Punya Rencana Investasi Reksa dana? Kenali Dulu Jenis - Jenisnya Berikut Ini!

Tips Investasi May 15, 2023

Investasi menjadi salah satu cara mempersiapkan masa depan yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Dalam investasi, ada banyak sekali instrumen yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya reksa dana.

Umumnya masyarakat memilih reksa dana karena dianggap lebih aman dan cocok dipilih, khususnya buat kamu yang masih pemula di dunia investasi. Buat kamu yang tertarik memilih reksa dana untuk berinvestasi, yuk langsung simak penjelasan apa itu reksa dana dan jenis-jenis reksa dana berikut ini.

Apa Itu Reksa dana?

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang menjadi wadah untuk menghimpun dana dari investor yang kemudian diinvestasikan dalam gabungan efek yang membentuk portofolio efek. Nantinya, reksa dana akan diatur oleh pihak profesional yang ahli di bidangnya untuk membantu kamu berinvestasi, sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan dari hasil investasi.

Setelah cari tahu apa itu reksa dana, sekarang saatnya kamu cari tahu apa saja jenis-jenis reksa dana yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi. Daripada penasaran, yuk, langsung simak jenis-jenis reksa dana berikut ini.

Jenis - Jenis Reksa dana Yang Bisa Jadi Pilihan Investasi

1. Reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang merupakan jenis reksa dana yang cocok buat kamu yang memiliki tujuan keuangan dengan jangka waktu pendek atau kurang dari 1 tahun. Reksa dana ini  memiliki risiko paling rendah namun hasilnya juga relatif lebih kecil dibanding jenis reksa dana lainnya.

2. Reksa dana pendapatan tetap

Buat kamu yang memiliki target pemenuhan tujuan keuangan dengan jangka waktu 1 sampai 3 tahun, reksa dana pendapatan tetap bisa kamu pilih. Reksa dana ini sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek yang memberikan pendapatan tetap seperti surat utang atau obligasi.

3. Reksa dana campuran

Jika kamu termasuk kategori investor dengan profil moderat, tak ada salahnya memilih reksa dana campuran untuk berinvestasi. Reksa dana campuran memiliki kebijakan investasi maksimal 79% pada instrumen pasar uang, obligasi, dan saham. Dengan begitu, jenis reksa dana ini sangat pas untuk kamu yang memiliki pemenuhan tujuan keuangan dengan jangka waktu antara 3-5 tahun.

4. Reksa dana saham

Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki target pemenuhan tujuan keuangan dengan jangka waktu di atas 5 tahun. Reksa dana ini memiliki kebijakan investasi minimal 80% pada instrumen 1 saham. Jangan salah, reksadana ini memiliki potensi keuntungan yang paling tinggi. Namun, kamu perlu cermat karena reksa dana ini juga memiliki risiko paling tinggi dibanding reksa dana lainnya.

5. Reksa dana syariah

Seperti namanya, reksa dana syariah menerapkan prinsip syariah sesuai dengan peraturan agama Islam dalam pengelolaannya. Reksa dana ini juga bisa disebut sebagai reksa dana versi syariah dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

6. Exchange traded fund (ETF)

Exchange traded fund merupakan reksa dana yang diinvestasikan di instrumen saham dan akan dikelola oleh manajer investasi yang ahli di bidangnya. Exchange traded fund diperjualbelikan oleh broker saham dan memiliki harga yang bersifat real time seperti pasar saham pada umumnya.

7. Reksa dana terproteksi

Buat kamu yang sering khawatir soal turunnya nilai investasi, kamu bisa memilih reksa dana terproteksi yang relatif aman. Namun yang perlu kamu ketahui, reksa dana terproteksi memiliki tanggal jatuh tempo yang membuat nilai modal investasimu menjadi tetap.

Itu dia sederet jenis reksa dana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Tak hanya reksa dana, kamu juga nyatanya bisa berinvestasi menggunakan Topremit. Karena, kamu bisa hemat lebih banyak dengan biaya transfer flat dan kurs yang relatif rendah jika ingin mengirimkan uang ke luar negeri melalui Topremit. Selain itu, kamu juga menghemat waktu karena pengiriman menggunakan Topremit hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang ditransfer sampai ke rekening penerima.

Tunggu apa lagi, selalu percayakan Topremit untuk transfer uang antar negara yang dijamin aman dan nyaman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.