11 Kampus Terbaik di Inggris 2023

Inggris Aug 10, 2023

Inggris merupakan salah satu negara favorit tujuan pendidikan. Beberapa kampus di sana bahkan jadi institusi pendidikan tertua dan terkenal di dunia. Kualitas pendidikan di Inggris juga tercermin dari para ilmuwannya yang tersohor. Maka tak heran, negara ini pun jadi incaran para calon mahasiswa di berbagai belahan dunia karena kualitas pendidikannya yang yak main-main.

Faktor lain yang membuat Inggris jadi destinasi pendidikan terbaik di dunia adalah karena biayanya. Kalau dibandingkan dengan negara favorit tujuan pendidikan seperti Amerika Serikat atau Australia, biaya kuliah di Inggris jauh lebih murah. Kamu juga bisa mengambil post-study work visa agar bisa bekerja selama 2 tahun setelah lulus kuliah.

Apakah kamu mulai tertarik kuliah di Inggris? Jangan khawatir, beberapa kampus di Inggris juga menyediakan beasiswa internasional yang bisa dicoba. Tapi kalau kamu memilih jalur umum, tak perlu khawatir soal transfer biaya kuliahnya. Sekarang ada Topremit yang bisa kirim uang ke Inggris dengan cepat, dan aman. Ini karena Topremit sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan menjangkau 70+ negara di dunia, termasuk Inggris.

Setelah tahu keunggulan kuliah di Inggris, kamu mungkin bertanya-tanya kampus mana saja yang punya kualitas terbaik. Ini dia rangkuman 11 kampus terbaik di Inggris 2023 khusus buat kamu!

Kampus Terbaik Di Inggris 2023

1. University of Oxford

University of Oxford

University of Oxford adalah salah satu kampus tertua dan terbaik di dunia. Kampus ini punya 100 perpustakaan yang beberapa di antaranya sudah ada sejak abad ke-17. University of Oxford menempati peringkat pertama dunia versi World University Ranking 2023 dan peringkat keempat versi QS World University Ranking 2023. Beberapa jurusan terbaik University of Oxford di antaranya adalah ekonomi, filsafat, dan geografi.

2. University of Cambridge

University of Cambridge

Kampus ini sudah ada sejak abad ke-13. Pendidikan matematikanya merupakan yang terbaik dan menjadi tempat menimba ilmu bagi banyak ilmuwan di Inggris. Data Februari 2022, sudah ada sebanyak 90 orang penerima nobel dan 11 pemegang medali Fields. University of Cambridge berada di urutan kedunia versi QS World University Ranking 2023 dan ketiga dunia versi World Univeristy Rangkin 2023.

Kamu mengenal Isaac Newton? Yup, ilmuwan penemu gravitasi bumi ini merupakan lulusan dari kampus satu ini, lho! Jurusan-jurusan terbaik di University of Cambridge di antaranya adalah arsitektur, bahasa inggris, serta linguistik.

3. Imperial College London

Imperial College London

Jurusan sains, teknologi, teknik, kedokteran, dan bisnis dari kampus ini masuk dalam daftar terbaik di dunia. Kampus ini sudah ada sejak abad 20 dan salah satu alumni terbaiknya adalah Sir Alexander Fleming, seorang biologis dan farmakologis. QS World University Ranking 2023 menempatkan Imperial College London pada peringkat 6 dunia, dan 10 di The World University Ranking 2023.

4. University College London (UCL)

University College London (UCL)

Kampus yang punya nama UCL ini sudah ada sejak tahun 1826. Lulusannya bahkan jadi tokoh terkenal di dunia. Sebut saja tokoh spiritual Mahatma Gandhi, penemu telepon Alexander Graham Bell, hingga Chris Martin dan teman-temannya yang tergabung dalam band Coldplay. UCL ada di peringkat 22 dunia versi The World University Ranking 2023 dan ke-8 versi QS World University Ranking 2023.

5. London School of Economics and Political Science (LSE)

London School of Economics and Political Science (LSE)

LSE unggul dalam bidang hukum, ekonomi, sejarah, filsafat, dan politik. Kampus ini sudah menguasai 26 persen nobel di bidang ekonomi. Itu tak heran karena lulusannya juga banyak jadi tokoh terkenal. Salah satunya adalah mantan perdana menteri Inggris, Clement Richard Attlee. LSE menduduki peringkat 37 di The World University Ranking 2023 dan 56 versi QS World University Ranking 2023.

6. University of Edinburgh

University of Edinburgh

Salah satu universitas paling tua keenam di dunia ini sudah berdiri sejak tahun 1583. Jurusan di kampus ini antara lain humaniora dan ilmu sosial, kedokteran dan kedokteran hewan, serta ilmu pengetahuan alam dan teknik. University of Edinburgh menempati posisi 15 dalam daftar QS World University Ranking 2023. Sementara di The World University Ranking 2023, kampus ini berada di peringkat 29 dunia.

7. King's College London

King's College London

Kampus ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington di tahun 1829. Jadi pantas saja namanya berjuluk king. King's College London menjadi salah satu pusat pendidikan medis, serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa. Kampus ini berada di posisi 35 di dunia versi The World University Ranking 2020. Sementara di daftar QS World University Ranking 2023 KCL menempati posisi 37.

8. University of Bristol

University of Bristol

Kampus yang terletak di Bristol, Inggris, ini menempati posisi ke 76 versi The World University Ranking 2023 dan 61 di QS World University Ranking 2023. University of Bristol punya enam fakultas, yaitu fakultas kesenian, fakultas teknik, fakultas kedokteran dan kedokteran hewan, fakultas ilmu pengetahuan alam, fakultas kedokteran gigi, dan fakultas ilmu sosial dan hukum.

9. The University of Manchester

The University of Manchester

Kampus ini merupakan gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Selain itu, ada beberapa aset budaya yang juga dimiliki oleh kampus ini, antara lain Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory. The University of Manchester ada di peringkat 28 versi QS World University Ranking 2023 dan 54 dalam The World University Ranking 2023.

10. University of Glasgow

University of Glasgow

Kamus ini adalah yang tertua keempat di dunia. University of Glasgow dirikan pada tahun 1451 dan hingga kini punya empat fakultas yakni seni, departemen ilmu pengetahuan alam dan teknik, departemen ilmu Sosial, serta departemen kedokteran dan kedokteran hewan. Kampus ini berada di urutan 82 dunia versi The World University Ranking 2023 dan 81 versi QS World University Ranking 2023.

11. University of Birmingham

University of Birmingham

University of Birmingham masuk dalam daftar 100 kampus terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2023, tepatnya di peringkat 91. Sementara dalam daftar The World University Ranking 2023 urutannya berada di 108 dunia. Kampus ini punya beberapa fakultas antara lain seni dan hukum, departemen ilmu fisika dan teknik, departemen ilmu lingkungan hidup, departemen kedokteran dan kedokteran gigi, departemen ilmu pengetahuan alam dan seni liberal, serta departemen ilmu sosial.

Itu dia daftar kampus favorit dan terbaik di Inggris yang bisa kamu tuju untuk kuliah. Kalau ingin menjadi salah satu mahasiswanya, jangan bosan terus berlatih dan belajar ya! Selain itu jangan lupa juga kirim uang ke Inggris menggunakan layanan Topremit.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.