Ingin Mengajukan Visa Pelajar ke Jepang? Berikut Caranya!

jepang Feb 11, 2023

Visa merupakan dokumen penting yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke luar negeri, baik untuk tujuan liburan, bekerja, maupun kuliah. Masing-masing tujuan tersebut memiliki persyaratan visa yang berbeda-beda, namun kali ini kita akan membahas khususnya visa untuk pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan ke mancanegara.

Untuk membuat visa pelajar, kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen seperti identitas diri hingga beberapa dokumen pribadi lainnya seperti akte kelahiran,bukti kemahasiswaan dan pas foto ukuran paspor. Setiap negara juga punya ketentuan yang berbeda untuk memproses visa pelajar. Nah, buat kamu yang berencana mengajukan visa pelajar ke Jepang, kamu perlu cari tahu dulu apa saja persyaratannya.

Untuk mengetahuinya, yuk langsung simak cara mengajukan visa pelajar ke Jepang berikut ini. Catat informasi pentingnya, ya!

Cara Mengajukan Visa Pelajar Untuk Berkuliah Di Jepang

1. Tentukan Jenis Visa Yang Dibutuhkan

Saat akan mengajukan visa, kamu perlu menentukan jenis visa yang sesuai dengan waktu studi yang kamu butuhkan selama berkuliah di Jepang. Jika kamu membutuhkan waktu studi yang relatif pendek, kamu bisa mengajukan visa jangka pendek hingga 90 hari.

Nah, untuk kamu yang membutuhkan waktu studi yang lebih panjang, atau lebih dari 90 hari tetapi kurang dari 20 minggu, kamu bisa melakukan “visa run” dengan melakukan perjalanan ke negara terdekat setelah masa tinggal 90 hari habis lalu kembali lagi ke Jepang.

Buat kamu yang berencana berkuliah dengan masa studi 20 minggu hingga 2 tahun, kamu perlu mengajukan permohonan visa pelajar. Namun, kamu perlu mengikuti prosedur yang berlaku untuk pengajuan visa pelajar. Salah satunya, calon siswa harus berusia 18 tahun atau lebih, dan telah menyelesaikan SMA untuk mendapatkan visa pelajar ke Jepang.

2. Melakukan Pendaftaran Kuliah di Jepang

Mendaftar kuliah di Jepang merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan saat akan mengajukan visa pelajar ke Jepang. Kamu perlu menyediakan waktu khusus agar waktu pengajuan visa dan proses penerimaan mahasiswa tidak berbenturan. Sebaiknya, kamu melakukan pendaftaran kuliah di Jepang lebih awal agar kamu tidak terburu-buru menyelesaikan semua dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan visa.

3. Isi Dokumen Aplikasi Visa Pelajar ke Jepang

Mengisi dokumen aplikasi visa pelajar juga penting untuk kamu perhatikan agar proses pengajuan visa berjalan dengan lancar. Kamu perlu mengisi semua data sesuai dengan dokumen asli yang kamu miliki agar tidak terjadi misinformasi yang akan menyebabkan terhambatnya proses pengajuan visa. Setelah selesai mengisi dokumen aplikasi visa pelajar, kamu perlu mengirimkannya ke universitas tempat kamu mendaftar untuk mendapatkan Certificate of Eligibility.

4. Pastikan Kamu Sudah Memiliki Certificate of Enrollment

Dalam kurun waktu sekitar satu bulan sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, kamu akan menerima Certificate of Enrollment (CoE) dari universitas tujuan. Certificate of Enrollment ini akan dikeluarkan setelah kamu membayar biaya semester pertama.

5. Lakukan Pendaftaran di Kedubes Jepang di Negara Asal

Melakukan pendaftaran di Kedubes Jepang di negara asal juga nggak kalah penting untuk kamu lakukan agar proses studi kamu ke Jepang tidak terhambat. Kamu perlu mengirimkan CoE, paspor, foto paspor, formulir aplikasi visa, dan data tentang universitas tempat kamu mendaftar sebagai penjamin atau referensi di Jepang. Dengan begitu, proses pengajuan visa pelajar akan jadi lebih mudah dan kamu tidak perlu khawatir terganggunya perkuliahan selama di Jepang.

Itu dia cara mengajukan visa pelajar ke Jepang yang bisa kamu jadikan sebagai panduan untuk memudahkan kamu berkuliah nantinya. Nah, buat kamu yang masih bingung untuk urusan biaya kuliah selama di Jepang, kamu nggak perlu khawatir lagi.

Dengan Topremit, kamu bisa langsung terima bantuan kebutuhan finansial dari keluargamu di Indonesia. Cukup dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang di transfer ke rekening tujuan dapat langsung kamu gunakan, loh! Mudah dan praktis, kan?

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.