3 Pekerjaan Part Time yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Jun 22, 2020

Kuliah sambil kerja bisa jadi pengalaman menarik buat kamu yang sekolah di luar negeri. Berbeda dari Indonesia, di luar negeri banyak kesempatan untuk kamu part time.

Jadi, di sela-sela waktu kuliah, kamu bisa isi sambil part time loh. Tapi, pekerjaan apa ya yang kira-kira cocok untuk mahasiswa part time. Berikut 4 opsi pekerjaan yang bisa kamu coba.

Blogger / Vlogger

Wah, siapa sih yang gak tau pekerjaan dengan penghasilan menggiurkan ini. Semua generasi milenial pasti hampir terpikir untuk jadi blogger atau vlogger.

Kamu bisa loh merintis pekerjaan ini sejak masih di Tanah Air. Blogger bagi kamu yang gak pede tampil di depan kamera dan lebih suka menulis. Sedangkan, vlogger tentunya buat kamu yang pede tampil bergaya di depan kamera.

Pekerjaan ini bisa menghasilkan banyak uang loh kalau kamu seriusin. Selain itu, pembagian waktunya bisa kamu siasatin di sela-sela waktu kuliah. Kamu harus pelajarin cara mendapatkan uang dari pekerjaan virtual ini.

Seperti daftar jadi publisher Google Adsense buat para blogger. Nantinya, kamu bisa dapat uang dari iklan yang masuk. Satu klik akan dikonversi menjadi uang. Hal yang sama juga berlaku buat kamu yang memilih vlogger. Kamu bisa manfaatkan platform YouTube hingga media sosial seperti Instagram untuk mendapat cuan tanpa ganggu waktu kuliah.

Pramusaji

Pramusaji bisa jadi opsi berikutnya bagi kamu yang mau cari part time. Kamu bisa cari lowongan pramusaji di restoran fast food seperti McDonald’s, KFC atau Burger King.

Kamu bakal dapat upah per jam dari pekerjaan pramusaji. Tentunya tiap tempat dan negara berbeda upah per jamnya. Tapi, kamu perlu pastikan aturan part time di negara kamu tinggal.

Kenapa sih penting? Karena beberapa negara itu pakai aturan maksimal jam kerja part time buat mahasiswa luar negeri. Jadi, kamu jangan sampai keasikkan kerja dan overtime sampai melanggar aturan ya.

Asisten Dosen

Buat kamu mahasiswa tingkat akhir, mungkin gak ada salahnya daftar jadi asisten dosen. On the bright side, part time jadi asdos bakal buat kamu lebih paham pelajaran selama kuliah loh.

Jadi, sambil kerja kamu pun sambil belajar. Kapan lagi kan belajar terus dibayar pula? Selain itu, pasti jadwal part time sebagai asdos bakal cocok sama jam kuliah. Jadi, kamu gak perlu khawatir part time mengganggu kuliah.

Nah, itu dia tiga jenis pekerjaan part time yang bisa kamu coba ketika kuliah di luar negeri. Semoga salah satunya ada yang cocok sama kamu ya.