Mengenal Letter of Acceptance (LoA): Pengertian, Jenis & Contohnya

Letter of Acceptance Jan 17, 2024

Surat Penerimaan, atau Letter of Acceptance (LoA), menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan aplikasi untuk beasiswa.

Bahkan hampir semua program beasiswa mensyaratkan adanya LoA, termasuk Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud hingga LPDP dari Kemenkeu.

Sebagai contoh aja nih, beasiswa Chevening dari Inggris yang menjadi incaran cukup populer bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri, juga mengamanatkan bahwa pelamar memiliki LoA. Tujuannya adalah agar pelamar dapat langsung memulai studi setelah menerima dan mendapat persetujuan beasiswa.

Nah, jadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Letter of Acceptance? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Pengertian LoA

Jadi, secara simpel Letter of Acceptance adalah suatu surat yang dibuat oleh pihak perguruan tinggi untuk calon mahasiswa. Surat ini berisikan pernyataan bahwa mahasiswa tersebut secara resmi telah diterima untuk menempuh studi lanjutan di kampus tersebut.

Biasanya, Letter of Acceptance dikeluarkan secara resmi oleh rektor atau dekan fakultas dari perguruan tinggi yang menjadi tujuan. Selain itu, LoA ini juga berisikan informasi lain yang berkaitan dengan prosedur penerimaan pihak mahasiswa.

Jenis LoA

Secara garis besar, Letter of Acceptance terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu LoA conditional dan unoconditional.

Letter of Acceptance Conditional

Jenis ini merupakan surat pernyataan dari perguruan tinggi yang menginformasikan kalau kamu bisa diterima menjadi calon mahasiswa apabila sudah melengkapi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Memenuhi standar syarat akademik, seperti angka IPK minimal atau telah lolos dalam kelas matrikulasi dengan ketentuan nilai tertentu.
  • Ketentuan berbahasa asing yang sama dengan bahasa yang dipakai dalam proses belajar mengajar di universitas tujuan. Contohnya, nilai IELTS atau TOEFL dalam batas minimal sesuai dengan aturan pada perguruan tinggi.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti surat pernyataan, transkrip nilai, dan lainnya.

Jika sudah melengkapi semua syarat tadi, kamu akan menerima Letter of Acceptance Conditional.

Letter of Acceptance Unconditional

Sementara itu, Letter of Acceptance Unconditional merupakan surat yang menyatakan kalau kamu secara resmi telah diterima sebagai mahasiswa pada perguruan tinggi tujuan tanpa adanya persyaratan tertentu.

Ini berarti, kamu sudah memenuhi semua ketentuan dan tinggal membayarkan biaya kuliah serta mengikuti kelas orientasi seperti halnya mahasiswa baru. Pada surat ini, akan tertulis beberapa informasi berikut:

  • Program Studi maupun jurusan kuliah.
  • Durasi studi dan jadwal kelas.
  • Informasi seputar pendaftaran ulang dan orientasi untuk mahasiswa baru.

Saat memperoleh LoA, kamu tentunya harus cermat dalam membaca setiap informasi dan detail yang tertulis. Apabila memerlukan informasi tambahan, kamu tidak perlu ragu untuk segera menghubungi pihak kampus.

Selain itu, kalau kamu memutuskan untuk menerima surat ini, maka kamu memutuskan untuk berkomitmen sebagai mahasiswa di kampus tersebut. Jadi, pertimbangkan dengan baik.

Cara Mendapatkan LoA

Mendapatkan Letter of Acceptance dari kampus tujuan bukan menjadi hal yang mudah. Namun, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Melakukan riset kampus tujuan

Mayoritas perguruan tinggi mensyaratkan transkrip nilai, ijazah, dan dokumen lain kepada calon mahasiswa. Ada pula yang mensyaratkan wawancara kepada calon mahasiswa. Jadi, sebaiknya perhatikan apa saja syarat yang wajib kamu penuhi di universitas tujuan.

2. Melengkapi semua dokumen

Selanjutnya, pastikan kamu melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus menerjemahkan dokumen tadi dalam bahasa pengantar kampus tujuan. Agar lebih kredibel, kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau berlisensi.

3. Ikuti semua prosedur seleksi

Terakhir, kamu perlu mengikuti semua prosedur penerimaan calon mahasiswa sesuai dengan jadwalnya. Biasanya, aspek yang dinilai adalah prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, keterampilan yang masih relevan dengan program studi tujuan, dan informasi dari referensi.

Setelah mengikuti semua alur di atas, kamu akan mendapat Letter of Acceptance dari pihak universitas apabila kampus menilai kamu layak.

Contoh Letter of Acceptance (LoA)

Agar tidak bingung, berikut satu contoh Letter of Acceptance Unconditional yang bisa kamu perhatikan:

January, 17th 2024

Mr. Prindo Munthe

Medan, 20222

Dear Mr. Prindo,

Congratulations and welcome to the English Literature Program at the University of Topremit. I am pleased to inform you that, subject to the approval of the Faculty of Graduate Studies, you have been admitted to the Bachelor degree Program starting in July 2024.

Firstly, please notify us as soon as possible but no later than March 2024 regarding your decision to accept or decline this offer. There is a long waiting list of students eager to take up any spots that remain unfilled.

Your faculty advisor is Dr. Indriani Sandiputri. We encourage you to contact her within the next few weeks to introduce yourself, discuss your research interests, and plan your academic program.

You may also receive a few emails from some of your fellow graduate students who have been members of our program for a while. They will be happy to share their experience and give you an idea of life in the English Literature Program from a student's perspective.

We are proud to attract outstanding scholars like yourself to our program and look forward to meeting you in March. We hope to build a strong partnership in teaching and learning for your future.

Yours truly,

M. Fuad Hakiki, PhD

Graduate Advisor

Nah, jadi itu dia informasi lengkap tentang Letter of Acceptance yang bakal penting panget ketika kamu ingin kuliah ke luar negeri beserta dengan contohnya.

Oiya, hal lain yang tidak boleh kamu lupakan juga saat ingin kuliah di luar negeri tentunya adalah aplikasi Topremit. Sebab, kamu bisa transfer uang ke rekening luar negeri di 70+ negara dalam hitungan menit dengan biaya murah mulai dari IDR 45,000 doang kalau pakai Topremit. Yuk, cobain sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.