7 Rekomendasi Film India Populer yang Melegenda

India Nov 3, 2023

Film India telah memikat penonton dari seluruh dunia dengan cerita, musik, dan tarian yang memikat. Melalui artikel ini, yuk jelajahi rekomendasi film India populer dan melegenda yang harus kamu tonton. Check it out!

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Kuch Kuch Hota Hai

Film Kuch Kuch Hota Hai adalah salah satu film India paling legendaris yang mungkin sudah diputar puluhan kali di banyak stasiun televisi di Indonesia. Film yang disutradarai Karan Johar ini dirilis pada 1998 dan termasuk salah satu film India terlaris. Makanya tak heran jika keuntungan yang dihasilkan mencapai 11 juta dolar Amerika di India dan 6.3 juta dolar Amerika di luar negeri.

Dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol, film ini menceritakan seorang anak yang berniat menyatukan kembali kisah cinta ayahnya dengan sang sahabat lama. Di film Kuch Kuch Hota Hai, kamu akan diajak untuk menyelami berbagai emosi para sekaligus menikmati keindahan latar tempat yang digunakan, mengingat pengambilan gambarnya dilakukan di India, Skotlandia, dan Mauritius.  Film Kuch Kuch Hota hai juga menyabet banyak penghargaan, baik internasional maupun lokal, misalnya Best Film di Filmfare Awards, Zee Cine Awards, Screen Award, dan Bollywood Movie Awards, serta Best Popular Film di National Film Awards. Tak hanya itu, para pemeran utama dan pemeran pendukungnya juga memborong piala untuk kategori acting dari penghargaan bergengsi di India.

Mann (1999)

Mann

Mann dibintangi oleh Aamir Khan dan Mainisha Koirala. Film ini dibuat berdasarkan film Bheegi Raat yang dirilis pada 1965 dan merupakan remake dari film Amerika tahun 1957 berjudul An Affair to Remember. Dengan durasi 160 menit, Mann menceritakan tentang Dev Karan yang jatuh cinta dengan Priya di kapal pesiar. Namun, kisah cinta keduanya tidak dapat dilanjutkan karena mereka sudah memiliki pasangan masing-masing yang tidak dicintai. Mann memadukan genre romance hingga tragedi yang bisa membuat penonton senyum-senyum sendiri dan menangis tersedu-sedu. Film Mann meraup keuntungan sebesar 5 juta dolar Amerika dengan biaya pembuatan mencapai 2 juta dolar.

Mohabbatein (2000)

Mohabbatein

Cerita dalam film Mohabbatein diawali dari tiga pemuda bernama Sameer, Karan, dan Vikram, yang jatuh cinta dengan tiga gadis berbeda, namun kampus mereka (Gurukul) melarang mahasiswanya untuk menjalin hubungan cinta. Salah satu guru mereka yang bernama Raj Aryan mengetahui hal tersebut dan malah membantu ketiganya. Tindakannya Raj mengundang kemarahan dari pimpinan Gurukul yang selanjutnya jadi penyebab terkuaknya kisah antara Raj dengan Gurukul. Mohabbatein populer sejak pertama dirilis karena dibintangi oleh para mega bintang Bollywood, yaitu Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai dan Amitabh Bhachan. Selain itu, adegan-adegan menguras emosi dan visual yang memukau juga jadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

Lagaan (2001)

Lagaan

Lagaan mengisahkan perjuangan rakyat yang tinggal di desa kecil di India untuk melawan penjajahan Inggris. Melalui olahraga kriket, mereka bersaing dengan penjajah untuk memperjuangkan hak dan mencegah naiknya tarif pajak yang bisa mencekik masyarakat. Lagaan dibintangi sekaligus diproduseri oleh Aamir Khan dan menyabet hingga 56 penghargaan dan masuk ke banyak nominasi bergengsi. Selain itu, film yang disutradarai Ashutosh Gowariker ini juga direview oleh media-media internasional, sebut saja BBC, Time, dan Empire.

Kabhi Khushi Kabhi Gham (2001)

Kabhi Khushi Kabhi Gham adalah salah satu film yang jadi ajang reuni Shah Rukh Khan dan Kajol. Menceritakan tentang sebuah keluarga terpandang yang menjunjung tradisi dan kasta. Yashvardhan Raichand, sang ayah, selalu mengingatkan putranya, Rahul untuk mencari kekasih yang setara dengan mereka demi menjaga martabat dan tradisi keluarga. Di luar dugaan, Rahul malah menyukai gadis biasa dari keluarga sederhana hingga berniat menikahinya. Hal ini tentu menyulut kemarahan sang ayah dan akhirnya ia mengusir Rahul.

Puncak konflik ada saat adik Rahul sudah dewasa dan mendatanginya hingga ke Inggris. Film ini diklaim sebagai salah satu film tersedih yang bisa bikin penonton banjir air mata, bahkan setelah ditonton berkali-kali.

Koi Mil Gaya (2003)

Koi Mil Gaya

Setelah film-film dengan genre romance mendominasi industri film Bollywood, Koi Mil Gaya hadir sebagai gaya baru yang berbeda sehingga dapat menarik banyak penonton. Popularitas film ini kemudian menyebabkan Koi Mil Gaya meraup banyak keuntungan hingga menjadikannya sebagai film dengan keuntungan tertinggi kedua di tahun 2003.

Koi Mil Gaya adalah film dengan genre sci-fi atau fiksi ilmiah yang menceritakan keberhasilan seorang ilmuwan dalam membuat komputer untuk berkomunikasi dengan alien. Hrithik Roshan yang berperan sebagai Rohit, anak ilmuwan tersebut, tak sengaja menemukan komputer milik ayahnya dan memanggil alien hingga datang ke bumi. Alien yang diberi nama Jadoo itu berakhir menjadi teman Rohit dan membantunya agar mendapat popularitas di kalangan teman-temannya.

Veer Zaara (2004)

Veer Zaara

Veer Zaara, salah satu film yang bisa bikin penonton nangis bombay karena jalan ceritanya yang sedih sekaligus mengharukan. Film ini bermula saat Zaara Hayat Khan (Preity Zinta), seorang perempuan Pakistan, tidak sengaja bertemu dengan salah satu pilot Angkatan Udara India bernama Veer Pratap Singh (Shah Rukh Khan) saat operasi penyelamatan kecelakaan.

Mengangkat isu konflik India dengan Pakistan, dikisahkan Veer dan Zaara tidak bisa bersama karena kedua negara tersebut sedang berseteru. Saat Veer menyusul Zaara ke Pakistan, ia malah dianggap sebagai mata-mata hingga dijebloskan ke penjara. Puncak haru di film ini adalah saat Veer dan Zaara kembali bertemu setelah bertahun-tahun tidak mengetahui kabar satu sama lain.

Itulah 7 rekomendasi film India populer yang melegenda. Ada lagi, lho yang legendaris dan kamu wajib tahu, yaitu kamu bisa transfer uang GRATIS ke India sampai akhir November dengan Topremit! Caranya gampang banget, cukup download aplikasi Topremit dan masukkan kode promo ‘INDIAFREE’ saat melakukan transaksi agar biaya transfermu jadi 100% gratis.

Nah, kapan lagi kan bisa jadi super hemat untuk kirim uang ke India? Makanya, yuk cobain Topremit sekarang sebelum kehabisan promonya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.