Shops in India

9 Oleh Oleh Khas India yang Wajib Dibawa Pulang

India Nov 17, 2023

Tak hanya dikenal sebagai rumah bagi Taj Mahal yang megah, India juga menyuguhkan petualangan berbelanja oleh-oleh yang pastinya bakal penuh dengan kenangan.

Ditambah lagi kekayaan alam, budaya, serta tradisi-tradisi di sana telah membentuk keragaman produk unik yang pastinya gak akan bisa kamu temui di Indonesia, meski ada kemiripan namun tentu produk India memiliki ciri khasnya tersendiri.

Tertarik? Makanya, yuk simak 8 oleh-oleh populer khas India yang pas banget kamu beli sebagai sebuah cendera mata berharga untuk diberi kepada orang-orang tersayang di rumah.

Oleh Oleh yang India Banget

1. Kain Saree

Indian Saree

Tak dapat dipungkiri bahwa ada sesuatu yang istimewa tentang kain sari di India. Bukan hanya sekadar pakaian, setiap lipatan sari membawa cerita kaya budaya dari setiap sudut wilayah yang ada di sana sehingga kebahagiaan perjalanan tidak lengkap tanpa membawa pulang secuil keindahan ini.

Dengan warna-warni dan motifnya yang menarik, serta kelembutan teksturnya, membuat sulit untuk tidak jatuh hati pada setiap helainya. Belum lagi jenisnya yang banyak banget, seperti Banarasi silk saree yang mewah, atau pun Kota saree yang sederhana namun cocok dipakai di lingkungan rumah. Jadi jangan sampai kamu gak lihat-lihat sari selama berada di sana, karena ini cocok banget buat bunda kamu dirumah.

2. Karpet Kashmir

Kashmir Carpets

Dibuat secara handmade dengan penuh keahlian, karpet ini terbuat dari wol, sutera, atau bahkan terkadang kombinasi keduanya. Setiap helai memancarkan keindahan dalam motif bunga yang memukau dan warna-warna cerah seperti merah, biru safir, dan hijau.

Namun, karpet Kashmir bukan hanya sekadar hiasan lantai. Di mata penduduk setempat, rumah takkan lengkap tanpa kehadiran karpet ini. Karpet ini adalah sentuhan ajaib yang menciptakan kehangatan dan keindahan dalam setiap sudut rumah.

Terlepas dari keindahan dan kelembutan seratnya, harga karpet Kashmir bisa mencapai jutaan. Ini tentunya bukan sekadar harga, tapi cerminan kualitas bahan dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Maka dari itu, saat berada di pasar atau toko karpet, pandai-pandailah menawar harga. Dengan membawa pulang sehelai karpet Kashmir, kamu tidak hanya membawa pulang barang, tapi juga kisah seni yang terpintal rapi di setiap seratnya.

3. Jutti

Indian Jutti

Kenalan dulu sama jutti, sepatu khas India yang bukan hanya sekadar alas kaki, tapi juga langkah ke dalam sejarah dan gaya yang mengesankan. Setiap jutti adalah cerminan dari warisan sepatu kulit tradisional India Utara yang juga dikenal dengan sebutan mojari atau nagra.

Saat melangkah lebih jauh ke masa lalu, jutti dulunya menjadi ciri khas para bangsawan yang dipadukan dengan hiasan batu permata yang mewah. Kini, jutti telah menjalani transformasi menjadi lebih modern, menjadikannya cocok untuk siapa saja. Warna-warni, model yang beragam, dan sulaman yang indah memberikan sentuhan personal pada setiap pasangannya.

Tidak hanya itu, jutti juga menjadi saksi perkembangan zaman. Dulu simbol kelas sosial, kini jutti menjadi bagian dari gaya hidup yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dan, meskipun harganya bervariasi, dengan kisaran 800 hingga 1,000 Rupee atau sekitar Rp165-206 ribu, setiap pasang jutti adalah investasi dalam gaya, dan kenyamanan yang tak ternilai.

4. Lac Bangle

India Lac Bangles

Lac bangle merupakan gelang tradisional India yang terdiri dari berbagai macam warna dan dihias dengan manik-manik, mutiara, atau bebatuan lainnya.

Tak hanya sekadar aksesori, lac bangle juga memiliki peran penting dalam acara adat, terutama pada upacara pernikahan. Di sana, gelang-gelang dalam warna khusus seperti merah atau hijau menjadi simbol kebahagiaan dan makna khusus.

Gelang-gelang indah ini juga bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau, dimana selusin dapat dibeli dengan harga sekitar 500 Rupee atau sekitar Rp103 ribu. Jadi, saat melihat gelang-gelang ini, ingatlah bahwa setiap warna dan hiasannya adalah bagian dari kisah yang menghiasi kehidupan sehari-hari di India.

5. Miniatur Taj Mahal

Taj Mahal Miniature

Menikmati keindahan Taj Mahal selama berada di India? Kenapa gak coba bawa pulang versi mininya agar kamu bisa terus menikmati keanggunannya ketika sedang berada di rumah?

Kalau memang mau, maka pas banget karena oleh-oleh khas India yang satu ini bisa kamu beli di banyak toko yang tersebar di seluruh wilayah India. Tentunya, ini juga karena Taj Mahal merupakan salah satu landmark yang paling dicintai oleh rakyat India.

Gak hanya itu, setiap detil kecil pada miniatur ini adalah cerminan dari keagungan dan keanggunan monumen ikonik India tersebut. Bayangin aja, kamu nantinya bisa menggenggam Taj Mahal dan menikmati keindahannya di mana pun kamu berada.

6. Selendang Pashmina

Pashmina Shawls

Siapa sih yang gak kenal selendang pashmina? Bahkan sekarang dia udah jadi fashion item yang populer banget di kalangan ciwi-ciwi Indonesia nih. Dengan setiap helai yang terbuat dari wol berkualitas tinggi, kamu tentunya kamu dapat merasakan sentuhan kelembutan dalam genggaman, seolah-olah sedang merangkul hangatnya budaya India.

Sehingga dalam setiap lipatannya, selendang pashmina bukan hanya sekadar aksesoris cantik, namun juga jendela yang membuka pandangan pada keindahan dan keragaman India. Serta saat dikenakan, ia tidak hanya menjadi bagian dari penampilan, melainkan juga perjalanan ke dalam kebudayaan yang menghangatkan hati.

7. Teh India

India Masala Chai

Dalam setiap cangkir teh India, terdapat aroma dan rasa yang menciptakan momen bersama, seperti berbagi cerita di tengah hiruk-pikuk kehidupan.

Selain rempah-rempah, kamu juga dapat memilih teh untuk dijadikan oleh-oleh, mengingat bahwa India adalah produsen teh terbesar kedua setelah Tiongkok. Assam dan Darjeeling adalah dua jenis teh India yang paling terkenal di dunia.

Teh Assam merupakan teh hitam dengan aroma yang lembut, serta memiliki warna terang, dan rasa yang malty. Sedangkan teh Darjeeling terkadang di proses menjadi teh hitam, hijau, putih, ataupun oolong. Ketika diseduh, teh ini memiliki warna yang terang serta beraroma floral.

8. Laddu

Indian Laddu

Laddu merupakan kudapan lezat khas India yang terbuat dari gula, lemak dan tepung terigu serta bahan lain yang bervariasi sesuai resep, seperti kacang cincang atau kismis kering.

Kuliner khas India ini umumnya memiliki warna orange cerah, bertekstur bulat-bulat kecil seperti telur ikan, padat, dan memiliki rasa yang manis. Namun harus diingat bahwa Laddu memiliki masa kadaluarsa yang singkat yakni hanya 4-7 hari sehingga harus disantap secepatnya.

Jadi, ketika menikmati laddu, ingat bahwa tiap gigitan kecil mewakili sepotong kisah India yang khas, di mana setiap bahan adalah pilihan yang diambil dengan cinta dan keahlian.

9. Produk Ayurvedic

Ayurvedic Herbs

Makanan, kerajinan sampai bumbu sudah kamu dapatkan, maka berikutnya jangan sampai kelewatan balsem yang terbuat dari bahan Ayurvedic ini ya. Balsem ini telah digunakan bertahun tahun dan menjadi balsem untuk terapi terpercaya. Mengandung mineral kuno dan senyawa herbal yang banyak khasiat, pasti akan membuat teman atau keluarga kamu senang saat menerimanya.

Nah, dengan mengetahui oleh-oleh khas India yang paling populer, kamu dapat mempersiapkan diri untuk membelinya saat berlibur di negara tersebut.

Topremit - Send Money Abroad

Berbicara tentang India, kalau kamu ada keperluan untuk kirim uang ke negeri anak benua tersebut, Topremit bisa banget bantu kamu! Dengan Topremit uang bisa sampai dalam 25 menit dan biayanya cuma IDR 45K doang lho!

Gak hanya itu, Topremit bisa bantu kamu buat kirim uang ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Mantap banget kan? Jadi lain kali kamu ada keperluan buat kirim uang ke luar negeri, pakai Topremit aja!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.