Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Mata Uang Oct 11, 2021

Di dunia ini terdapat mata uang yang punya nilai tinggi. Selama ini kamu mungkin mengira dolar Amerika Serikat (US$) merupakan mata uang tertinggi. Namun nyatanya masih ada beberapa mata uang negara lain yang punya nilai lebih tinggi.

Nilai pada mata uang di setiap negara berbeda-beda tergantung pada keadaan perekonomian negara tersebut. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah sebagai berikut ini:

  • Inflasi.
  • Suku bunga.
  • Neraca perdagangan.
  • Utang pemerintah.
  • Spekulasi.
  • Risiko politik.
  • Pertumbuhan ekonomi.

Selain sebagai alat tukar, perbedaan nilai mata uang juga terkadang digunakan sebagai investasi. Hal ini karena niai tukar rupiah terhadap mata uang asing kerap mengalami fluktuasi dan punya nilai lebih rendah. Misalnya saja saat ini US$ 1 bernilai Rp 14.253. Bisa saja dalam waktu setahun ke depan nilainya menyentuh lebih dari Rp 14.500.

Itu dia sedikit gambaran mengenai mata uang di dunia. Dengan mengetahui nilai mata uang di setiap negara, kamu dapat mempertimbangkan negara mana yang cocok menjadi tujuan wisata, kuliah, bekerja, atau berbelanja.

Sekarang untuk mengetahui lebih jauh mata uang mana saja yang punya nilai tertinggi dan terkuat, simak daftarnya berikut ini, yuk!

Daftar Nilai Mata Uang Tertinggi di Dunia

Ada banyak mata uang di dunia yang punya nilai lebih tinggi dari rupiah. Misalnya saja dari negara tetangga Malaysia dan Singapura. Saat ini 1 ringgit Malaysia (MYR) senilai Rp 3.411. Sedangkan 1 dolar Singapura (SGD) bernilai Rp 10.475.

Selain dua mata uang di atas masih ada juga loh mata uang yang punya nilai jauh lebih tinggi dari MYR dan SGD. Ini menjadikan beberapa mata uang di bawah ini sebagai yang tertinggi di dunia. Mari kita simak!

Dinar Kuwait

Kuwait merupakan negara di Timur Tengah yang punya mata uang tertinggi. Negara ini memiliki mata uang dinar atau disebut Dinar Kuwait dengan kode KWD atau KD. Saat ini KWD 1 setara Rp 47.220.

Mengutip data Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Kuwait punya uang kertas dengan nominal 250 fils (KD ¼), 500 fils (KD ½), KD 1, KD 5, KD 10 dan KD 20, sedangkan uang logam dengan nominal 5 fils, 10 fils, 20 fils, 50 fils dan 100 fils.

Dinar Bahrain

Negara Timur Tengah lainnya yang punya nilai mata uang tertinggi adalah Bahrain. Negara ini memiliki mata uang Dinar atau Dinar Bahrain. Kode mata uang tersebut yakni BHD atau BD. Perekonomian Bahrain ditopang oleh produksi minyak dan banyak diekspor ke seluruh dunia.

Selain itu, kamu yang menyukai balapan MotoGP pasti sudah pernah mendengar adanya sirkuit Bahrain. Soal nilai mata uangnya, BHD 1 setara dengan Rp 37.704. Lumayan tinggi, kan?

Rial Oman

Negara dengan luas 309.500 km2 ini juga punya mata uang yang kuat di dunia loh! Meski tak seluas Pulau Kalimantan, perekonomian Oman tergolong maju. Hal ini karena ditopang produksi minyak yang menjadi sumber ekspor.

Rial Oman punya kode OMR atau RO. Jika dibandingkan dengan rupiah milik Indonesia, OMR 1 setara Rp 36.922. Pemerintah Oman sampai harus mengeluarkan pecahan setengah dan seperempat Rial Oman. Ini karena tingginya nilai mata uang tersebut.

Poundsterling

Poundsterling merupakan mata uang tertua di dunia. Sebutan untuk mata uang ini pertama kali dikenalkan Raja Inggris King Henry II. Namanya berasal dari Sterling yang merupakan logam untuk mencetak uang koin di Inggris.

Sebanyak 240 koin sterling yang dicetak menggunakan satu pound perak. Sehingga banyak yang menyebutnya pound of sterling. Jadilanya nama mata uang itu kini disebut poundsterling.

Mata uang tersebut punya simbol £ dengan kode GPB. Untuk nilai tukarnya, £ 1 setara Rp 19.344. Jika kamu ingin mengirimkan Poundsterling ke UK kalian bisa menggunakan Topremit sebagai jasa pengirimannya loh, Topremit memiliki biaya yang murah, Pengiriman yang cepat mulai dari 5 menit dan aman!

Dinar Yordania

Kembali ke timur tengah, Yordania juga punya mata uang yang tinggi di dunia. Mata uangnya punya kode JOD atau JD. Berbeda dari negara timur tengah lainnya, Yordania tidak memiliki sumber minyak. Lalu dari mana sumber pemasukan negaranya?

Sepertiga GDP Yordania berasal dari perdagangan dan keuangan. Perekonomiannya mengandalkan layanan jasa, bantuan asing, dan yang terbesar adalah pariwisata. JOD 1 setara Rp 20.032.

Dolar Cayman

Negara Kepulauan Cayman mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Letaknya berada di wilayah luar negeri Britania Raya tepatnya di Laut Karibia. Kepulauan Cayman punya tiga pulau utama yakni pulau Grand Cayman, Little Cayman, dan Cayman Brac.

Perekonomianya disokong oleh sektor jasa keuangan dan pariwisata. Keindahan lautnya membuat negara ini jadi rekomendasi scuba diving. Namun, kalau kamu mau berwisata ke Cayman, harus siapkan budget yang tak sedikit. Nilai KYD 1 setara Rp 17.058.

Euro Eropa

Mata uang Euro terbilang masih muda karena diresmikan sebagai alat penukaran yang sah secara fisik pada 2002. Negara pertama yang menggunakan mata uang ini adalah Finlandia. Saat ini sudah ada 19 negara yang tergabung dalam Uni Eropa yang menggunakan mata uang ini.

Sebelum berlaku menjadi mata uag fisik, Euro hanyalah mata uang elektronik atau moneter non-tunai yang digunakan oleh perbankan di kawasan Eropa. Mata uang Euro punya simbol € dengan kode EUR. Nilai mata uang ini untuk € 1 setara Rp 16.427.

Franc Swiss

Negara Swiss punya mata Franc yang dengan lambang Fr, SFr atau FS. Franc Swiss juga punya kode CHF. Mata uang ini sudah berlaku di Swiss sejak 1798, loh! Setiap satuan Franc Swiss dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Prancis), dan Centesimi (Italia). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 francs.

Nilai tukar Franc Swiss ke rupiah tergolong kuat. Ini karena setiap CHF 1 setara dengan Rp 15.329.

Dollar Amerika

Dolar Amerika Serikat merupakan mata uang yang populer di dunia. Sebagai negara Adi Daya, Amerika punya kekuatan dan pengaruh ke negara lain. Mata uangnya pun banyak dijadikan alat transaksi di dunia, bahkan menjadi acuan di banyak negara.

Alasannya adalah nilai dolar Amerika Serikat cenderung stabil. Meski pergerakannya tidak seagresif mata uang lain, namun mata uang dengan simbol US$ dan kode USD ini cukup kuat dan tinggi. Saat ini USD 1 setara Rp 14.199.

Dolar Kanada

Masih dalam satu benua Amerika, Kanada pun menggunakan dolar sebagai alat transaksinya. Mata uangnya digambarkan dengan simbol CA$ dan kode CAD. Namun nilai mata uang Kanada tak lebih tinggi dari dolar Amerika Serikat. Jika dibandingkan, CAD 1 setara dengan Rp 11.314.

Itu dia mata uang di dunia yang punya nilai tertinggi dan terkuat. Perlu diingat, memiliki mata uang tertinggi tidak selalu memberi dampak yang baik bagi sebuah negara. Semua tergantung pada sistem ekonomi yang dimiliki oleh negara tersebut.

Di sisi lain, negara dengan nilai mata uang rendah bisa meningkatkan ekspor karena produknya lebih murah dibandingkan di negara dengan nilai mata uang tinggi.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.