Cara Transfer BCA ke Bank Lain dengan Biaya Admin Murah

Transfer Antar Bank Apr 15, 2024

Transfer antar rekening di BCA memang mudah dan tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun, ketika kamu perlu mentransfer dana ke rekening bank lain, penting untuk mengetahui layanan apa saja yang tersedia serta biaya yang akan dikenakan agar kamu bisa memilih layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhanmu sebelum membuat transaksi.

Nah, masih bingung ada layanan apa aja yang tersedia? Yuk, simak ulasan berikut sampai habis ya!

1. Melalui Real Time Online Transfer

Jenis layanan RTO ini adalah yang paling umum digunakan oleh nasabah. Keuntungannya adalah dana dapat langsung ditransfer ke rekening tujuan tanpa menunggu berjam-jam seperti RTGS atau berhari-hari seperti kliring. Cara pengirimannya pun sederhana dan bisa dilakukan melalui berbagai kanal seperti ATM, SMS, perbankan, internet banking, dan mobile banking. Namun, perlu diperhatikan biaya transfer yang biasanya berkisar antara IDR 5.000 hingga IDR 7.500 per transaksi.

2. Menggunakan BI Fast

BI FAST merupakan inovasi terbaru yang ditawarkan oleh Bank Indonesia dalam bentuk infrastruktur sistem pembayaran. Tujuan dari layanan ini adalah untuk menyediakan fasilitas pembayaran ritel nasional yang lebih efektif, aman, instan, dan dapat diakses kapan pun selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Kamu dapat mengakses layanan BI FAST melalui berbagai platform, termasuk BCA mobile, versi web dan mobile myBCA, serta aplikasi iOS & Android. Layanan ini juga tersedia di KlikBCA, KlikBCA Bisnis, API BCA, dan ATM BCA. Melalui BI FAST, kamu dapat melakukan transfer dana dari semua platform tersebut dengan batasan transaksi yang telah ditetapkan:

  1. Di myBCA, batas transfer BI FAST adalah IDR 150.000.000 per ID BCA.
  2. Di KlikBCA Individu, batas transfer BI FAST adalah IDR 250.000.000 per transaksi, dengan batas harian maksimum IDR 500.000.000.
  3. Untuk KlikBCA Bisnis dan API BCA, batasan transaksi terdiri dari:
  • Batas transaksi harian untuk organisasi atau badan usaha adalah IDR 200 miliar, dengan batas maksimum per transaksi IDR 250 juta.
  • Batas transaksi harian untuk perorangan atau individu adalah IDR 50 miliar, dengan batas maksimum per transaksi IDR 250 juta.
  • Pengguna BCA mobile dan ATM dapat mentransfer dana hingga batas maksimum sesuai dengan limit kartu masing-masing.

Untuk melihat cara menggunakan layanan BI FAST untuk semua platform BCA yang tersedia, kamu bisa melihat link ini.

3. Dengan Transfer Clearing/SKN

Jalur transfer SKN, atau sering juga disebut jalur transfer Lalu Lintas Giro (LLG) merupakan metode transfer antar bank yang memakan waktu paling lama. Uang yang kamu kirimkan baru dapat terkirim ke penerima dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Hal ini dikarenakan pihak bank mesti melakukan proses kliring (clearing) terlebih dahulu terhadap rekening pengirim untuk memastikan jumlah uang yang dikirim mencukupi. Dalam alur sistem SKN, pihak bank pengirim harus mengirimkan uang dulu ke Bank Indonesia (BI), baru setelah itu pihak BI mengirim uangnya ke rekening bank penerima. Keberadaan Bank Indonesia di tengah dalam proses ini adalah alasan mengapa proses transfer via SKN memakan waktu lama.

Meskipun demikian, kamu bisa mentransfer uang hingga maksimal IDR 100.000.000 per hari dengan metode ini. Jadinya metode satu ini cocok bila kamu ingin mengirim uang dalam jumlah besar. Ditambah lagi, biaya admisi transfer jalur SKN merupakan yang paling murah, yakni hanya IDR 5.000 saja.

4. Memanfaatkan Transfer RTGS

Selain melalui cara transfer yang disebutkan sebelumnya, ada juga metode transfer lain, yaitu melalui LLG dan RTGS. Biaya transfer BCA ke bank lain melalui LLG adalah IDR 2.900 untuk transaksi di bawah IDR 1 milliar, baik melalui cabang BCA maupun internet banking.

Sementara itu, jika kamu memilih RTGS, tarifnya senilai IDR 30.000 apabila melalui cabang BCA dan IDR 25.000 via internet banking. LLG atau Lalu Lintas Giro sendiri merupakan metode transfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring. Sedangkan RTGS atau Real Time Gross Settlement adalah jenis transfer antar bank menggunakan real time agar proses transfer bisa berlangsung lebih cepat.

Dari sisi nominal, RTGS dapat digunakan untuk mentransfer uang dalam jumlah yang lebih besar. RTGS digunakan untuk transaksi dengan nilai nominal lebih besar dari 100 juta rupiah (>IDR 100 juta). Sedangkan untuk LLG, limit transaksinya adalah kurang dari atau sama dengan satu miliar rupiah (<= IDR 1 M).

5. Pakai Topremit Local Transfer

Selain menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri yang lebih mudah, murah & cepat, Topremit juga kini menyediakan layanan transfer lokal antar 130+ bank di Indonesia lho!

Layanan ini bisa bantu kamu transfer hingga IDR 250 juta per transaksi dengan biaya transfer flat, cuma IDR 1,500 aja. Jadi kamu bisa transfer dari BCA ke BNI, BNI ke Mandiri, Mandiri ke BCA, dan hingga antar 130+ bank di Indonesia lainnya. Berikut detail-detail penting yang harus kamu ketahui:

Layanan Mode Normal

Dengan memilih layanan Mode Normal, cukup bayar biaya transfer flat IDR 1,500, kamu udah bisa kirim uang ke berbagai bank di Indonesia. Uang yang dikirim bisa sampai ke rekening penerima di hari kerja bank yang sama jika transaksi diselesaikan sebelum pukul 14.00 (GMT+7).

Layanan Mode Instan

Butuh alternatif lain yang lebih cepat? Tenang, pakai Mode Instan aja. Uang kamu bisa sampai ke rekening penerima hanya dalam 5 menit kalau transaksi diselesaikan sebelum pukul 17.00 (GMT+7). Kamu juga gak perlu takut mahal karena biaya transfernya flat, cuma IDR 1,900 lho! Udah sat set, murah, limit transaksinya juga tinggi lagi, cocok banget untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Tertarik? Yuk cobain layanan Transfer Domestik dari Topremit biar kamu bisa kirim uang antar bank di Indonesia dengan lebih mudah, murah, dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.