Cara Membuka Rekening Bank di Singapura untuk Pelajar dan Expat

Bisnis Perbankan Mar 9, 2022

Banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di Singapura baik untuk menimba ilmu atau bekerja. Sebagai negara dengan tingkat perekonomian yang maju, Negeri Singa memang menawarkan pendidikan yang berkualitas dan sistem pembelajaran yang sudah diakui dunia. Bagi para pekerja atau expat, Singapura juga terbuka menerima sumber daya manusia dari mancanegara.

Kalau kamu salah satu yang tertarik untuk tinggal di Singapura, maka wajib memiliki akun atau rekening bank. Dengan memiliki rekening bank, segala transaksi dan pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Namun, untuk kamu yang masih belum tahu bagaimana cara membuka rekening di Singapura, ini dia jawabannya. Simak baik-baik ya!

Pilihan Bank di Singapura

Ada banyak institusi perbankan yang bisa kamu pilih. Misalnya saja Bank OCBC, DBS, UOB, atau bank asing seperti Citibank, Maybank, dan HSBC. Selain beberapa bank tersebut, kamu pun bisa menggunakan bank BNI. Sebelum berangkat ke Singapura, kamu bisa membuka rekening tabungan BNI Taplus dengan logo Mastercard terlebih dahulu.

Untuk menerima kiriman uang di Singapura, kamu pun bisa menggunakan layanan remitansi dari Topremit. Kirim uang ke luar negeri cepat dan aman karena sudah mendapatkan izin Bank Indonesia. Topremit melayani pengiriman ke lebih dari 60 negara, termasuk Singapura.

Ketahui Biaya Transaksi

Setiap bank memberlakuan tarif untuk transaksi tertentu misalnya pengecekan saldo, penarikan di ATM lain, transfer ke bank lain, dan sebagainya. Selain itu, ada pula biaya administrasi, saldo minimal, dan saldo mengendap. Maka kamu harus mencermati kebijakan masing-masing bank.

Namun, sebagian besar bank lokal di Singapura menawarkan pembukaan rekening tanpa ada biaya bulanan dan biaya tambahan untuk penarikan uang di ATM lain. Bahkan, beberapa bank juga menawarkan penarikan uang tanpa biaya alias gratis. Lumayan kan, jadi bisa menghemat setiap kali transaksi.

Cek Persyaratan dan Dokumen

Setelah menentukan bank mana yang paling cocok dengan kamu, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan dokumen persyaratan. Saat membuka rekening di bank lokal Singapura, ada dua dokumen penting yang harus disiapkan, yakni paspor dan kartu visa pelajar (student pass). Beberapa bank juga biasanya akan meminta dokumen pendukung seperti bukti alamat di Singapura. Untuk lebih jelasnya, berikut ini persyaratan yang harus kamu lengkapi:

Dokumen perusahaan:

- Sertifikat Mengkonfirmasi Pendirian Perusahaan (formulir ACRA)

- Profil bisnis

- Konstitusi

- Resolusi

- Sertifikat Saham

Bukti identifikasi:

- Paspor asli

- Nomor pajak (kode timah)

- Kartu identitas

Bukti penduduk:

- Tagihan utilitas asli sebagai bukti alamat tempat tinggal (tagihan listrik, tagihan air, dll.)

Bukti operasi bisnis, jika ada:

- Perjanjian sewa kantor

Bukti sumber dana/kekayaan:

Dokumen untuk menunjukkan sumber dana individu:

- Laporan bank 6 bulan terakhir. atau

- Surat referensi bank 3 bulan saat ini

Dokumen untuk menunjukkan sumber dana perusahaan (jika perusahaan telah beroperasi lebih dari 1 tahun, dan memiliki rekening bank bisnis):

- Laporan bank perusahaan (setidaknya setengah tahun)

- Laporan akuntansi dan audit

- Jabatan

- Bereputasi baik

Bukti Bisnis (Enam Bulan Terakhir dengan Potongan Perusahaan Rekanan)

- Pesanan dikonfirmasi

- Kontrak penjualan

- Faktur pembelian

- Catatan pengiriman

Dokumen referensi lainnya:

Informasi produk atau layanan, seperti:

- Situs web pelamar

- Leaflet/brosur pelamar

- Sertifikasi mutu

Informasi tentang rekanan (pemasok, pembeli, pelanggan), termasuk negara terkait dan - produk atau layanan mereka, seperti :

- Situs web counterparties

- Leaflet/brosur counterparties

- Dibutuhkan modul bisnis dengan perusahaan terkait

- Rencana bisnis

Dokumen untuk menunjukkan pengalaman yang relevan dari direktur, penandatangan resmi, pemilik keuntungan:

- Surat ketenagakerjaan yang relevan

- Sertifikat yang relevan

- Lisensi relevan

- CV

Setelah melengkapi dokumen tersebut kamu tinggal mendatangi kantor bank cabang terdekat dan mengajukan pembukaan rekening ke bagian customer services. Semoga bermanfaat.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.