7 E-Commerce China Terbesar dan Paling Populer

China Nov 20, 2023

Era digital telah mengubah kebiasaan masyarakat China dalam berbelanja. Pasalnya setelah teknologi berkembang cepat, banyak e-commerce yang lahir dengan tujuan memudahkan transaksi konsumen agar bisa dilakukan setiap waktu tanpa terhalang apapun. Hal ini juga mengakibatkan terbentuknya persaingan di industri bisnis digital, sebelum akhirnya beberapa perusahaan menjadi e-commerce terbesar dengan popularitas yang mendunia. Berikut 7 e-commerce China terbesar dan terpopuler yang menyediakan beragam jenis produk.Check it out!

Taobao (淘宝)

Taobao
Taobao

Taobao didirikan pada 2003 dan menjadi e-commerce C2C terbesar di China sejak 2005 setelah berhasil mengalahkan eBay. Mayoritas pengguna Taobao berada pada rentang usia 20-25 tahun yang memanfaatkan Taobao untuk mencari informasi lengkap mengenai produk-produk yang dijual, menonton live streaming para penjual, hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Taobao di antaranya variasi barang beragam, sistem pembayaran antar negara yang mudah karena dapat dilakukan melalui Alipay dan Unionpay, sistem pembelian simpel, dan mengutamakan preferensi konsumen melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI).

JD (京东)

JD
JD

Salah satu e-commerce yang telah eksis di China sejak hampir 30 tahun lalu adalah JD. Didirikan oleh Liu Qiangdong pada 1988 di Beijing, awalnya JD hanya sebuah toko offline yang menjual peralatan komputer. Namun, wabah epidemi SARS pada 2003 memaksa perusahaan ini untuk mengubah model bisnisnya menjadi online untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan mudah. Hal ini pun menjadikan JD sebagai salah satu peritel B2C terbesar di China dengan 301,8 juta pengguna pada kuartal pertama 2018. Tidak hanya berfokus menjual barang-barang elektronik seperti komputer dan handphone, JD kini juga menjual produk fashion, olahraga, serta hobi.

Pinduoduo (拼多多)

Pinduoduo
Pinduoduo

Meskipun baru berdiri pada 2015 di Shanghai, Pinduoduo digadang-gadang sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, bahkan pertumbuhannya mencapai 50% per tahun dengan jumlah pengguna hampir sebanyak Alibaba dan JD. Pinduoduo juga platform terbesar untuk perdagangan produk pertanian dan dianggap sebagai penghubung para petani di China dengan masyarakat perkotaan. Selain itu, produk-produk lain seperti camilan, peralatan rumah tangga, fashion, dan make up juga dapat kamu temukan di e-commerce satu ini. Di 2021, Pinduoduo termasuk salah satu platform e-commerce teratas dengan Gross Merchandise Value (GMV) mencapai 383 miliar dolar AS.

Douyin (抖音)

Douyin
Douyin

Kamu pasti tidak asing dengan TikTok kan? Nah, Douyin adalah versi China dari TikTok yang sama-sama dimiliki oleh Bytedance. Douyin hanya bisa diakses di China, sedangkan TikTok dapat diakses secara internasional di berbagai negara. Pada Maret 2018, Douyin memperkenalkan platform e-commerce mereka yang sebenarnya juga kita kenal sebagai TikTok Shop.

Pada paruh pertama 2022, produk yang dijual di Douyin mencapai 100 juta produk dari 300 ribu brand. Douyin memungkinkan pengguna untuk melihat konten video, melihat review produk, berbelanja, hingga melakukan pembayaran hanya dalam beberapa klik saja. Selain itu, disediakan juga fitur iklan yang dapat digunakan penjual untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan menjual lebih banyak produk.

Meituan (美团)

Meituan
Meituan

Meituan didirikan oleh Wang Xing pada 2010. Meituan berfokus pada layanan pemesanan makanan, hotel, tiket perjalanan, dan hiburan. Di 2020 lalu, Meituan melakukan merger dengan Dazhong Dianping hingga akhirnya berubah nama menjadi Meituan Dianping. Dilansir dari Market Cap tahun 2023, Meituan masuk dalam jajaran 10 e-commerce terbesar di dunia, memiliki 240 juta pengguna dengan jumlah merchant mencapai 5 juta. Di tahun 2021, Meituan bahkan membukukan GMV sebesar 140 miliar dolar AS.

TMall (天猫)

TMall
TMall

Alibaba Group punya platform e-commerce lain dengan popularitas tak kalah dari Taobao yang disebut TMall. Awalnya TMall tergabung dengan Taobao sebelum akhirnya menjadi platform independen untuk menyasar target pasar yang berbeda, yaitu kelas menengah ke atas. TMall menjual produk-produk dengan kualitas premium dari berbagai merek internasional sehingga tidak heran jika harga yang ditawarkan juga lebih tinggi dibanding produk-produk yang dijual di Taobao. Selain itu, TMall juga dikenal memiliki layanan pelanggan tingkat tinggi, seperti kebijakan pengembalian barang yang simpel, waktu pengiriman cepat, dan customer service yang responsif.

Alibaba (阿里巴巴)

Alibaba
Alibaba

Didirikan oleh Jack Ma dan teman-temannya, Alibaba merupakan salah satu platform e-commerce B2B terbesar di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 1,31 miliar pengguna secara global di tahun 2022. Alibaba memudahkan para pemilik bisnis untuk terhubung dengan vendor atau supplier di China guna melakukan transaksi ekspor-impor dalam skala besar kapan saja dan di mana saja. Produk-produk yang dijual di Alibaba juga sangat beragam, mulai dari alat elektronik, mesin-mesin industri, furniture, hingga produk fashion dan kecantikan. Untuk cara lengkap berbelanja di Alibaba, bisa kamu lihat di sini, ya.

Nah untuk kamu yang berniat belanja di Alibaba tapi gak mau ribet dan biayanya mahal, bisa banget pakai Topremit. Dengan Topremit, pembayaran ke Alibaba bisa dari mana pun dan kapan pun lewat smartphone, jadi anti ribet dan anti repot. Udah gitu biaya transfernya flat lagi.

Mau makin hemat? Bisa! Download aplikasi Topremit sekarang dan gunakan kode referral "BAYARALIBABA" saat membuat akun untuk dapatkan voucher diskon 50% biaya transfer yang bisa kamu pakai untuk membayar belanjaan di Alibaba. Promonya berlaku hingga 31 Desember 2023 lho. Makanya jangan tunda lagi, download Topremit sekarang dan klaim diskonnya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.