7 Universitas Terbaik di Jepang 2024

Kuliah di Jepang Jan 10, 2024

Jepang dikenal dengan sistem pendidikan dan teknologi berkualitas tinggi. Inilah yang menyebabkan Negeri Matahari Terbit ini kerap jadi salah satu tujuan bagi mahasiswa internasional dari berbagai negara sebagai pilihan untuk melanjutkan studinya, salah satunya mahasiswa Indonesia. Nah untuk kamu yang berniat kuliah di Jepang, berikut deretan 7 universitas terbaik di Jepang tahun 2024. Check it out!

The University of Tokyo

The University of Tokyo

The University of Tokyo, dalam bahasa Jepang disebut Tōkyō Daigaku (東京大学) adalah universitas paling bergengsi di Jepang yang didirikan pada 1877 dan merupakan salah satu anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Berdasarkan QS World University Rankings 2024, The University of Tokyo berada di peringkat 28 dunia makanya tak heran jika universitas ini menjadi incaran bagi pelajar Jepang maupun internasional karena dapat menghasilkan alumni-alumni berpengaruh, seperti perdana menteri hingga penerima anugerah nobel.

Terletak di Bunkyo City, Tokyo, universitas ini memiliki lima kampus yaitu Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. The University of Tokyo terdiri atas 10 fakultas dengan berbagai program S1 maupun S2, dengan fakultas terpopulernya adalah Fakultas Hukum dan Sastra. Tak hanya dua fakultas saja, The University of Tokyo juga menyediakan Fakultas Farmasi, Pertanian, Seni dan Sains, Teknik, Pendidikan, Ekonomi, serta Kedokteran.

Kyoto University

Kyoto University

Kyoto University merupakan universitas tertua di Jepang yang didirikan pada 1897, terletak di Kyoto, dan termasuk salah satu anggota Tujuh Universitas Nasional. Dalam bahasa Jepang, universitas ini disebut sebagai Kyōto Daigaku (京都大学) atau disingkat sebagai Kyōdai. QS World University Rankings 2024 menempatkan Kyoto University di peringkat 46 dunia dengan skor 76.3, satu peringkat di bawah The London School of Economics and Political Science (LSE).

Kyoto University punya 10 fakultas, 18 sekolah pascasarjana, 13 lembaga penelitian, dan 22 pusat penelitian dan pendidikan makanya tak heran jika alumni yang dihasilkan juga berkualitas. Beberapa fakultas yang bisa kamu pilih di antaranya adalah Fakultas Hukum, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Farmasi, dan lainnya.

Osaka University

Osaka University

Universitas selanjutnya masih anggota Tujuh Universitas Nasional, yaitu Osaka University (大阪大学, Ōsaka Daigaku) yang berdiri pada 1931. Dilansir dari QS World University 2024, Osaka University berada di peringkat 80 serta termasuk salah satu universitas paling prestisius di Jepang bersama Tokyo University dan Kyoto University. Universitas ini tersebar di Toyonaka, Suita, dan Minoh di prefektur Osaka.

Osaka University memiliki Fakultas Sastra, Studi Asing, Ilmu Pengetahuan Manusia, Ekonomi, Sains dan Hukum. Selain itu mereka juga menyediakan dua program S1 dan lima program S2 yang diajar dalam bahasa Inggris serta berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology (東京工業大学, Tōkyō Kōgyō Daigaku) berdiri pada 1881 di Meguro, Tokyo. Dikenal juga sebagai Tokyo Tech, kampus ini berfokus pada pengembangan serta penelitian-penelitian tentang teknologi yang didukung oleh 40 departemen di dalamnya. Tokyo Tech menempati peringkat 91 dunia versi QS World University Ranking tahun 2024 bersama dengan University of Zurich, Swiss.

Universitas ini dibagi atas tiga kampus, yaitu Tamachi, Ookayama, dan Suzukakedai. Beberapa studi yang tersedia adalah School of Science, School of Computing, School of Engineering, School of Life Science and Technology, serta School of Environment and Society.

Tohoku University

Tohoku University

Tohoku University (東北大学, Tōhoku Daigaku) berada di peringkat 113 dunia versi QS World University Ranking tahun 2024. Berada di Kota Sendai dan dibuka pada 1907, Tohoku University adalah universitas pertama di Jepang yang menerima 3 mahasiswi perempuan pada 1913. Universitas ini menawarkan program S1 dan S2 untuk semua jurusan dengan beberapa program yang berbahasa Inggris. Fakultas-fakultas yang ada di Tohoku University di antaranya adalah Fakultas Kedokteran, Sains dan Teknik yang dibagi menjadi jurusan-jurusan lain di bawahnya.

Kyushu University

Kyushu University

Berdiri pada 1867, Kyushu University juga dikenal sebagai Kyudai yang merupakan singkatan dari  Kyūshū Daigaku (九州大学) dan terletak di Fukuoka. Mereka berfokus melakukan penelitian-penelitian yang berpengaruh sehingga menyebabkan mereka kini dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Jepang. Bahkan berdasarkan QS World University Ranking 2024, Kyushu University berada pada peringkat 164 dunia.

Jurusan-jurusan yang disediakan di Kyushu University di antaranya adalah Arts and Humanities, Business and Economics, Law, Social Sciences, Clinical, Engineering and Technology, Pre-clinical and Health, Life Sciences, Psychology, Physical Sciences, Education dan Computer Science.

Nagoya University

Nagoya University

Dilihat dari namanya, kamu pasti udah tau nih Nagoya University berlokasi di Nagoya. Didirikan pada 1871, awalnya universitas ini adalah sekolah medis hingga akhirnya berubah nama menjadi Nagoya University pada 1947. Nagoya University banyak menerima mahasiswa-mahasiswa internasional dari China, Korea, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Dari QS World University Rankings 2024. Nagoya University berada pada peringkat 176 dunia. Di sini tersedia berbagai pilihan program studi di antaranya adalah Teknik Mesin, Kimia, Biologi, Fisika, Ilmu Komputer, Hukum, dan Ekonomi. Kamu juga tak perlu khawatir soal biaya karena Nagoya University memberikan beasiswa-beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa internasional.

Alternatif Pembayaran Kuliah di Jepang

Sebelum berkuliah di Jepang, kamu perlu menyiapkan hal-hal penting seperti dokumen dan biaya. Untuk kamu yang mau bayar kuliah di luar negeri misalnya di Jepang, gak perlu takut ribet dan mahal karena Topremit hadir khusus buat kamu!

Dengan aplikasi Topremit, kamu bisa kirim uang ke Jepang kapan aja dan di mana aja lewat smartphone. Udah gitu biaya transfernya flat lho, berapapun jumlah uang yang kamu kirim biaya transfernya akan tetap sama yaitu IDR 170K. Selain itu, di Topremit juga gak ada biaya tersembunyi, jadi uang kamu akan diterima secara full amount dalam satu hari kerja bank. Keren banget gak sih?

Nah kalo kamu mau bayar biaya kuliah di Jepang, jangan lupa pakai Topremit ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.