Apa Saja Mata Uang Eropa? Berikut Mata Uang Terkenal & Terkuatnya

Mata Uang Nov 24, 2021

Benua Eropa terdiri dari 50 negara dengan sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan mata uangnya. Kamu mata uang Eropa yang kamu ketahui adalah Euro. Namun tahukah kamu, tidak semua negara di Eropa menggunakan Euro sebagai mata uang.

Daftar Mata Uang di Eropa

Euro memang telah menjadi mata uang sah yang digunakan oleh anggota Uni Eropa. Dari 28 negara anggota Uni Eropa, ada 18 negara yang menggunakannya. Selain itu, ada 5 negara di luar Uni Eropa yang juga menggunakan Euro sebagai mata uangnya. Untuk mengetahui mata uang apa saja yang digunakan di Eropa, simak penjelasannya di bawah ini.

Setidaknya ada 28 mata uang di Eropa. Beberapa mungkin masih asing di telinga kamu. Namun kalau ingin pergi ke negara-negara Eropa, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mata uang yang digunakan.

1. Pound Sterling

Kamu yang menyukai Liga Inggris pasti sudah tidak asing dengan mata uang yang satu ini. Pound Sterling sering digunakan dalam transfer pemain sepakbola di Inggris. Ini adalah salah satu mata uang tertua di dunia. Kata pound dan sterling merujuk pada logam perak seberat satu pound. Namun saat ini satuan berat logamnya tidak berpengaruh pada nilai mata uang. Pound sterling punya simbol £ atau kode GBP. Nilai £ 1 setara 19.324 ribu rupiah dan menjadi yang tertinggi di Eropa.

2. Euro

Euro merupakan mata uang yang banyak digunakan oleh negara di Eropa, khususnya anggota Uni Eropa. Total ada 18 negara Uni Eropa dan 5 negara di luar Uni Eropa yang menggunakan mata uang ini terdiri dari Akrotiri and Dhekelia (UK), Aland Islands (Finland), Andorra, Austria, Belgium, Cyprus, dan Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Ireland, Italy, Kosovo, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Montenegro, Netherlands, Portugal, San Marino, Slovakia, Slovenia, Spain, dan Vatican City (Holy See). Mata uang Euro punya simbol € dengan kode EUR. Nilai € 1 setara 16.513,52 ribu rupiah.

3. Swiss Franc

Mata uang ini digunakan oleh dua negara yakni, Swiss dan Liechtenstein. Swiss Franc sudah digunakan di kedua negara tersebut sejak 1798. Mata uang ini memiliki simbol Fr atau SFr dengan kode CHF. Nilai CHF 1 setara 15.613 ribu rupiah.

4. Manat

Nama Manat mungkin masih asing di telinga kamu. Mata uang ini digunakan oleh negara Azerbaijan. Nama Manat berasal dari kekaisaran Rusia yang diucapkan sebagai maneta atau berarti koin. Manat punya simbol ₼ dengan kode AZN. Nilai ₼ 1 setara 8.379 Rupiah.

5. Zloty

Zloty dalam bahasa Polandia bermakna emas yang muncul pada abad ke-14 hingga 15. Pada tahun 1990-an mata uang ini mengalami inflasi. Kemudian, di tahun 1985, terjadi pemotongan nilai mata uang ini (redenominasi). Hingga kini mata uang Zloty cenderung stabil. Zloty memiliki simbol zł dengan kode PLN. Nilai zł 1 setara  3.591,35 Rupiah.

6. Krone

Mata uang Krone digunakan oleh negara Denmark, Greenland, dan Kepulauan Faroe. Krone pertama kali diperkenalkan pada 1875. Nama Krone memiliki arti crown atau mahkota. Mata uang ini punya simbol kr dengan kode DKK. Nilai kr 1 setara 2.218 Rupiah.

7. Krona

Swedia punya nama mata uang yang mirip dengan Krone Denmark yakni, Krona. Mata uang ini sudah digunakan secara resmi sejak 1873. Simbol mata uangnya pun mirip yakni kr. Namun, Krona punya kode mata uang berbeda yakni SEK. Nilai kr 1 setara 1.656,89 Rupiah.Selain Swedia, negara lain yang menggunakan Krona adalah Norwegia dan Islandia.

8.Lira

Turki memiliki mata uang yang cukup kuat di Eropa. Lira Turki telah mengalami pergantian dari semula berkode TRY kini digantikan menjadi YTL atau Yeni Türk Lirası. Lira Turki Baru mulai digunakan pada 2005 sehingga masih tergolong baru. Mata uang ini punya simbol ₺. Nilai ₺ 1 setara 1.462 Rupiah.

9. Rubel

Mata uang yang disimbolkan ₽ ini tergolong tua karena sudah ada sejak zaman kerajaan Rusia pada tahun 1700-an. Saat ini Rubel digunakan tidak hanya di Rusia, tetapi juga di Belarusia dan Transnistria. Rubel Rusia punya kode RUB. Nilai ₽ 1 setara 200,98 Rupiah.

10. Dinar

Dinar digunakan Serbia dan tergolong mata uang yang masih baru. Pasalnya mata uang ini pertama kali digunakan pada 2003. Mata uang ini dicetak oleh Bank Nasional Serbia dan hingga kini menjadi alat pembayaran yang sah. Dinar Serbia punya simbol Y dan kode RSD. Nilai Y 1 setara 140,33 Rupiah.

Masih ada mata uang negara lain di Eropa yang belum disebutkan di atas. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa melihat daftarnya lewat tabel di bawah ini:

Mata Uang Negara Eropa Lainnya

Negara

Mata Uang

Simbol

Kode

Albania

Lek Albania

L

ALL

Andorra

Euro

EUR

Armenia

Dram Armenia

AMD

Austria

Euro

EUR

Azerbaijan

Manat Azerbaijan

AZN

Belanda

Euro

EUR

Belarus

Rubel Belarus

BYN

Belgia

Euro

EUR

Bosnia dan Herzegovina

Mark Bosnia dan Herzegovina

KM

BAM

Britania Raya

Pound sterling

£

GBP

Bulgaria

Lev Bulgaria

лв

BGN

Republik Ceko

Koruna Ceko

CZK

Denmark

Krone Denmark

kr

DKK

Estonia

Euro

EUR

Finlandia

Euro

EUR

Georgia

Lari Georgia

GEL

Hongaria

Forint Hongaria

Ft

HUF

Jerman

Euro

EUR

Irlandia

Euro

EUR

Islandia

Króna Islandia: króna kedua

kr

ISK

Italia

Euro

EUR

Kazakhstan

Tenge Kazakhstan

KZT

Kroasia

Kuno Kroasia

kn

HRK

Latvia

Euro

EUR

Liechtenstein

Franc Swiss

Fr/SFr

CHF

Lituania

Euro

EUR

Luksemburg

Euro

EUR

Republik Makedonia

Denar Makedonia Kedua

ден

MKD

Malta

Euro

EUR

Moldova

Leu Moldova

L

MDL

Monako

Euro

EUR

Montenegro

Euro

EUR

Norwegia

Krona Norwegia

kr

NOK

Prancis

Euro

EUR

Polandia

Złoty Polandia

PLN

Portugal

Euro

EUR

Rumania

Leu Rumania keempat

lei

RON

Rusia

Rubel Rusia

₽ 

RUB

San Marino

Euro

EUR

Serbia

Dinar Serbia

Y

RSD

Siprus

Euro

EUR

Slovenia

Euro

EUR

Slovakia

Euro

EUR

Spanyol

Euro

EUR

Swedia

Krona Swedia

kr

SEK

Swiss

Franc Swiss

SFr/Fr

CHF

Turki

Lira Turki Baru

YTL

Ukraina

Hryvnia Ukraina

UAH

Vatikan

Euro

EUR

Yunani

Euro

EUR

Itu dia daftar lengkap mata uang di semua negara di Eropa. Semoga setelah mengetahui masing-masing mata uangnya, kamu tidak perlu bingung lagi ketika ditanya mata uang negara di Eropa, atau ketika hendak mengirim uang ke luar negeri.

Topremit juga bisa mengirim ke berbagai negara di eropa juga loh, berikut merupakan negara yang Topremit layani Inggris, Denmark, Prancis, Jerman dan masih banyak lagi negara Eropa yang bisa kamu gunakan dengan Topremit.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.