Ini 5 Cara Kirim Uang ke Malaysia

Malaysia Sep 4, 2023

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang punya hubungan cukup erat dengan Indonesia. Tak hanya budaya, Indonesia dan Malaysia juga memiliki keterikatan dalam bidang pendidikan, investasi, perdagangan, dan bidang kesehatan yang menyebabkan transaksi keuangan di antara dua negara tersebut meningkat pesat.

Tak heran jika kebutuhan untuk kirim uang dari Indonesia ke Malaysia semakin meningkat. Untuk itu dibutuhkan cara kirim uang ke ke Malaysia yang bisa mempermudah transaksi demi memenuhi berbagai keperluan tersebut. Berikut beberapa metode alternatif yang bisa kamu pertimbangkan.

Topremit

Topremit adalah jasa remitansi online pertama di Indonesia yang aman karena sudah dilisensi oleh Bank Indonesia sejak awal berdirinya di tahun 2009. Keamanannya juga terbukti karena ada jaminan 100% uang kembali jika terjadi kesalahan teknis.

Topremit menjadi alternatif yang murah karena menawarkan biaya transfer hanya IDR 45K dan bersifat flat. Selain itu, uang bisa sampai ke rekening bank penerima mulai dari 20 menit saja dengan menggunakan layanan Mode Instan. Kerennya lagi nih, kamu bisa membuat transaksi secara online lewat handphone doang. Jadi, dengan Topremit, kamu bisa kirim uang ke Malaysia dimanapun dan kapanpun!

Topremit juga menawarkan berbagai jenis layanan lainnya ke Malaysia seperti layanan SWIFT, top-up e-wallet, dan juga pulsa. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik tombol di bawah ini.

Bank

Cara selanjutnya yang bisa jadi pilihanmu adalah transfer melalui bank, khususnya jika kamu ingin melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri dalam Dolar Amerika (USD). Pengiriman lewat bank masih menjadi salah satu alternatif yang terjamin keamanannya. Kamu bisa datang ke salah satu cabang bank terdekat, mengisi formulir tertentu, dan menunggu beberapa hari hingga uang yang dikirim dapat sampai ke rekening penerima.

Perlu diingat, kamu juga harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar biaya transfer. Tinggi-rendahnya biaya transfer ini bergantung pada bank yang kamu pilih, negara tujuan, dan jumlah uang yang kamu kirim.

Paypal

Paypal adalah layanan keuangan yang bisa bantu kamu untuk melakukan transaksi secara online. Di Paypal, kamu bisa menambahkan rekening bank, kartu debit, kartu maupun kredit untuk melakukan pembayaran.

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan Paypal untuk mengirim uang ke Malaysia. Untuk dapat menerima uang melalui Paypal, penerima yang kamu tuju juga harus memiliki rekening virtual Paypal. Oleh karena itu, jika masih belum memiliki akun PayPal, penerima harus membuat akun terlebih dahulu. Untuk pengiriman ke Malaysia, biaya yang dibutuhkan sekitar 30 sen Dolar Amerika per transaksi, ditambah 3% dari total transaksi. Ini berarti, total biaya transfer yang harus dibayar bisa bervariasi tergantung nominal uang yang dikirim.

Western Union

Jika kamu memiliki waktu untuk melakukan transaksi secara offline, Western Union bisa menjadi salah satu pilihan. Pengiriman uang ke Malaysia dengan Western Union, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendatangi kantor cabang Western Union terdekat. Lalu, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir dan menunjukkan kartu identitas seperti KTP/Paspor/SIM untuk keperluan validasi data.

Setelah uang diterima oleh pihak Western Union, kamu akan mendapatkan resi dan MTCN (Money Transfer Control Number). MTCN inilah yang harus kamu berikan kepada penerima agar mereka dapat mengambil uang yang kamu kirim di Western Union yang ada di Malaysia. Biaya transfer akan dibebankan kepada pengirim uang dan besarannya bergantung pada negara tujuan serta nominal yang dikirim.

Topremit for Business

Khusus untuk kamu para pemilik bisnis yang memiliki keperluan kirim uang ke Malaysia dalam jumlah besar, Topremit for Business adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti penawaran rate khusus, pengiriman uang ke beberapa rekening sekaligus, dan masih banyak benefit lainnya. Biaya transfernya juga bersifat flat, kamu hanya perlu membayar biaya yang sama berapapun nominal uang yang kamu kirim.

Fitur-fitur spesial yang ditawarkan Topremit for Business bisa dinikmati secara khusus untuk para pemilik rekening bisnis atas nama perusahaan (seperti PT atau CV). Topremit for Business dapat diakses secara online, jadi kamu bisa menyelesaikan transaksi B2C dan B2B dengan lebih mudah dan lebih cuan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan untuk kirim uang ke Malaysia. Jangan lupa untuk pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.