Dari Sejarah ke Belanja, Ini 10 Tempat Wisata China Paling Mempesona

China Sep 11, 2023

China merupakan negara mengagumkan dengan kekayaan budaya dan keindahan alam luar biasa. Dari pemandangan alam yang menakjubkan, peninggalan sejarah yang megah, hingga kehidupan metropolitan yang mengesankan, China menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan. Berikut 7 destinasi wisata China yang wajib kamu kunjungi.

Great Wall

Great Wall

Saat berwisata ke China, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Great Wall atau Tembok Raksasa. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini berupa benteng luas dengan tembok sejajar yang membentang sepanjang 21.196 km melintasi China Utara dan Mongolia Selatan. Kamu bisa mengakses situs ini dengan mudah dari Beijing atau memanfaatkan jasa tour guide yang tersedia.

Great Wall menawarkan pemandangan alam China yang menakjubkan karena berada di puncak bukit jadi tak heran jika destinasi wisata satu ini dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai negara setiap tahun. Kamu juga bisa menikmati keindahan Great Wall dari ketinggian karena tersedia kereta gantung yang bisa dinaiki wisatawan. Namun perlu diingat bahwa kamu tidak disarankan untuk datang ke Great wall saat musim dingin, ya, karena suhunya dapat turun hingga 0 derajat Celcius.

Forbidden City

Forbidden City

Forbidden City atau Kota Terlarang berlokasi di jantung Kota Beijing dan sebenarnya merupakan kompleks kediaman 24 kaisar dari Dinasti Ming dan Qing. Tempat ini memiliki luas 720.000 meter persegi, terdiri atas 980 bangunan interior, dan termasuk sebagai salah satu dari lima istana terpenting di dunia.

Sejak pertama dibuka, Forbidden City dapat menarik banyak wisatawan lokal maupun internasional karena selain menyimpan nilai sejarah juga menjadi tempat untuk menyaksikan pertunjukan kebudayaan China. Di sini kamu bisa menemukan puncak keindahan arsitektur tradisional China sambil menikmati pemandangan lain yang disuguhkan. Kamu juga bisa menjumpai banyak pengunjung yang membawa bekal makanan dan tetap berada di kawasan Forbidden City hingga waktu berkunjung habis.

Jingshan Park

Jingshan Park

Dari Forbidden City, mari bergeser sejenak ke destinasi wisata di sebelahnya, Jingshan Park. Taman dengan luas 23 hektar ini adalah taman kekaisaran di masa Dinasti Yuan, Dinasti Ming, dan Dinasti Qing. Kamu bisa menjangkaunya dengan mudah karena lokasinya yang menghadap gerbang utara Forbidden City.

Dibuka untuk umum sejak 1949, Jingshan Park adalah destinasi wisata wajib yang ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Di taman ini kamu bisa melihat keindahan Forbidden City secara utuh dari puncak bukit sambil ditemani bunga berwarna-warni, rerumputan hijau, dan pepohonan rindang. Kamu pun bisa menemukan berbagai bangunan kuil Buddha dan paviliun berarsitektur khas China. Kini, setelah renovasi sepenuhnya, Jingshan Park juga dilengkapi dengan jalan setapak beraspal dan bangunan-bangunan yang tampak seperti baru.

Giant Panda Breeding Research Base

Giant Panda Chengdu

Di China, terdapat sebuah kota bernama Chengdu yang disebut sebagai ‘Kota Panda’. Bukan tanpa alasan, julukan ini hadir karena 70-80% dari total populasi Panda berada di Chengdu serta terdapat pula pusat penangkaran panda raksasa dan hewan-hewan langka lainnya. Untuk kamu yang mau liburan bersama keluarga apalagi anak-anak, jangan lupa untuk mampir ke sini, ya.

Di tempat ini kamu bisa melihat bagaimana panda makan dan bermain di alam bebas. Karena mirip dengan habitat aslinya, tentu kamu pun akan menjumpai hutan bambu yang bisa jadi spot foto terbaik. Jika ingin berkunjung, disarankan untuk datang pada pukul 08.30-10.00 sebab si panda sedang aktif-aktifnya di waktu tersebut. Oh iya, hindari puncak musim panas karena panda akan malas keluar dari sarang, akibatnya kemungkinan besar pengunjung tidak dapat bertemu dengan mereka. Selain itu, di hari libur nasional China penangkaran ini akan terlalu ramai karena banyak sekali warga lokal yang datang berkunjung.

Leshan Giant Buddha

Leshan Giant Buddha

Destinasi satu ini cocok untuk kamu yang juga ingin berwisata religi. Terletak di Gunung Emei, Provinsi Sichuan Leshan giant Buddha berupa patung Buddha setinggi 68 m yang dipahat langsung di tebing pada sisi sungai. Patung Buddha terbesar di dunia ini dibangun menghadap ke pertemuan 3 sungai, yaitu Sungai Min, Sungai Qinyi, dan Sungai Dadu.

Selain wisata religi, kamu juga bisa menikmati keindahan alam saat berwisata ke sini. Gunung Emei yang memiliki beragam vegetasi unik akan jadi daya tarik tersendiri, bahkan kamu dapat menemukan pohon-pohon berusia ribuan tahun. Para wisatawan juga dapat mencoba naik ke puncak patung melalui tangga yang ada di  kaki patung Buddha tersebut untuk melihat betapa menakjubkannya alam Gunung Emei.

Zhangye Danxia

Zhangye Danxia

Siapa sangka Negeri Tirai Bambu memiliki pegunungan warna-warni bak pelangi? Zhangye Danxia National Geological Park terletak di Provinsi Gansu dan merupakan komplek pegunungan batu dengan luas 300 kilometer persegi yang dilengkapi guratan warna merah, coklat, putih, hingga kuning. Warna-warna di Zhangye Danxia terbentuk secara alami melalui berbagai proses selama jutaan tahun, lho. Selain pegunungan, di sini kamu juga bisa menjumpai gua, sungai, lembah dan air terjun.

Zhangye Danxia dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2010. Oleh karena itu tak heran jika angka kunjungannya mencapai jutaan orang setiap tahun. Saat berkunjung ke sini, kamu juga bisa memilih waktu yang kamu inginkan untuk melihat puncak keindahan Zhangye Danxia, yang paling direkomendasikan adalah saat sore menjelang malam. Selain itu, pemilihan musim yang tepat juga berpengaruh karena kabarnya warna yang terlihat pada setiap musim akan berbeda. Keren banget kan?

Shanghai Tower

Shanghai Tower

Untuk kamu yang ingin menikmati gemerlap lampu kota di malam hari, Shanghai Tower bisa jadi pilihan. Terletak di Shanghai, gedung tertinggi kedua di dunia ini memiliki tinggi 632 meter dengan gaya arsitektur unik berbentuk spiral. Tak hanya itu, gedung ini pernah dianugerahi sebagai The Best Tall Building Worldwide oleh Council and Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) karena desain dan konstruksinya yang unik. Tak hanya itu, Shanghai Tower juga dilengkapi dengan teknologi terbaik yang menjadikannya anti badai dan anti gempa.

Di Shanghai Tower, kamu bisa menikmati pemandangan malam hari Kota Shanghai melalui dek observasi yang berada di ketinggian 561 m. Dari sini, kamu juga bisa melihat indahnya Sungai Huangpu, serta 2 gedung tertinggi di China lainnya, yaitu Jinmao Tower dan Shanghai World Financial Center.

Nanjing Road

Nanjing Road

Nanjing Road adalah area pusat perbelanjaan di Shanghai dengan konsep shopping street. Di sini terdapat banyak toko, supermarket, dan mall yang bisa jadi alternatif belanja kamu. Beberapa jenis produk yang bisa kamu beli di sini adalah produk-produk fashion kekinian dari berbagai merek dan aksesoris khas China. Kamu pun tak boleh melupakan berbagai kuliner menggugah selera yang tidak bisa kamu temui di Indonesia. Selain berbelanja, di Nanjing Road juga kamu bisa mengunjungi berbagai tempat di sekitarnya, seperti The Bund, Madame Tussaud Museum, dan Yuyuan Garden.

Yiwu Market

Yiwu Market

Yiwu Market diklaim sebagai pasar internasional terbesar karena panjangnya mencapai 7 km dengan 14 ribu pengusaha asing dari 100 negara di dunia berdagang di sini. Selain itu, banyak juga pesanan online dari luar China yang dilayani dari Yiwu Market.

Kamu bisa mendapatkan produk pakaian, aksesoris, kosmetik, lukisan, dan alat-alat rumah tangga dengan harga relatif murah dan kualitas baik. Menariknya, Yiwu Market tidak tutup kecuali pada liburan musim semi di China dan melayani pembelian dalam jumlah besar atau grosir hingga pembelian satuan dari pukul 9 pagi sampai 5 sore.

Solana

Solana

Bagi kamu yang senang berbelanja produk-produk dari merek terkenal, wajib banget untuk singgah di Solana. Merek-merek seperti Armani, Gucci, Zara, Nike, dan Adidas ada di sini. Selain harganya lebih murah, kamu juga berpeluang menemukan produk-produk terbatas yang tidak dijual di Indonesia maupun di negara lain.

Tak hanya barang-barang mewah, mata kamu juga akan dimanjakan dengan arsitektur bangunan Solana yang memiliki gaya Eropa berkonsep open space. Terdapat juga aneka kuliner yang disajikan di kafe serta restoran di sekitarnya. Oleh karena itulah di tempat ini kamu bisa belanja, kulineran, dan menikmati pemandangan unik sekaligus.

Itulah berbagai destinasi wisata yang bisa kamu pilih ketika berlibur ke China. Untuk kamu si penyuka belanja, kehabisan uang tunai bisa jadi momok menakutkan. Tapi jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan Topremit untuk bayar langsung belanjaanmu ke penjual via transfer.  

Dengan Topremit, kirim uang ke penerima di China jadi lebih mudah karena dapat dilakukan secara online lewat smartphone, lebih cepat karena uang akan sampai dalam hitungan menit, dan tentunya anti mahal karena biaya transfernya flat. Selain itu, terdapat banyak layanan yang bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhanmu, lho. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk cari tahu selengkapnya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.