Taobao & Alibaba: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Lengkap Berbelanja

Taobao Sep 22, 2023

Taobao adalah platform e-commerce terbesar di Tiongkok yang dikenal dengan berbagai macam produk yang ditawarkannya. Dibangun oleh Alibaba Group pada tahun 2003, Taobao awalnya dimulai sebagai pasar online untuk produk-produk China, tetapi sekarang juga menyediakan akses ke produk dari seluruh dunia.

Mayoritas pengguna aplikasi ini berusia antara 20 hingga 25 tahun dan mereka memanfaatkan aplikasi ini untuk berbagai tujuan, termasuk menonton live streaming, mencari informasi produk yang lengkap mulai dari spesifikasi hingga ulasan pembeli, serta untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi Taobao adalah penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi setiap konsumen. Sistem AI ini bekerja dengan mengamati riwayat pencarian dan riwayat produk favorit untuk menghadirkan pilihan yang paling relevan kepada setiap pengguna.

Penggunaan AI ini tidak hanya membuat pengguna merasa nyaman dalam menjelajahi berbagai produk dalam aplikasi Taobao, tetapi juga membantu mereka menyaring konten yang mungkin tidak sesuai dengan minat mereka.

Keunggulan Aplikasi Taobao

Taobao

1. Variasi Barang Luas

Taobao menawarkan berbagai macam produk dari berbagai penjual dengan lebih dari 760 miliar produk yang tersedia, termasuk pakaian, barang elektronik, olahraga, dan perlengkapan rumah tangga.

2. Pembayaran Antar Negara Mudah

Taobao menyederhanakan pembayaran antar negara dengan opsi seperti Alipay dan kartu kredit khusus Union Pay.

3. Sistem Pembelian yang Mudah

Pendaftaran gratis, tanpa biaya member, tanpa minimum order, dan komunikasi dengan penjual terpantau oleh sistem untuk mengurangi risiko penipuan.

Namun karena pembelian di Taobao ini khusus untuk pengguna yang tinggal di China, Alibaba Group yang merupakan pemilik layanan e-commerce ini memutuskan untuk membuat layanan yang dapat melayani konsumen dari seluruh dunia, yakni Alibaba.

Alibaba: Taobao yang lebih Go-International

Pembayaran ke Alibaba

Alibaba merupakan salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di dunia. Sebab ia dikenal sebagai pasar jual beli online kenamaan Asia yang memungkinkan penggunanya membeli berbagai macam produk dari China dengan harga yang sangat kompetitif. Jika tertarik belanja di sini, salah satu hal penting yang harus kamu pastikan adalah cara pembayaran yang tepat agar uang sampai ke penjual dan barang yang kamu beli dapat segera dikirimkan.

Keunggulan Alibaba

Alibaba adalah sebuah perusahaan dengan skala global yang luas, memungkinkan bisnis dari berbagai negara untuk menjual produk mereka ke pasar internasional. Tidak hanya fokus pada konsumen akhir, Alibaba juga menyediakan platform untuk perdagangan grosir bisnis ke bisnis (B2B) melalui Alibaba.com, memungkinkan importir ataupun eksportir untuk menjalin hubungan dengan mitra bisnis dari seluruh dunia.

Selain itu, Alibaba juga memiliki Alibaba Cloud, yang merupakan salah satu penyedia layanan cloud terbesar di dunia. Alibaba Cloud membantu berbagai jenis bisnis dalam mengelola infrastruktur teknologi mereka, meningkatkan skalabilitas, dan mendukung operasi bisnis mereka secara efisien.

Alibaba juga terkenal karena inovasi teknologinya. Mereka terus berinovasi dalam berbagai aspek, termasuk pembayaran digital dengan platform seperti Alipay, yang telah mengubah cara orang melakukan transaksi keuangan secara online. Dengan terus berinvestasi dalam teknologi, Alibaba terus menjadi pemimpin dalam dunia e-commerce dan teknologi di tingkat global.

Cara Lengkap Berbelanja di Alibaba

Belanja di Alibaba

A. Buat Akun Alibaba

Untuk membuat akun Alibaba, langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, kunjungi alibaba.com dan temukan tombol "Join Free" yang terletak di bagian atas halaman utama. Setelah mengekliknya, kamu akan diminta untuk mengisi informasi pribadi dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku dengan klik "Agree and Register."

Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang diberikan dan klik "Submit." Dengan langkah-langkah ini, akun Alibaba kamu akan siap digunakan. Manfaatkan akun kamu untuk menjelajahi berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh platform ini.

B. Pilih Produk yang Diinginkan

Kamu dapat mencari produk dengan beberapa cara:

  • Gunakan "Categories" untuk menemukan kategori produk.
  • Jelajahi "My Market" di halaman depan Alibaba.
  • Gunakan kotak pencarian dengan mengetikkan nama produk atau mengunggah gambar referensi.

C. Membuat Kesepakatan dengan Supplier

Setelah menemukan produk yang diinginkan:

  1. Hubungi supplier melalui pesan di bawah produk.
  2. Tanyakan tentang harga dan pengiriman.
  3. Lakukan negosiasi dan kesepakatan.
  4. Kamu bisa melakukan pembayaran di luar platform Alibaba untuk menghemat biaya.

D. Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan kesepakatan dengan penjual untuk melakukan pembayaran di luar platform Alibaba, kamu dapat mengirimkan uang secara langsung ke rekening supplier yang berada di China. Ini tidak hanya membantu kamu lebih hemat, tapi juga membuat transaksi kamu jadi jauh lebih cepat karena tidak harus menunggu 3-7 hari yang diperlukan jika melakukan pembayaran lewat wire transfer di platform Alibaba. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi topremit.com atau unduh aplikasi Topremit.
  2. Daftar dan verifikasi akun kamu.
  3. Transfer uang ke supplier dengan Topremit.
  4. Pastikan data yang dimasukkan benar.
  5. Biaya transfer hanya IDR 100K dan proses cepat.

Dengan memahami pengertian, keunggulan, dan panduan berbelanja di Alibaba, kamu akan siap untuk menjelajahi dan memanfaatkan dua platform e-commerce terkemuka ini. Belanja online bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menguntungkan jika kamu tahu cara yang tepat. Selamat berbelanja!

Dapatkan Voucher Diskon 50% Khusus Untuk Pembayaran Alibaba

Topremit

Yuk jangan lewatin kesempatan istimewa ini! Download aplikasi Topremit sekarang dan pastikan kamu mendaftar dengan menggunakan kode referral "ALIBABA2024" saat melakukan pendaftaran. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan voucher diskon biaya transfer sebesar 50% untuk pembayaran ke Alibaba menggunakan Topremit. Jadi lebih cuan banget kan!

Nah, kalau kamu kebetulan belum ada keperluan untuk melakukan pembayaran ke Alibaba sekarang, kamu tetap bisa daftar dulu lho buat dapetin vouchernya. Jadi bisa langsung digunakan ketika nanti kamu membutuhkannya. Promo ini berlaku hingga tanggal 31 Desember 2024. Jadi, jangan sampai kelewatan!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.