Berencana Liburan ke Korea Selatan? Simak Tips Berikut Sebelum Tukar Rupiah ke Won!

Tukar Rupiah ke Won Apr 1, 2024

Korea Selatan, terutama Seoul, selalu menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan. Dikenal sebagai Negeri Ginseng, Korea Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari alam yang indah, pengalaman budaya yang kaya, hingga kuliner yang lezat. Selain itu, perjalanan ke Korea seringkali lebih hemat biaya dibandingkan destinasi wisata yang ada di Eropa.

Jika kamu mempertimbangkan perjalanan ke Korea, persiapan yang penting adalah memastikan kamu memiliki cukup Won Korea untuk bertransaksi selama masa kamu menetap di sana. Jadi, bagaimana cara menukar Rupiah ke Won dengan aman? Berikut beberapa tipsnya!

Ketahui Nilai Tukar Terbaru

Sebelum menukar Rupiah ke Won, penting untuk mencari tahu nilai tukar terbaru. Nilai tukar mengacu pada nilai satu mata uang terhadap mata uang lainnya. Secara umum, negara menggunakan tiga jenis sistem nilai tukar: tetap, mengambang, dan mengambang terkendali. Saat menukar Rupiah ke Won, kamu biasanya akan dikenakan kurs jual.

Menurut situs resmi Bank Indonesia, nilai kurs jual untuk Rupiah ke Won per 17 April 2024 adalah 11,67 Won Korea per 1 Rupiah. Namun, kurs untuk Won Korea Utara tidak tersedia secara publik karena kontrol ketat pemerintah.

Selain dari situs resmi Bank Indonesia, kamu juga dapat memeriksa nilai tukar Won terbaru melalui pencarian Google atau situs konverter mata uang seperti halaman pengiriman uang ke Korea Selatan milik Topremit.

Tukar di Bank vs. Money Changer

Baik bank maupun money changer menawarkan opsi yang nyaman untuk menukar mata uang. Bank biasanya memberikan nilai tukar real-time dan menawarkan layanan melalui aplikasi mobile, seperti eBrach dari BCA atau Jenius dari Bank BTPN, yang mengurangi kebutuhan untuk antre lama. Di sisi lain, money changer juga mudah ditemukan, tetapi penting untuk memastikan kelegalan mereka untuk menghindari potensi penipuan.

Tukar di Indonesia vs. Korea Selatan

Umumnya, lebih ekonomis untuk menukar Rupiah ke Won di Indonesia. Bank di Indonesia biasanya menawarkan nilai tukar yang lebih baik dibandingkan dengan bank di Korea Selatan karena mereka lebih ingin memiliki stok uang Rupiah yang banyak untuk disirkulasikan kembali ke masyarakat. Selain itu, menukar mata uang di Indonesia sebelum perjalanan dapat membuat kamu merasa lebih tenang, karena sudah memiliki mata uang lokal saat tiba di Korea Selatan dan ga harus repot-repot cari tempat tukar uang terlebih dahulu.

Oiya, jangan lupa untuk menghindari menukar mata uang di bandara, karena biasanya tarifnya lebih tinggi dibandingkan dengan bank atau money changer yang terletak di luar bandara. Selain itu, hindari menukar uang dengan orang asing di Korea Selatan untuk menghindari potensi penipuan dan risiko keamanan.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memastikan pengalaman pertukaran mata uang yang lancar dan aman saat menukar Rupiah ke Won untuk perjalanan ke Korea Selatan.

Alternatif Tukar Uang Lebih Mudah, Murah & Cepat

Nah, misalnya kamu mau cara yang lebih anti-ribet dan bisa buat pembayaran langsung dari rekening bank di Indonesia daripada harus tukar-tukar uang dulu, buruan cobain Topremit!

Dengan Topremit, kirim uang dari Indonesia ke Korea Selatan bisa sampai langsung ke rekening penerima dalam 15 menit dan biayanya cuma IDR 75,000!

Oiya, biaya ini juga flat ya, yang berarti kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan meskipun mengirim dalam jumlah yang besar. Jadi kamu dipastikan bisa lebih hemat dibandingkan kalau kirim uang lewat bank atau money changer yang mengenakan biaya progresif.

Jadi tunggu apalagi? Yuk cobain Topremit sekarang dan nikmati kirim uang ke Korea Selatan dengan lebih mudah, murah & cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.