7 Aplikasi Ini Wajib Kamu Siapkan Sebelum Kuliah di Malaysia

Malaysia Aug 3, 2023

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak dijadikan sebagai destinasi pendidikan oleh mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. Hal ini disebabkan karena Malaysia memiliki banyak peluang belajar bagi mahasiswa internasional untuk menimba ilmu di universitas-universitas terkenal yang ada di negeri jiran tersebut.

Untuk membantu kamu, mahasiswa internasional, yang ingin berkuliah di Malaysia, artikel ini akan mengulas aplikasi-aplikasi apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menunjang pendidikan dan kehidupanmu di sana. Simak hingga akhir, ya!

EduAdvisor

EduAdvisor Malaysia adalah aplikasi yang menyediakan informasi mengenai program studi dan universitas yang ada di Malaysia, termasuk biaya kuliah, fasilitas, hingga peringkat. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membandingkan dan menemukan universitas yang paling sesuai dengan minat dan tujuan studi kamu.

MyStudy

Mirip dengan EduAdvisor, aplikasi MyStudy juga menyajikan informasi seputar universitas-universitas yang ada di Malaysia. Aplikasi ini resmi dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dan berisi informasi terkini tentang program pertukaran pelajar, acara akademik, beasiswa, dan lainnya yang relevan untuk mahasiswa internasional. Selanjutnya, MyStudy juga menyediakan informasi tentang proses pendaftaran dan kehidupan di Malaysia untuk membantu mahasiswa internasional beradaptasi dengan lingkungan baru.

Moovit

Mahasiswa internasional perlu memahami sistem transportasi publik yang tersedia dari daerah tempat tinggal hingga ke daerah sekitar kampus. Moovit adalah aplikasi transportasi publik yang bisa membantu untuk menyediakan peta rute lengkap untuk bus, kereta api, Light Rapid Transit (LRT) yang ada di Malaysia. Informasi mengenai jadwal, waktu kedatangan, dan perubahan rute juga tersedia di sini.

Grab

Grab adalah aplikasi layanan transportasi online yang sangat populer di Malaysia dan sebagian besar negara Asia Tenggara, seperti Indonesia. Mahasiswa bisa menggunakan Grab untuk memesan layanan taksi atau mobil pribadi dengan harga yang jelas, sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Aplikasi ini juga menawarkan pilihan GrabFood untuk pesan antar makanan yang sangat praktis bagi mahasiswa yang sedang sibuk belajar atau beradaptasi dengan lingkungan baru.

Easybook

Easybook adalah aplikasi untuk pemesanan tiket transportasi online yang menawarkan semua pilihan tiket bus, tiket kereta api, tiket feri, penyewaan mobil, dan pemesanan tiket perjalanan di seluruh Asia Tenggara. Aplikasi ini tentunya akan memudahkan kamu untuk melakukan perjalanan dari tempat satu ke tempat lain, baik yang jaraknya dekat maupun yang jaraknya jauh.

Touch ‘n Go

Touch ‘n Go adalah dompet digital dari Malaysia yang cukup populer. E-wallet ini memungkinkan kamu untuk melakukan isi ulang, pembayaran, dan pengiriman dana ke sesama pengguna Touch ‘n Go dalam bentuk uang elektronik (e-money). Touch ‘n Go juga bisa berfungsi sebagai alat pembayaran tarif tol, pelunasan utilitas dan tagihan pascabayar, pembelian tiket bioskop, hingga pembayaran di restoran maupun merchant.

Topremit

Aplikasi transfer uang ke luar negeri seperti Topremit akan sangat berguna bagi kamu, mahasiswa internasional, yang akan berkuliah di Malaysia. Dengan Topremit, kamu bisa kirim uang dari Indonesia ke rekening di Malaysia.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Topremit untuk melakukan transfer uang ke salah satu e-wallet yang paling banyak digunakan di Malaysia一Touch ‘n Go一 guna memenuhi kebutuhan kamu di sana. Untuk masalah biaya, kamu tidak perlu khawatir karena biaya transfer lewat Topremit sifatnya flat, yaitu mulai dari IDR 45K aja dengan kurs kompetitif sehingga kamu bisa lebih hemat. Uang yang dikirim juga akan sampai dalam 20 menit dan transaksinya sudah pasti aman karena Topremit sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia. Jadi, jika kamu ada kebutuhan kirim uang ketika belajar di Malaysia, bisa pakai Topremit untuk memudahkanmu, ya.

Itulah aplikasi-aplikasi yang wajib kamu miliki jika ingin berkuliah di Malaysia. Bagi mahasiswa internasional yang akan belajar di Malaysia, mengandalkan teknologi melalui aplikasi-aplikasi tersebut dapat sangat membantu dalam mengenyam pendidikan dan menjalani kehidupan di negara baru. Dengan akses cepat ke informasi tentang universitas, transportasi publik, kemudahan pesan antar makanan, dan transfer uang internasional, mahasiswa akan merasa lebih nyaman dan lebih siap dalam menghadapi tantangan studi di Malaysia. Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memudahkan kamu menggapai kesuksesan dan pengalaman berharga selama masa studi di Malaysia, ya. Selamat belajar!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.