Malaysia Twin Towers

7 Bank Terbesar di Malaysia

Malaysia Nov 22, 2023

Naik turunnya ekonomi di negara-negara pada kawasan ASEAN sangat tergantung kepada sektor finansial, sehingga sistem perbankan yang berkembang pesat dapat menjadi salah satu pilar terkuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisnis.

Nah, dari banyaknya negara di kawasan ASEAN, Malaysia merupakan salah satu yang memiliki sistem perbankan paling maju dan kredibel di kawasan Asia Tenggara. Bahkan kita dapat menemukan banyaj cabang dari bank asal Malaysia yang sudah beroperasi untuk waktu yang lama di Indonesia.

Namun tentunya diantara puluhan bank yang beroperasi di Malaysia tersebut, ada 7 yang paling besar dan telah mendapatkan kepercayaan cukup signifikan dari masyarakat. Penasaran bank apa saja? Yuk simak daftarnya dalam ulasan berikut ini!

Bank-Bank Terbesar di Malaysia

1. Maybank (Malayan Banking Berhad)

Maybank

Maybank, atau yang akrab juga dikenal sebagai bank terbesar di Malaysia tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan bank asing satu ini telah membuka banyak cabang di Indonesia dan bahkan bisa ditemukan di hampir semua kota besar negara-negara di kawasan ASEAN.

Didirikan pada tahun 1960, bank ini kini sudah merambah menjadi salah satu institusi finansial asal Asia Tenggara yang cukup terkenal di kancah internasional. Bagaimana tidak? Ia bahkan beroperasi dengan lancar di Singapura, yang notabenenya juga memiliki banyak bank lokal dengan reputasi baik.

Sama halnya seperti bank lain, Maybank menyediakan layanan-layanan pada umumnya seperti pembukaan rekening tabungan, kartu kredit, pembuatan rekening deposito, pinjaman dan bahkan leasing.

2. CIMB (CIMB Group Holdings Berhad)

CIMB Niaga

Wih kalau yang ini sih, di Topremit semua karyawan pakai layanan banknya. Yup, CIMB atau yang lebih akrab disebut sebagai bank Niaga merupakan bank terbesar kedua di Malaysia dan tentu merupakan bank yang cukup populer di Indonesia.

Sama halnya seperti Maybank, CIMB juga sudah merambah ke kancah internasional dan bahkan memiliki kantor cabang di semua negara ASEAN, tentunya ini berarti bahwa mereka juga sudah memiliki lisensi untuk beroperasi dengan legal di masing-masing negara tersebut.

Hal yang sedikit membuat layanan CIMB berbeda dengan Maybank adalah fokus mereka pada pembiayaan, investasi, dan perbankan korporasi secara konvensional dan syariah. Ini alasannya kenapa layanan mereka lebih business friendly dan sering dipakai untuk payroll transfer oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

3. Public Bank Berhad

Public Bank

Sebagai bank swasta terbesar sejak tahun 1966, Public Bank telah memikat hati banyak masyarakat Malaysia dengan produk dan layanannya yang sangat mudah diakses.

Public Bank Berhad sendiri memiliki 243 kantor cabang lokal yang tersebar di seluruh penjuru Malaysia dan bahkan 3 kantor cabang luar negeri yaitu, cabang Hong Kong, cabang Sri Lanka dan cabang Laos.

Meski jumlah cabang Public Bank di luar negeri masih jauh di bawah Maybank atau pun CIMB, namun mereka lebih memilih kualitas daripada kuantitas sehingga tiap cabang yang beroperasi di luar negeri harus memenuhi standar efisiensi seperti kantor pusat di Malaysia sebelum dapat beroperasi.

4. RHB Bank Berhad

RHB Bank Berhad

Diurutan keempat ada RHB Bank, yang tidak hanya menawarkan layanan perbankan, tetapi bahkan mencakup asuransi dan investasi. Tentunya banyak bank lain yang juga menawarkan kedua layanan tersebut, namun khusus untuk RHB Bank, asuransi menjadi salah satu produk yang cukup gencar mereka jual.

Akan tetapi, layanan tabungan serta deposito yang mereka tawarkan juga terbilang diatas rata-rata dan ini mungkin dikarenakan fokus signifikan mereka di bidang investasi dan penetapan bunga yang cukup fleksibel.

Didirikan pada tahun 1997 melalui penggabungan dari Kwong Yik Bank dan DCB Bank, RHB Bank telah berkembang menjadi grup keuangan yang menyediakan solusi keuangan terpadu bagi semua nasabah. Sehingga meski tidak memiliki cabang di luar negeri, 200 kantor lokal yang sedang beroperasi dengan lancar menunjukkan kualitas baik dan terpercaya.

5. Hong Leong Bank

Hong Leong Bank

Berikutnya ada Hong Leong Bank, yang juga menyandang predikat sebagai kelompok perbankan terbesar kelima. Didirikan pada tahun 1905 dengan nama Kwong Lee Mortgage & Remittance Company, bank ini menawarkan layanan global dan bahkan produk perbankan Islam untuk semua nasabah yang membutuhkan layanan syariah.

Dengan aset sekitar RM 254.3 miliar sesuai dengan data pada tahun 2022. Tentu pelayanan investasi dan deposito yang ditawarkan oleh Hong Leong Bank cukup menggiurkan bagi semua masyarakat di Malaysia.

6. Bank Islam Malaysia Berhad

Bank Islam

Bank Islam, merupakan bank syariah terbesar di Malaysia. Berbeda dengan layanan Bank Syariah Indonesia, bank ini berdiri sendiri dan tidak merupakan produk hasil merger antara beberapa bank untuk menghasilkan layanan syariah bagi nasabah-nasabah anti riba.

Berdiri sejak 1983 dan tumbuh pesat dengan layanan berbasis syariah seperti pembiayaan, investasi, dan tabungan, bank ini tentu menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang lebih suka bertransaksi secara finansial dengan menggunakan prinsip syariah.

7. AmBank

AmBank

Bank terakhir pada daftar ini adalah AmBank, yang juga merupakan jaringan perbankan ketujuh paling besar di Malaysia. Dengan fokus pada retail banking dan perniagaan, AmBank telah menjadikan dirinya pilihan paling unggul bagi nasabah yang mencari bangunan, tanah atau pun bisnis preloved untuk diakuisi.

Dengan 168 kantor cabang, AmBank memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Malaysia. Uniknya lagi bank ini juga telah membuka cabang khusus  yang beroperasi 24/7, sehingga di saat tengah malam pun nasabah bisa mengadukan keluhan dan mendapatkan penyelesaian atas masalah yang mereka alami.

Nah, itu dia tujuh bank terbesar di Malaysia yang sudah membantu untuk membentuk dan mendukung pertumbuhan ekonomi Negeri Jiran tersebut. Tapi tentu masih ada banyak bank lainnya dengan layanan-layanan keren yang bisa banget menjadi opsi terbaik buat kamu saat ingin menemukan rekening di Malaysia!

Topremit - Send Money Abroad

Berbicara tentang bank di Malaysia, kamu tau gak sih kalau Topremit bisa membantu kamu kirim uang dari Indonesia ke semua bank yang udah disebutkan di atas tadi?

Iya bener banget, dengan Topremit kirim uang ke Malaysia jadi lebih mudah, murah, cepat dan pastinya 100% aman. Bayangin aja, dengan biaya transfer flat IDR 45K uang kamu bisa sampai ke rekening penerima di Malaysia dalam waktu 20 menit doang!

Jadi tunggu apalagi? Yuk, cobain kirim uang ke luar negeri pakai Topremit sekarang.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.