Panduan Liburan ke China: Tips Lengkap untuk Liburan yang Menyenangkan dan Lancar

China Jul 5, 2023

China adalah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibu kota Beijing. Selain menjadi negara terbesar keempat di dunia, China juga merupakan destinasi wisata yang populer bagi wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk liburan ke China.

Tips Liburan ke China

Persiapkan Visa dengan Baik

Membuat visa China relatif mudah bagi warga Indonesia. Kamu dapat mengunjungi situs resmi visa China di sini. Di situs tersebut terdapat semua persyaratan yang diperlukan serta ketentuan foto. Unduh dan isi formulir aplikasi yang ada. Ikuti langkah-langkah yang tertera di situs resmi tersebut, pilih kategori visa kunjungan wisata, lalu lengkapi formulir secara online dan cetak.

Bawa Pemandu Wisata

Salah satu bahasa internasional yang umum digunakan adalah bahasa Inggris, yang memudahkan komunikasi saat bepergian ke luar negeri, termasuk dalam negara yang berbeda. Namun, hal ini tidak berlaku di China. Jika kamu mengunjungi China, kemampuan berbahasa Inggris tidak terlalu berguna karena banyak penduduk China yang tidak menguasai bahasa tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa pemandu wisata yang fasih berbahasa Mandarin atau seorang penerjemah. Jika kamu memiliki pengetahuan bahasa Mandarin yang cukup, itu bisa menjadi nilai tambah saat berwisata ke China. Namun, ini bukan berarti kamu harus fasih berbahasa Mandarin untuk berlibur ke China. Kamu juga bisa berkomunikasi melalui bahasa tubuh, menggunakan aplikasi penerjemah online, atau bahkan melalui gambar. Kamu dapat menggunakan aplikasi bernama Pleco untuk memudahkan komunikasi.

Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Sebelum berangkat, penting untuk merencanakan itinerary perjalanan agar kamu tidak kebingungan selama berada di China. China memiliki luas wilayah yang sangat besar dan banyak tempat wisata yang tak terbatas pilihannya. Cari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai tempat wisata dan kota-kota bersejarah yang layak dikunjungi agar liburan kamu menjadi berkesan.

Unduh Software VPN sebelum Berangkat

Aktivitas berbagi di media sosial saat liburan merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Sebelum bepergian ke China, pastikan kamu telah mengunduh software VPN (Virtual Private Network) agar tetap dapat menggunakan aplikasi email, media sosial, dan pesan instan. Dengan menggunakan VPN, kamu tetap dapat terhubung dengan aplikasi-aplikasi tersebut saat menggunakan Wi-Fi di China. Alternatif lain, jika kamu tidak ingin repot mengunduh VPN, kamu bisa membeli kartu SIM internet China atau Hong Kong di Indonesia (melalui toko online) yang sudah menyediakan paket internet tanpa pembatasan aplikasi yang bisa digunakan.

Pilih Tempat Menginap dengan Bijak

Pemilihan tempat penginapan merupakan hal penting dalam perjalanan liburan. Disarankan untuk memesan penginapan dari Indonesia. Dengan rajin memeriksa harga promo hotel dan hostel murah, kamu bahkan bisa mendapatkan hostel yang berbentuk apartemen dengan harga terjangkau.

Siapkan Mata Uang Yuan

Uang merupakan alat transaksi utama untuk pembelian, pembayaran, dan lainnya. Masyarakat China menggunakan mata uang Yuan sebagai alat transaksi. Sebelum berangkat, sebaiknya tukar sejumlah uang rupiah menjadi Yuan, dan jika perlu, tukar juga sebagian menjadi dolar sebagai cadangan jika diperlukan, karena nilai USD cenderung lebih stabil dan mudah ditukarkan di mana pun kamu berada.

Perhatikan Transportasi Umum yang Digunakan

Sebelum sampai di China dan menggunakan transportasi umum, kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kota yang akan kamu kunjungi. Selalu siapkan uang pas saat menggunakan bus atau kereta bawah tanah, karena kamu harus membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan. Selain itu, perlu diketahui bahwa layanan bus dan kereta bawah tanah di China seringkali dihentikan pada malam hari.

Perhatikan Tanggal Merah

Masyarakat China menggunakan penanggalan Imlek atau kalender Tionghoa untuk menentukan hari-hari penting berdasarkan penanggalan tersebut. Karena adanya perbedaan antara kalender Masehi dan kalender Tionghoa, hari libur tidak jatuh pada tanggal yang sama setiap tahunnya. Oleh karena itu, perhatikan kapan hari libur di China agar kamu tidak menemui ribuan orang yang berdesakan di setiap tempat yang kamu kunjungi. Hal ini akan mengurangi kenyamanan liburan kamu.

Persiapkan Istilah Penting dalam Bahasa Mandarin

Untuk menghindari kesalahpahaman saat bepergian di negara dengan penduduk lebih dari satu miliar, sebaiknya persiapkan beberapa istilah penting dalam bahasa Mandarin, seperti bandara, nama tempat wisata, dan hotel. Bagi kamu yang beragama Islam dan selektif dalam memilih makanan, cetak juga gambar babi dan ayam beserta namanya agar memudahkan saat memesan makanan.

Perhatikan Cuaca di China

Jadwalkan perjalanan kamu dengan mempertimbangkan kondisi cuaca di China, karena negara ini memiliki empat musim. Dengan mengetahui kondisi cuaca, kamu dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan musim yang ada.

Waspada terhadap Penipuan

Salah satu penipuan yang sering terjadi di China adalah "tea scam" atau penipuan teh. Modusnya biasanya seperti ini: beberapa orang yang terlihat seperti pelajar, yang dapat berbicara dalam bahasa Inggris, akan mengajak kamu untuk minum teh di sebuah tempat. Namun, saat tagihan datang, tagihan yang sangat mahal akan diberikan kepada kamu. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat berinteraksi dengan orang asing dan hindari penawaran yang mencurigakan.

Hormati Adat dan Budaya China

Saat berkunjung ke negara lain, penting untuk menghormati adat dan budaya setempat. Sama halnya dengan China, penting untuk menghormati etika dan kebiasaan mereka, seperti menghindari tindakan yang dianggap tidak sopan atau menghina simbol-simbol kebudayaan China.

Itulah beberapa tips penting untuk liburan ke China. Dengan mempersiapkan diri secara baik dan mengikuti saran-saran di atas, kamu akan dapat menikmati liburan yang berkesan dan lancar di negara yang kaya akan budaya dan sejarah ini.

Nah jika nantinya ketika kamu sedang berlibur di China dan tiba-tiba membutuhkan tambahan dana dari keluarga di Indonesia. Topremit bisa banget bantuin kamu! Dengan Topremit, kirim uang ke China biayanya flat, mulai dari IDR 100K dan uang dijamin sampai dalam hitungan menit. Tunggu apalagi? Cobain sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.