5 Alat Transportasi di Beijing, Murah dan Nyaman untuk Berkeliling!

China Mar 1, 2024

Beijing, ibu kota China, merupakan salah satu kota terbesar dan paling maju di dunia. Infrastruktur transportasinya juga menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan, dengan hampir semua layanan transportasi umum telah terintegrasi dengan teknologi.

Keberadaan sistem transportasi yang canggih ini tentunya bakal sangat memudahkan wisatawan, dan juga mahasiswa internasional yang datang dari luar negeri agar bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan di sekitar mereka sambil menjelajahi keindahan kota.

Nah, pas banget buat kamu yang mungkin ada rencana liburan atau melanjutkan studi ke Beijing, artikel ini bisa menjadi acuan yang kamu pakai saat memilih opsi transportasi yang ingin kamu gunakan saat mengeksplorasi Beijing nantinya. Simak sampai habis ya!

Transportasi untuk Keliling Beijing, China

Ada 5 pilihan transportasi untuk keliling Beijing yang bisa kamu gunakan. Kelima opsi transportasi tersebut yaitu:

1. Bus

Informasi dan Kelebihan

Bus merupakan pilihan transportasi umum yang paling mudah kamu jumpai di Beijing untuk menjelajahi kota. Layanan mereka juga environmental friendly banget, karena hampir seluruh armada bus di kota ini udah menggunakan tenaga listrik guna mengurangi polusi udara.

Nah, ada dua jenis bus yang tersedia, yaitu bus tingkat dan bus biasa, yang semuanya sangat nyaman dan dilengkapi dengan AC. Setiap bus juga memiliki papan informasi digital yang menampilkan informasi tentang pemberhentian dan perkiraan waktu kedatangan, baik dalam bahasa Mandarin maupun bahasa Inggris. Saat ini, terdapat hampir 30.000 armada bus yang beroperasi di Beijing dengan layanan 24 jam.

Rute

Saat ini ada sekitar 876 rute bus Beijing. Seluruh rute ini mengitari semua wilayah yang ada di Beijing. Kamu bisa naik bus untuk bepergian di dalam kota maupun ke pinggiran kota Beijing.

Tarif

Untuk 10 km pertama kamu akan dipatok biaya RMB 2, dan untuk tiap 5 km berikutnya akan ada tambahan RMB 1. Cara pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu perjalanan atau Yikatong.

2. Subway

Informasi dan Kelebihan

Subway Beijing adalah sistem kereta bawah tanah yang beroperasi hampir sepanjang hari, 24 jam penuh. Sistem kereta ini juga dilengkapi dengan jaringan kereta cepat yang memiliki frekuensi kedatangan sangat tinggi, mencapai hampir setiap 3-5 menit. Jaringan rel ini memiliki panjang total 783 km, yang mencakup lintasan dalam kota serta mencapai pinggiran kota. Jika kamu membutuhkan transportasi yang cepat dan efisien di Beijing, naik kereta bawah tanah ini adalah pilihan yang sangat direkomendasikan.

Rute

Ada 25 jalur kereta dengan 463 stasiun, yang terbagi menjadi 3 yaitu 20 jalur untuk transit, 2 jalur ke bandara, 2 jalur kereta ringan, dan 1 jalur kereta maglev. Rutenya melewati 12 distrik yang ada di Beijing.

Tarif

Untuk 6 km pertama tarifnya RMB 3 sedangkan 6 km selanjutnya RMB 1. Kamu hanya bisa melakukan pembayaran dengan kartu perjalanan atau Yikatong.

3. Taksi

Informasi dan Kelebihan

Jika kamu menginginkan kenyamanan ekstra, maka taksi adalah pilihan transportasi yang tepat ketika berada di Beijing. Kamu dapat diantar ke tujuan tanpa harus berdesakan dengan penumpang lain. Namun, perlu diingat bahwa tarif taksi di kota ini cukup tinggi. Untuk menemukan taksi, kamu cukup melambaikan tangan atau mendekati pangkalan taksi yang tersedia.

Tarif

Tergantung jaraknya, untuk jarak dekat mungkin hanya sekitar RMB 20 hingga RMB 50. Namun pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu perkiraan tarifnya, sebelum menaiki taksi.

4. Angkong

Informasi dan Kelebihan

Salah satu alat transportasi tradisional yang masih sering ditemui di Beijing adalah angkong, sebuah becak khas yang sangat mirip dengan becak di Indonesia. Ada dua jenis angkong di kota Beijing: yang menggunakan tenaga bensin dan yang menggunakan tenaga listrik. Saat ini, angkong listrik lebih mudah ditemukan.

Meskipun demikian, tidak semua wilayah memiliki angkong dan biasanya hanya tersedia di tempat-tempat wisata tertentu dan di pedesaan. Sehingga kamu hanya dapat menggunakan angkong untuk mencapai beberapa tujuan tertentu di kota Beijing.

Tarif

Sekali naik angkong kamu bisa dikenai tarif lebih dari 50 RMB. Tarifnya memang jauh lebih mahal dari taksi. Tanyakan tarifnya terlebih dahulu sebelum naik angkong karena kamu bisa melakukan negosiasi dengan pengemudinya.

5. Sewa Sepeda

Informasi dan Kelebihan

Sewa sepeda merupakan pilihan ideal untuk menjelajahi kota Beijing, yang dikenal sebagai kota yang ramah terhadap pengguna sepeda. Penyewaan sepeda untuk wisatawan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di kota ini. Bahkan, terdapat jalur khusus yang ditetapkan untuk pengguna sepeda, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara sepeda saat menjelajahi kota.

Tarif

RMB 10 hingga RMB 20 per jam. Kamu bisa membayar sewa dengan kartu e-money atau kartu lainnya, karena hampir semua penyewaan di sini tidak menerima pembayaran secara tunai.

Kartu Perjalanan Selama di Beijing

Untuk naik bus, kereta maupun transportasi lainnya kamu membutuhkan kartu perjalanan. Kartu perjalanan di Beijing disebut juga dengan Yikatong. Cukup dengan 1 Yikatong kamu sudah bisa melakukan pembayaran untuk naik bus dan kereta.

Untuk mendapatkan kartu ini kamu bisa membelinya di loket tiket bus maupun subway dan deposit dana sesuai dengan kebutuhan. Tenang aja, jika habis kamu bisa langsung mengisinya kembali dengan cara top-up saldo di tempat pengisian yang selalu tersedia di loket tiket stasiun atau terminal.

Kartu perjalanan ini sangat penting, kamu yang berencana lama tinggal di Beijing wajib memilikinya. Apalagi jika kamu ingin menjelajah dengan transportasi umum, maka kartu ini wajib banget dimiliki.

Kemudahan transportasi di Beijing ini tentu membuat kamu menjadi lebih nyaman, bukan? Kamu bisa dengan leluasa menggunakan transportasi umum untuk eksplor Beijing. Tarifnya juga tergolong murah.

Alternatif Kirim Uang ke China Terbaik

Nah, kalau nantinya selama liburan atau kuliah di China kamu tiba-tiba butuh dana tambahan untuk pelunasan biaya akomodasi, beli oleh-oleh atau ingin melakukan pembayaran pembelian barang ataupun jasa lainnya, tenang aja karena ada Topremit yang bisa membantu segala kebutuhan kirim uang ke luar negeri kamu!

Dengan Topremit, kirim uang ke China terjangkau banget mulai dari IDR 100K doang dan waktu pengirimannya juga cepat, hanya dalam 2o menit aja uang udah bisa langsung di rekening penerima lho. Tunggu apalagi? Cobain Topremit sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.