Rekomendasi Impor Barang Dari China Untuk Dijual Di Indonesia

impor Apr 28, 2022

Salah negara yang jadi sumber impor barang - barang untuk dijual lagi di indonesia adalah negara China, hal ini dikarenakan produk hasil negara tersebut terbilang cukup terjangkau sehingga membuat banyak pebisnis di indonesia tertarik untuk menjual kembali barang - barang tersebut ke pasaran lokal. Menurut data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik Indonesia, China menjadi salah satu negara utama untuk impor nonmigas Indonesia dengan nilai sebesar 55,74 Miliar USD pada tahun 2021 lalu. Impor terbesar nonmigas tersebut didominasi dengan barang - barang Elektronik dan Mesin, hal ini tentunya dapat kita lihat dengan banyaknya produk elektronik seperti smartphone, laptop, gawai asal China yang membanjiri pasaran indonesia dan kerap diminati oleh masyarakat tanah air.

Jika kamu tertarik untuk mengimpor barang - barang dari China tersebut, kamu sebelumnya harus mengetahui jalur - jalur impornya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips cara mengimpor barang dari China berdasarkan jalur impornya.

Tips Mengimpor Barang Dari China

Jalur Pelabuhan

Cara yang satu ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh importir produk - produk China pada umumnya, kamu perlu bertemu atau berkomunikasi dengan pihak produsen barang  yang ingin kamu impor dari China untuk membuat kesepakatan yang berhubungan dengan penjualan produk tersebut dari mulai jenis dan spesifikasi produk, harga, hingga proses pengirimannya. Cara ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengimpor barang dengan skala besar, namun biasanya biaya pajak yang harus dikeluarkan untuk impor terbilang cukup tinggi sehingga rata - rata jalur ini pada umumnya digunakan oleh perusahan - perusahaan besar saja.

Jalur Marketplace Online

Jika skala impor barang yang ingin kamu lakukan tidak terlalu besar, kamu bisa coba impor barang dari China dengan melalui beberapa marketplace online seperti Alibaba, 1688 atau Taobao. Selain pilihan produk yang terbilang cukup variatif, kamu juga tidak perlu terlalu repot karena segala proses pembelian barang impor hingga pengiriman bisa kamu lakukan secara online. Akan tetapi kamu perlu memperhatikan juga biaya pengiriman produk - produk tersebut apakah sesuai dengan budget impor kamu.

Jalur Pariwisata

Jika kamu merupakan seorang yang suka berwisata ke negeri China, cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk impor barang dari negara tersebut. Saat kamu berwisata ke negara China, biasanya agen pariwisata kamu akan mengantarkan kamu ke tempat yang biasa dikunjungi untuk membeli produk - produk lokal asal China, disini kamu bisa membeli secara langsung barang - barang yang akan kamu jual kembali pada saat pulang ke indonesia nanti sehingga harganya pun akan menjadi lebih murah, meskipun begitu kekurangan metode ini adalah kuantitas barang yang dapat kamu bawa pulang kembali ke indonesia tidak bisa terlalu banyak dan cenderung terbatas jumlahnya.

Jalur Pribadi

Jika kamu memang berniat untuk mengimpor barang dari China secara langsung, kamu bisa pergi langsung ke negara tersebut dan mengunjungi beberapa produsen produk yang ingin kamu impor seperti pabrik atau toko - toko tertentu dan melakukan kesepakatan bisnis untuk hal - hal seperti kuantitas barang yang akan diimpor hingga prosedur dan biaya pengiriman ke indonesia. Cara ini bisa kamu pilih karena memungkinkan kamu untuk memilih secara langsung barang yang akan kamu impor secara langsung  tanpa perantara, akan tetapi kamu perlu menyiapkan biaya perjalanan ke negara tersebut yang tentunya tidak dapat dibilang sedikit.

Produk Impor Dari China Terbaik

Setelah kamu menentukan cara impor barang dari negara China, kamu tinggal memilih kira - kira barang apa yang akan kamu impor, jika masih ragu dalam menentukan produk impor yang kira - kira akan laku di pasaran, kamu bisa memilih jenis produk yang kami rekomendasikan berikut ini:

Perangkat elektronik

Sudah bukan rahasia lagi jika barang - barang elektronik seperti TV, Smartphone, laptop, pendingin ruangan dan sebagainya biasanya memang berasal dari negara tirai bambu tersebut. Selain dikarenakan harganya yang terbilang cukup terjangkau, produk - produk yang ditawarkan umumnya cukup variatif sehingga cenderung cukup laku keras di pasaran indonesia. Brand - brand seperti Xiaomi, Huawei dan sebagainya pun sudah sangat familiar di berbagai kalangan masyarakat tanah air sehingga kamu tidak akan perlu repot - repot untuk memperkenalkan produk brand tersebut ke calon pembeli kamu.

Produk Fashion

Salah satu produk yang bisa kamu impor dari negara China adalah produk - produk fashion pria dan wanita, selain banyak sekali jenis produk yang bisa kamu impor seperti Tshirt, Jaket, Tas,sepatu, dll. Produk - produk tersebut juga umumnya memiliki harga yang bersaing dan terjangkau sehingga nantinya akan banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli produk impor yang kamu jual.

Mainan Anak - Anak

Jenis produk asal China yang juga cukup laris manis di indonesia antara lain adalah mainan anak - anak, dari mulai puzzle dan balok susun, boneka, miniatur mobil - mobilan hingga robot bisa kamu jadikan pilihan barang impor yang akan kamu jual kembali. Jenis dan model serta harganya pun sangat variatif sehingga bisa kamu sesuaikan dengan target pasar yang akan kamu tuju.

Peralatan rumah tangga

Kebutuhan akan peralatan rumah tangga di indonesia tentunya sangatlah tinggi mengingat jumlah penduduk indonesia yang mencapai lebih dari 273 juta penduduk berdasarkan data kependudukan Kemendagri. Hal ini tentunya menjadi sebuah peluang tersendiri bagi kamu sebagai seorang pebisnis, perabotan seperti alat - alat kebersihan, peralatan makan hingga furnitur asal negara China bisa menjadi opsi yang bagus untuk kamu pilih sebagai produk impor untuk dijual kembali.

Aksesoris Gadget

Menurut data Badan Pusat Statistik pada tahun 2020 lalu, persentase pengguna telepon seluler di Indonesia telah mencapai 90,75% dari total jumlah penduduk, berbagai merek smartphone pun sudah dapat kita jumpai dengan mudah setiap harinya di pasaran. Hal ini tentunya menjadi sebuah peluang yang bisa kamu manfaatkan dengan menjual berbagai aksesoris gadget seperti headset, charger, kabel konektor hingga casing smartphone yang bisa kamu impor dari China, umumnya harga aksesoris tersebut relatif terjangkau untuk kebanyakan masyarakat indonesia dengan kualitas yang terbilang cukup bagus.

Itulah tadi beberapa rekomendasi barang - barang yang bisa kamu impor dari negara China untuk dijual kembali di Indonesia. Tentunya kamu perlu memilih dengan tepat barang impor apa saja yang memiliki kualitas bagus sehingga bisa laku keras saat nanti kamu jual. Disamping itu, kamu juga harus memilih layanan pengiriman uang yang tepat untuk keperluan bisnis kamu pada saat impor barang sehingga nantinya proses impor barang tersebut menjadi lancar tanpa kendala, kamu tidak usah bingung dan cukup percayakan hal tersebut pada Topremit sebagai jasa pengiriman uang yang bisa kamu andalkan untuk berbagai kebutuhan pengiriman uang kamu.

Topremit adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang membutuhkan Kirim Uang Ke China secara mudah dan simpel, dengan dukungan pengiriman uang ke lebih dari 60 negara, kamu dapat mengirimkan uang secara aman dan cepat hanya dalam waktu mulai dari 5 menit dengan Topremit.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.