Cek 11 Strategi Pemasaran Online yang Wajib Pebisnis Tau!

Bisnis Apr 3, 2024

Di era saat ini, pemasaran online punya peran krusial untuk meningkatkan brand awareness, membangun kredibilitas, hingga meningkatkan keuntungan. Untuk itu, kamu sebagai pengusaha harus familiar dengan berbagai strategi pemasaran online untuk menjaga keberlangsungan bisnis kamu. Berikut informasi mengenai strategi pemasaran online yang wajib kamu ketahui.

Apa Itu Pemasaran Online?

Pemasaran online juga dikenal sebagai sebagai e-marketing, digital marketing, dan internet marketing, yaitu strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai media online untuk mempromosikan produk atau jasa.

Pemasaran online kini banyak digunakan oleh berbagai brand karena bisa menjangkau lebih banyak konsumen secara real time, relevan, dan interaktif. Inilah yang menyebabkan pemasaran online dapat membangun interaksi dengan konsumen serta membentuk loyalitas konsumen.

Manfaat Pemasaran Online

Pemasaran online memiliki beragam manfaat, di antaranya sebagai berikut:

  1. Perluasan pangsa pasar.
  2. Perluasan jangkauan konsumen.
  3. Peningkatan penjualan.
  4. Peningkatan brand awareness.
  5. Efisiensi biaya, khususnya pada biaya promosi dan distribusi.
  6. Pembentukan interaksi dan hubungan yang lebih erat dengan konsumen.

Contoh Strategi Pemasaran Online

Online Branding

Online branding atau digital branding kegiatan membangun serta menciptakan citra merek lewat berbagai platform digital seperti website, aplikasi, dan media sosial. Online branding bertujuan untuk membangun konsistensi jangka panjang dan ikatan emosional dengan konsumen serta menciptakan beragam strategi pemasaran yang berhasil.

Content Marketing

Seperti namanya, strategi yang satu ini memanfaatkan konten untuk pemasaran online. Konten-konten tersebut dapat berbentuk foto atau gambar, video, audio, serta teks yang dipublikasi melalui media sosial, platform multimedia, website, hingga perangkat mobile guna membangun brand awareness dan engagement.

Visual Marketing

Visual marketing merupakan upaya mengomunikasikan produk atau merek dengan menggunakan media visual seperti gambar dan video. Strategi jenis ini bisa membangun koneksi secara emosional dengan audiens secara lebih personal dan interaktif.

Mobile Marketing

Mobile marketing adalah strategi pemasaran online yang ditujukan untuk menjangkau audiens pengguna perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Strategi ini bisa dijalankan melalui SMS, aplikasi, email, hingga website.

Social Media Marketing

Social media marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial brand atau produk untuk meningkatkan traffic dan leads.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses optimasi website agar berada pada halaman pertama Search Engine Result Pages (SERPs) untuk meningkatkan traffic.

PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC) merupakan strategi dalam meningkatkan traffic website dengan membayar kepada media pengiklan setiap kali iklan tersebut diklik. Media pengiklan yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google AdWords.

Email Marketing

Email marketing yaitu pemasaran yang menggunakan email sebagai media untuk berkomunikasi dengan konsumen. Biasanya metode jenis ini digunakan untuk mempromosikan event, diskon, maupun konten yang berfungsi untuk langsung mengarahkan konsumen mengunjungi website resmi suatu merek.

WhatsApp Marketing

WhatsApp marketing adalah strategi pemasaran online melalui WhatsApp guna mempromosikan layanan atau produk kepada konsumen maupun calon konsumen.

Influencer Marketing

Influencer marketing saat ini sedang cukup populer karena konsumen dinilai lebih percaya pada sesuatu yang dikatakan influencer favorit mereka dibanding hanya sekadar melihat iklan saja. Namun untuk para pemilik bisnis, pemilihan influencer dan pengalokasian budget harus diperhatikan serta disesuaikan dengan kebutuhan.

CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi untuk mengelola hubungan perusahaan dengan konsumen. Jadi tujuan utamanya adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen yang pernah menggunakan produk atau layanan  kamu.

Itulah 11 strategi pemasaran online yang dapat kamu terapkan di bisnis kamu. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.