Cara Membuka Rekening Bank di Malaysia untuk Expat dan Pelajar

Bisnis Perbankan Dec 28, 2021

Sebagai negara yang berdekatan dengan Indonesia, Malaysia menjadi salah satu negara destinasi pendidikan dan pekerjaan yang banyak dituju. Tak heran kalau banyak orang Indonesia yang bekerja sebagai pekerja migran atau ekspatriat di Malaysia. Selain itu, kualitas pendidikan di Malaysia juga cukup baik, sehingga menjadi incaran para calon mahasiswa.

Kamu yang bekerja atau kuliah di luar negeri sangat penting untuk memiliki rekening bank setempat. Sebab, kamu akan lebih banyak bertransaksi dengan perbankan di negara tersebut. Misalnya saja digunakan ketika berbelanja, transfer ke sesama teman, bayar uang kuliah, atau menerima gaji. Meski demikian, tak banyak orang mengetahui bagaimana membuka rekening bank di luar negeri.

Keuntungan Punya Rekening Bank di Malaysia

Sebelum mengetahui cara membuka rekening, kamu pun harus tahu terlebih dahulu apa sih keuntungan memiliki rekening bank di negara tempat kamu kuliah atau bekerja. Topremit sudah merangkumnya seperti ulasan di bawah ini:

1. Hemat Nilai Pertukaran Kurs

Salah satu keuntungan yang didapat kalau kamu membuka rekening bank di Malaysia adalah bisa menghemat pertukaran kurs atau mata uang. Sebagaimana diketahui, terdapat perbedaan nilai mata uang antara Rupiah (Rp) dan Ringgit Malaysia (RM) yang cukup besar. Saat ini kurs RM 1 adalah Rp3.386.

2. Bebas Biaya Tambahan Transaksi

Membuka rekening bank di Malaysia juga dapat menghemat setiap biaya transaksi. Jika kamu menggunakan ATM dari bank di Indonesia untuk pengecekkan saldo, maka akan dikenakan biaya transaksi. Biayanya berbeda-beda bergantung dengan bank yang kamu gunakan. Sedangkan, menggunakan bank setempat bisa bebas biaya transaksi.

3. Mempermudah Transaksi

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa bebas bertransaksi. Sebagaimana diketahui, agar bisa menggunakan bank asal Indonesia di luar negeri, kamu terlebih dahulu harus memastikan suatu merchant melayani pembayaran menggunakan kartu ATM berlabel Visa. Dengan begitu, kamu akan sulit mencari merchant mana yang bisa kamu kunjungi.

Syarat dan Cara Membuka Rekening Bank di Malaysia untuk Expat

Untuk kamu yang bekerja di Malaysia, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Dengan mengetahui apa saja syarat yang mesti dipersiapkan, maka pembukaan rekening bank di Malaysia akan berjalan lancar. Namun sebaliknya, jika kamu mengabaikan salah satu syaratnya, maka ada kemungkinan pengajuanmu akan ditolak. Lantas apa saja syaratnya?

1. Paspor

Sebagai identitas diri di luar negeri, paspor tentu jadi syarat wajib ketika berhubungan dengan sistem administrasi. Saat pembukaan rekening bank di Malaysia, bawalah paspor asli kamu dan tunjukkan kepada customer service yang menangani.

2. Surat Referensi Kerja atau Permit Kerja

Surat referensi kerja atau permit kerja dibutuhkan ketika kamu hendak membuka rekening di Malaysia. Surat ini memberitahukan bahwa kamu adalah seorang ekspatriat atau pekerja dari luar negeri. Surat ini harus mencantumkan identitas pemberi kerja seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan verifikasi.

3. Setoran Awal

Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal atau tabungan minimal saat pembukaan rekening. Secara umum, nominal setoran awal bank di Malaysia sekitar RM 50 hingga RM 100. Kalau kamu ditugaskan oleh perusahaan tempat bekerja untuk membuka rekening bank, biasanya mereka akan memberikan uang untuk setoran awalnya.

Setelah semua syarat di atas terpenuhi dan lengkap, maka kamu bisa mengunjungi kantor bank cabang di dekat tempat tinggal. Agar tidak bingung saat melakukan pembukaan rekening di bank, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Minta permit kerja atau surat referensi dari majikan atau perusahaan tempat bekerja.

2. Pilih bank yang sama dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Datang ke bank yang kamu pilih, dan jangan lupa bawa semua dokumen yang diperlukan.

4. Isi formulir yang tersedia di bank.

5. Setelah mengisi formulir, pihak bank umumnya akan melakukan verifikasi.

6. Serahkan dana atau setoran awal sebagai syarat membuka rekening.

7. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan kartu ATM, mengaktifkan kartu ATM, mendaftar mobile banking atau internet banking.

Syarat dan Cara Membuka Rekening Bank di Malaysia untuk Pelajar

Sementara untuk kamu yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, ada beberapa syarat yang juga mesti dipenuhi saat membuka rekening bank di Malaysia. Agar proses pengajuan berjalan lancar, sebaiknya bawa semua dokumen yang dibutuhkan ya!

1. Visa Pelajar

Syarat pertama adalah visa pelajar. Dokumen ini penting dibawa karena menjadi bukti bahwa kamu memiliki izin tinggal di Malaysia. Visa pelajar juga menunjukkan bahwa kamu seorang pelajar atau mahasiswa, dan tujuan kamu tinggal di Malaysia adalah untuk sekolah atau kuliah.

2. Paspor

Selanjutnya, kamu juga perlu menyiapkan paspor. Dokumen ini penting dibawa karena menjadi identitas diri kamu, termasuk kebangsaan dan kewarganegaraan. Karena berlaku secara internasional, paspor pun perlu kamu bawa ketika bepergian di luar negeri.

3. Surat dari Sekolah atau Kampus

Bila perlu, kamu juga bisa menyertakan surat pengantar dari tempat kamu belajar. Mintalah kepada pihak sekolah atau kampus bahwa kamu memang perlu membuka rekening bank di Malaysia. Surat pengantar ini juga dapat memberitahukan di mana kamu sekolah atau kuliah.

4. Setoran Awal

Sama seperti syarat pembukaan untuk pekerja, kamu yang masih pelajar atau mahasiswa pun akan diminta uang setoran awal sebagai tabungan pertama kamu di bank. Bawalah uang secukupnya, atau kamu bisa langsung memindahkan tabungan dari bank asal Indonesia ke bank di Malaysia.

Setelah mengetahui syarat apa saja yang diperlukan untuk membuka rekening bank di Malaysia, kamu juga perlu mengetahui langkah-langkah membuka rekening di sana. Namun, pada umumnya, proses pembukaan rekening untuk pelajar/mahasiswa atau pekerja sama saja.

1. Minta surat pengantar dari sekolah atau kampus.

2. Datang ke bank yang kamu pilih, dan jangan lupa bawa semua dokumen yang diperlukan.

3. Isi formulir yang tersedia di bank.

4. Setelah mengisi formulir, pihak bank umumnya akan melakukan verifikasi.

5. Serahkan dana atau setoran awal sebagai syarat membuka rekening.

6. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan kartu ATM, mengaktifkan kartu ATM, mendaftar mobile banking atau internet banking.

Bisa menjelaskan fitur Topremit untuk pengiriman ke Malaysia seperti instant transfer dimana uang bisa sampai mulai dari 5 menit, dan biaya bank transfer yang cuma 45k

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.