Metode Kakeibo, Cara Khas Menabung Orang Jepang

jepang May 22, 2023

Menabung merupakan salah satu kebiasaan baik yang penting banget untuk diajarkan secara turun-temurun. Tradisi ini mengajarkan agar menyisihkan sebagian uang yang nantinya bisa digunakan sebagai dana cadangan atau untuk keperluan lain di masa depan. Jika kamu merasa kesulitan ketika menabung atau belum menemukan cara yang tepat dalam menabung, kamu bisa menggunakan metode unik yang dikenal dengan sebutan kakeibo.

Kakeibo adalah metode mengatur keuangan yang dipakai oleh masyarakat Jepang. Cara menabung kakeibo diperkenalkan pertama kali oleh Hani Matoko, salah satu jurnalis wanita pertama di Jepang pada tahun 1904. Tertarik untuk menggunakan metode kakeibo agar nabung kamu kedepannya jadi lebih on point? Yuk pahami caranya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Pertanyaan yang Perlu Dijawab ketika Menggunakan Metode Kakeibo

Ketika menggunakan metode kakeibo, ada 4 pertanyaan yang perlu dijawab saat memulai menabung dengan cara ini agar metode tersebut bisa berhasil. Empat pertanyaan itu adalah :

Berapa banyak uang yang dimiliki ?

Berapa banyak uang yang akan ditabung ?

Berapa banyak uang yang bisa dibelanjakan ?

Bagaimana caranya meningkatkan uang tabungan ?

Lantas, apa saja yang kamu perlu lakukan agar metode ini berjalan dengan baik ? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Metode Menabung Kakeibo ala Orang Jepang

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Kamu perlu mencatat berapa pemasukan dan pengeluaran pada setiap bulannya. Buat rincian berapa uang yang akan masuk dan perkirakan berapa uang yang akan kamu keluarkan setiap bulannya.

Rancang Budget Pengeluaran Tetap Secara Detail

Perkirakan berapa besaran dana yang harus dikeluarkan pada setiap bulannya. Buatlah daftar pengeluaran tetap, seperti sewa rumah, tagihan listrik atau tagihan internet dan ketahui total biaya dari seluruh pengeluaran tetap tersebut.

Tentukan Rencana Tabungan Bulanan

Setelah mengetahui berapa biaya tetap pengeluaran, kamu bisa merencanakan berapa besaran dana untuk ditabung. Jangan habiskan semua pendapatan perbulan kamu secara langsung, yak. Sisihkan sebagian pendapatan untuk menabung.

Ketahui Berapa Sisa Budget yang Bisa Dibelanjakan

Untuk mengetahui berapa sisa budget yang bisa di belanjakan, kamu bisa menjumlahkan dana menabung dan pengeluaran. Setelah itu, kurangkan pendapatan dengan total dana tersebut. Sisa dari pengurangan tadi merupakan sisa budget yang bisa dibelanjakan.

Uang tersebut merupakan sisa uang yang masih bisa dibelanjakan dengan membaginya menjadi 4 kategori, yaitu :

  1. Diperuntukkan untuk keperluan biaya sekolah, uang transportasi dan yang lainnya.

2. Diperuntukkan untuk kebutuhan opsional seperti belanja atau makan di restoran.

3. Diperuntukkan untuk kebutuhan hiburan seperti rekreasi, menonton film di bioskop dan lainnya.

4. Diperuntukkan untuk pengeluaran ekstra dan bisa juga masuk ke dalam pengeluaran tidak terduga seperti perbaikan rumah atau servis barang elektronik.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai metode menabung kakeibo. Nah pentingnya menabung ialah agar kamu nantinya memiliki dana yang bisa digunakan pada saat keadaan darurat sehingga keuanganmu tidak akan goyah meskipun ada kebutuhan mendesak yang tiba-tiba muncul.

Nah, berbicara tentang Jepang, jika kamu ingin mengirimkan uang kepada teman ataupun kerabat yang sedang berada Jepang. Kamu bisa menggunakan Topremit untuk mengirim uang dengan cepat mulai dari 5 menit. Selalu gunakan Topremit karena pengiriman uang bisa dilakukan ke lebih dari 60 negara. Tunggu apalagi, download dan install Topremit di smartphone kamu sekarang juga !

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.