengan menawarkan harga lebih terjangkau membuat kebanyakan konsumen mulai beralih. Keberadaan produk alternatif ini tentunya akan mempengaruhi jumlah supply di pasaran. Adanya produk tersebutt juga dapat menyebabkan turunnya permintaan untuk produk yang lama.

2. Tingkat Pendapatan

Perubahan tingkat pendapatan turut mempengaruhi angka penawaran dan permintaan yang ada di pasaran. Pasalnya, tingkat pendapatan yang dimiliki masyarakat juga berpengaruh pada daya belinya. Jika tingkat pendapatan menurun, maka jumlah permintaan barang juga akan ikut menurun.

3. Faktor Alam

Faktor ini juga termasuk ke dalam salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran suatu barang. Kondisi alam yang buruk dapat mempengaruhi kualitas produksi. Jika kualitas dan kuantitas produksi menurun, maka supply di pasaran ikut menurun.

4. Biaya Produksi

Biaya produksi yang dibutuhkan untuk membuat suatu barang juga dapat mempengaruhi supply dan demand di pasaran. Jika suatu barang diproduksi dengan biaya yang mahal tentunya dapat mengakibatkan supply untuk barang tersebut menjadi semakin sedikit. Maka dari itu, produsen harus terus berinovasi untuk menekan biaya produksi agar supply dapat terus meningkat.

5. Selera Konsumen

Faktor ini berpengaruh besar terhadap tingkat demand atau permintaan di pasar. Selera konsumen dapat berubah dengan adanya alterasi pada tingkat pendapatan atau bahkan perubahan tren terkini. Nggak heran kalau selera konsumen berpengaruh besar terhadap tingkat permintaan di pasar.

Itu dia konsep supply dan demand pada ekonomi dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya. Buat kamu para pelaku usaha  yang ingin memperluas jangkauan bisnis hingga ke luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit untuk melakukan transfer uang dari Indonesia ke luar negeri dengan mudah dan cepat.

Dengan Topremit, kamu hanya butuh waktu mulai dari 5 menit saja untuk mengirim uang hingga ke 60 negeri di dunia. Mudah dan cepat, kan? Selalu gunakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan terpercaya ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.