3 Pekerjaan Part Time yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Tinggal di luar negeri Jun 22, 2020

Kuliah sambil kerja bisa jadi pengalaman menarik buat kamu yang kuliah di luar negeri. Berbeda dari Indonesia, di luar negeri banyak kesempatan untuk bekerja secara part time. Jadi, di sela-sela waktu kuliah, kamu bisa isi sambil part time, lho. Tapi, pekerjaan part time apa saja ya yang kira-kira cocok untuk mahasiswa? Berikut 3 opsi pekerjaan yang bisa kamu coba.

Blogger/Vlogger

Wah, siapa sih yang gak tau pekerjaan dengan penghasilan menggiurkan ini? Semua generasi milenial pasti hampir terpikir untuk jadi blogger atau vlogger. Bagi kamu yang cukup percaya diri tampil dan bergaya di depan kamera, vlogger akan sosok untukmu. Namun, bagi kamu yang merasa tidak percaya diri, dapat mencoba menjadi blogger. Dua jenis pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan karena seperti yang kita tahu saat ini masyarakat di berbagai negara sangat menyukai konten-konten berbentuk video.

Untuk menjadi blogger atau vlogger, kamu bisa memanfaatkan waktu di sela kuliah. Namun perlu dicatat bahwa kamu harus mempelajari beberapa platform yang dapat menjadi sumber pendapatan untukmu. Seperti mendaftar jadi publisher Google Adsense buat para blogger agar kamu bisa menghasilkan uang dari iklan yang masuk. Hal yang sama juga berlaku buat kamu yang memilih vlogger. Kamu bisa manfaatkan platform YouTube hingga media sosial seperti Instagram untuk mendapat cuan tanpa ganggu waktu kuliah.

Pramusaji

Pramusaji bisa jadi opsi berikutnya bagi kamu yang mau cari part time. Kamu bisa cari lowongan pramusaji di restoran fast food seperti McDonald’s, KFC atau Burger King. Kamu bakal dapat upah per jam dari pekerjaan pramusaji. Tentunya tiap tempat dan negara memiliki perbedaan jumlah upah dan kamu harus mengetahui secara pasti bagaimana aturan part time di negara kamu tinggal. Kenapa ini penting? Karena beberapa negara punya aturan tersendiri mengenai durasi atau jam kerja untuk part time ini.

Asisten Dosen

Buat kamu mahasiswa tingkat akhir, gak ada salahnya untuk mendaftar sebagai asisten dosen (asdos). Selain mendapat penghasilan, menjadi asdos juga memungkinkan kamu bisa belajar lebih banyak, jadi kamu bisa kerja sambil belajar. Untuk jadwal, karena biasanya mengikuti jadwal dosen jadi akan cocok juga dengan jadwal kuliah kamu sehingga gak perlu khawatir part time mengganggu kuliah.


Nah, itu dia tiga jenis pekerjaan part time yang bisa kamu coba ketika kuliah di luar negeri. Oiya, kamu juga harus tahu negara-negara mana saja yang memperbolehkan mahasiswa untuk bekerja part time, informasinya bisa dilihat di sini, ya. Semoga salah satunya ada yang cocok sama kamu ya.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.