A Turkish Boat Harbour

9 Oleh-Oleh Khas Turki yang Cocok Dibawa Pulang

Turki Jan 8, 2024

Pesona Turki tidak hanya terletak pada keindahan alam dan destinasi wisatanya, namun juga tersimpan dalam beragam oleh-olehnya yang unik dan sulit ditemukan di negara lain sehingga tidak mengejutkan jika oleh-oleh khas Turki selalu bisa memberikan kesan tersendiri.

Nah bicara soal 'buah tangan', tentu saja tempat wisata ini memiliki banyak jenis oleh-oleh yang khas banget. Mulai dari makanan, minuman, aksesori pakaian, alat rumah tangga, dan hingga pakaian tradisional. Untuk itu, di bawah ini ada sejumlah oleh-oleh khas Turki yang wajib kamu beli saat berkunjung ke negeri seribu masjid tersebut.

Yuk, cari tahu selengkapnya lewat ulasan di bawah jadi simak sampai habis ya!

1. Turkish Blue Eyes

Turkish Blue Eyes

Dalam petualangan belanja oleh-oleh di Turki, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelami keajaiban Nazar Boncuk, atau lebih dikenal sebagai Turkish blue eyes. Nah, mata biru Nazar Boncuk ini juga bukan hanya sekadar hiasan lho, tapi juga amulet yang dipercaya mampu menangkal kecemburuan dan malapetaka. Orang Turki meyakini bahwa mata biru ini menjadi perisai bagi pemakainya, melindungi dari energi buruk yang mungkin mengelilingi mereka.

2. Turkish Delight

Turkish Delight

Beralih ke oleh-oleh khas Turki dalam bentuk makanan ya! Nah, ini merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi khususnya untuk para wisatawan.

Turkish Delight merupakan camilan manis yang dikemas dalam kotak yang menyerupai permen lunak. Ia bahkan hadir dalam berbagai rasa mulai dari kacang-kacangan, lemon, kayu manis, bunga mawar, dan banyak lagi.

Bahkan di sejumlah toko makanan, para wisatawan bisa mencicipinya terlebih dahulu sebelum membeli untuk mendapatkan rasa yang diinginkan!

3. Baklava

Baklava

Baklava bisa dibilang sebagai oleh-oleh khas Turki sejenis roti kering yang disajikan dengan saus manis kacang, sirup dan madu. Baklava adalah termasuk ke dalam makanan penutup khas Turki.

Makanan yang satu ini sangat terkenal di daerah Timur Tengah, Balkan, dan Asia Selatan. Oleh-oleh khas Turki ini bisa bertahan selama tiga hari apabila kamu ingin membawanya pulang.

Untuk mendapatkan oleh-oleh ini, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat di Turki, terutama di Kota Gaziantep. Secara tradisional, makanan ini digunakan sebagai makanan penutup atau makanan ringan di Turki. Adapun roti Baklava saat ini bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta untuk rasa yang tak kalah lezat.

4. Permadani Turki

Turkish Carpets

Dalam helaian kisah warna-warni Turki, ada satu oleh-oleh yang berdiri gagah sebagai mahakarya dari seni menenun mereka: Permadani Anatolia. Sepotong pesona yang terjalin rapi, menyimpan jejak sejarah migrasi orang Turki dari Asia Tengah ke Anatolia, berdekatan dengan keajaiban Cappadocia.

Proses menciptakan Permadani Anatolia adalah pesta keindahan yang menakjubkan. Tiap benang diperlakukan dengan penuh kelembutan, diikat ganda, dan dilingkarkan ganda, membentuk kemilau yang kokoh dan anggun. Ini bukan lagi sekadar karpet; ini adalah karya seni yang menghidupkan cerita dan keindahan.

Kehebatan kerajinan membuat karpet ini tidak datang tanpa harga. Kualitasnya yang luar biasa membuat harganya termasuk dalam kategori mahal. Namun, dibalik setiap nominal tersembunyi keindahan yang tak ternilai, mencerminkan dedikasi dan cinta dalam setiap untaian benang.

Meski mahal, oleh-oleh ini sangat diminati karena desainnya yang cantik. Polanya geometris rumit dengan pewarnaan alami. Karpet Turki juga mewakili keragaman budaya dan motif populer dari tradisi Turki.

Namun, perlu diperhatikan baik-baik. Karena ada karpet buatan pabrik sehingga kualitasnya berbeda dengan karpet buatan tangan. Satu-satunya cara adalah mengenali baik-baik kilim tenunannya.

5. Rempah-Rempah

Turkish Spices

Sedang mencari oleh-oleh khas Turki untuk teman yang hobi memasak? Rempah-rempah atau herbal bisa menjadi pilihan paling tepat. Suvenir ini akan sangat bermanfaat untuk memperkaya rasa, apalagi jika dia suka bereksperimen dengan makanan.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa pergi ke Spice Bazaar atau pasar khusus rempah-rempah. Ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan mendapati aroma kuat dan unik dari setiap rempah-rempah. Di sini, kamu bisa mendapatkan banyak rempah. Mulai dari pul biber atau cabai Turki, sumac, juga lada urfak atau isok.

Meski kamu tidak mengenal baik rempah-rempah Turki, kamu bisa mendapatkan informasi ini dari penjual. Tak sedikit penjual mempersilakan pelanggan untuk mencicipi rempah-rempahnya.

6. Marzipan

Marzipan Cake

Saat kita menikmati setiap gigitan manis dari Marzipan, tahukah kita bahwa kita sedang merayakan sebuah warisan rasa yang Turki perkenalkan ke Eropa? Sebuah perjalanan rasa dari “badem ezmesi” (pasta almond) yang berkembang menjadi Marzipan, menceritakan cerita unik di masa pemerintahan Raja Suleiman.

Hingga saat ini, penjual Marzipan yang paling terkenal berada di bekas ibukota Ottoman, Edirne, tepatnya di toko keluarga Kececizade dan Arslanzade.

7. Keramik Iznik

Iznik Ceramics

Selangkah demi selangkah, kita merenung dalam keindahan keramik Iznik, sebuah karya seni yang merekah dari kota Iznik di Anatolia Barat. Sejarahnya membawa kita kembali ke abad ke-15 hingga 16, ketika seni ini menjadi gempar dengan desain yang tidak hanya indah, tetapi juga memikat dengan rumitnya. Sambutlah kehadiran keramik Iznik, sebuah karya seni yang terkubur dalam waktu namun masih mekar kecantikannya hingga hari ini.

Nah, kebetulan nih yang paling dicari adalah keramik biru kobalt-nya karena terdapat glasir transparan di bawah desain jadi langka banget lho untuk bisa menemukan tipe yang ini. Kalau untuk desain paling umum, ada tipe bunga dan geometris.

Keramik ini juga menunjukkan penggabungan antara budaya Ottoman dan China sehingga menghasilkan seni yang unik. Meski yang asli sudah sulit dijumpai karena kualitas gerabah yang menurun drastis, tetapi keramik tiruannya pun tak kalah menakjubkan.

8. Lampu Turki

Turkish Lamps

Ketika kita berbicara tentang merancang ruangan yang penuh gaya, elemen pencahayaan seperti karpet dan lampu memiliki peran kunci. Sehingga, dalam perjalanan oleh-oleh kamu di Turki nantinya, jangan lewatkan pesona warna-warni yang disajikan oleh lampu mozaik. Sebuah karya seni cahaya yang dapat dengan mudah ditemukan di jantung tradisi di Istanbul.

Suvenir ini khas dengan warna lampu yang warna-warni dan dibalut desain corak yang beragam. Sangat cocok untuk mendekorasi rumah agar nuansa lebih 'hangat'.

9. Saffron

Saffron

Jangan remehkan keajaiban yang terkandung dalam setiap helai tanaman kering yang satu ini – Saffron. Sebuah oleh-oleh khas Turki yang telah lama memikat hati orang-orang, tak hanya lewat kelezatan di dapur, tetapi juga melalui kisah ajaibnya dalam dunia kesehatan. Saffron bukan sekadar rempah, melainkan rahasia kesehatan yang semakin dikenal dan dihargai.

Bahkan mengutip studi dalam National Center for Biotechnology and Information, saffron dinilai lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.

Demikian sejumlah oleh-oleh khas Turki yang bisa jadi pilihan untuk dibeli ketika berlibur nanti. Semoga bisa membantu kamu mencari buah tangan yang pas untuk diberikan kepada orang-orang terkasih nantinya ya!

Kirim Uang ke Turki Mudah, Murah & Cepat!

Berbicara tentang Turki, kalau kamu ada keperluan untuk kirim uang ke negeri Eurasia tersebut, Topremit bisa banget bantu kamu! Dengan Topremit uang bisa sampai di hari yang sama dan biayanya cuma IDR 75K doang lho!

Gak hanya itu, Topremit bisa bantu kamu buat kirim uang ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Mantap banget kan? Jadi lain kali kamu ada keperluan buat kirim uang ke luar negeri, pakai Topremit aja!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.