Transaction with E-wallet

Daftar E-wallet Terbaik yang Ada di China

China Nov 14, 2023

E-wallet, atau dompet elektronik, adalah solusi canggih untuk pembayaran online yang semakin populer. Dibandingkan dengan uang tunai, penggunaan e-wallet tidak hanya meminimalkan risiko pencurian dan penipuan, tetapi juga memberikan kenyamanan tanpa perlu repot membawa uang kertas. Dengan e-wallet, keuangan menjadi lebih teratur berkat pencatatan yang jelas.

Tidak hanya itu, e-wallet memungkinkan transaksi tanpa kontak langsung, sehingga benar-benar membantu banget di masa Covid-19. Pengguna juga dapat menikmati berbagai keuntungan seperti cashback dan potongan harga dari penyedia e-wallet.

Di China, negara yang terkenal dengan perkembangan industri pesatnya, masyarakat telah merasakan manfaat menggunakan berbagai e-wallet terbaik untuk memudahkan transaksi di sana. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi China, coba manfaatkan kepraktisan e-wallet untuk pengalaman pembayaran yang lebih modern.

Penasaran ada e-wallet apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

​​Daftar E-Wallet di China

1. Alipay (支付宝 - Zhīfùbǎo)

Alipay - Logo

Alipay, milik Alibaba Group, merupakan e-wallet terbesar di China dan bahkan sudah menjelma menjadi sebuah platform super app. Diluncurkan pada 2004, Alipay tidak hanya menawarkan layanan pembayaran digital, tetapi juga fitur investasi, transfer uang, pembayaran tagihan, dan berbagai layanan pendukung aksi finansial lainnya.

Awalnya dibuat untuk mendukung transaksi e-commerce di Alibaba, Alipay kini telah berkembang menjadi e-wallet multifungsi. Dimiliki oleh Ant Group, anak perusahaan Alibaba, Alipay tidak hanya mendominasi pasar China, tetapi juga melakukan ekspansi global dengan layanan pembayaran digital untuk wisatawan asing.

2. WeChat Pay (微信支付 - Wēixìn Zhīfù)

WeChat Pay - Logo

WeChat Pay, yang terintegrasi dalam aplikasi pesan populer WeChat, juga merupakan salah satu pemain utama di pasar e-wallet China dan Selain pembayaran, WeChat Pay juga menyediakan layanan seperti pembelian tiket, reservasi hotel, dan transportasi.

WeChat Pay, yang dikenal dalam bahasa Mandarin sebagai "Wēixìn Zhīfù" (微信支付),diluncurkan oleh Tencent pada tahun 2013, WeChat Pay kini telah merajai pasar dengan kerjasama luas di berbagai sektor, menjadikannya salah satu e-wallet terbesar di China. Ekspansi globalnya juga bahkan semakin memudahkan wisatawan asing untuk menggunakan layanannya.

3. JD Pay (京东支付 - Jīngdōng Zhīfù)

JD.com - Logo

JD Pay adalah e-wallet yang terkait dengan platform e-commerce terkemuka di China, JD.com. Selain menyediakan pembayaran untuk produk dan layanan di platform JD.com, JD Pay juga digunakan secara luas di luar platform tersebut.

JD Pay, yang dikenal dalam bahasa Mandarin sebagai "Jīngdōng Zhīfù" (京东支付),awalnya digunakan untuk membayar produk dan layanan di platform JD.com. Namun, seiring waktu, JD Pay telah diperluas untuk digunakan di berbagai merchant dan toko online di luar ekosistem JD.com, membuatnya semakin relevan dalam skenario pembayaran yang lebih luas.

4. Baidu Wallet (百度钱包 - Bǎidù Qiánbāo)

Baidu Wallet - Logo

Baidu Wallet merupakan e-wallet yang diluncurkan oleh Baidu, perusahaan teknologi pencarian terkemuka di China. Sama seperti layanan lain, e-wallet ini juga membantu dalam bidang pembayaran, transfer uang, pembelian tiket, serta beberapa fitur finansial lainnya.

Baidu Wallet, atau dalam bahasa Mandarin dikenal sebagai "Bǎidù Qiánbāo" (百度钱包), telah menyediakan solusi pembayaran yang luas untuk memenuhi kebutuhan konsumen di China dan selain digunakan untuk pembelian barang dan jasa, Baidu Wallet juga memungkinkan pengguna untuk membayar tagihan utilitas seperti listrik, air, dan telepon. Ini memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Meskipun fokus pada pasar domestik, ada upaya untuk memperluas akses global Baidu Wallet agar memberikan kemudahan bagi pengguna asing yang mengunjungi China untuk menggunakan layanannya.

5. UnionPay (云闪付 - Yún Shǎn Fù)

UnionPay - Logo

UnionPay, yang awalnya dikenal sebagai penyedia layanan kartu kredit, juga telah merambah ke dunia e-wallet dengan UnionPay QuickPass. E-wallet ini menyediakan pembayaran digital dan dapat digunakan di berbagai tempat, termasuk di luar China.

UnionPay, dikenal dalam bahasa Mandarin sebagai "Yún Shǎn Fù" (云闪付), awalnya dikenal sebagai penyedia layanan kartu kredit dan debit, tetapi kemudian merambah ke dunia pembayaran digital dengan platform UnionPay QuickPass.

Selain digunakan untuk pembelian barang dan jasa, UnionPay QuickPass juga mendukung pembayaran tagihan utilitas dan layanan keuangan tambahan seperti transfer uang dan pembelian tiket.

6. Meituan-Dianping (美团点评 - Měituán Diǎnpíng)

Meituan Dianping - Logo

Meituan-Dianping, yang awalnya dikenal sebagai platform reservasi makanan dan layanan on-demand, juga memiliki e-wallet yang memungkinkan pengguna membayar layanan dan produk melalui aplikasi mereka.

Meituan-Dianping, dikenal dalam bahasa Mandarin sebagai "Měituán Diǎnpíng" (美团点评), meski bukan pemain utama di ranah pembayaran digital, telah meningkatkan fungsionalitas e-walletnya untuk bersaing dengan pemain besar lainnya.

Dimulai sebagai dua platform terpisah, Meituan (fokus pada reservasi makanan dan layanan on-demand) dan Dianping (fokus pada ulasan dan rekomendasi pengguna) bergabung pada tahun 2015 untuk menciptakan ekosistem yang menyeluruh bagi kebutuhan sehari-hari pengguna.

Kini pengguna layanan ini dapat menghubungkan metode pembayaran mereka, melakukan pembayaran untuk pesanan makanan atau layanan on-demand, dan menyimpan metode pembayaran untuk kemudahan transaksi di masa mendatang.

7. Apple Pay & Samsung Pay

Apple Pay & Samsung Pay - Logo

Meskipun bukan layanan asli China, Apple Pay dan Samsung Pay juga diterima di sejumlah tempat di China, memungkinkan pengguna perangkat Apple dan Samsung untuk melakukan pembayaran digital.

Diluncurkan pada tahun 2014, Apple Pay dirancang untuk memberikan pengalaman pembayaran yang aman, mudah, dan efisien melalui perangkat Apple sehingga pengguna dapat menyimpan kartu kredit atau debit mereka di aplikasi Wallet dan melakukan pembayaran dengan cepat menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication).

Di sisi lain, Samsung Pay adalah layanan pembayaran digital yang dikembangkan oleh Samsung Electronics. Diluncurkan pada tahun 2015, Samsung Pay menawarkan keunggulan dengan kemampuan untuk melakukan pembayaran menggunakan teknologi NFC dan MST (Magnetic Secure Transmission) sehingga pengguna Samsung Pay kini dapat melakukan pembayaran secara online melalui fitur "Samsung Pay on the Web,".

Cara Kirim Uang ke China via Alipay, UnionPay & WeChat Pay Pakai Topremit

Topremit - Send Money Abroad

Nah, kalau kamu ada keperluan untuk kirim uang ke China, kamu bisa banget pakai Topremit, lho. Soalnya dengan Topremit, ada layanan kirim uang via Alipay, WeChat Pay & UnionPay yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan kamu!

Prosesnya juga simpel banget dan dapat dilakukan melalui handphone doang. Dengan biaya flat IDR 100K dan waktu pengiriman 20 menit, uang kamu dijamin sampai dengan 100% aman ke rekening penerima kamu.

Yuk, download Topremit sekarang buat nikmati mudah, murah, dan cepatnya kirim uang ke China!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.