Panduan Hemat untuk Liburan ke Singapura

Singapura Jun 19, 2023

Singapura sering menjadi tujuan liburan ekonomis bagi para backpacker karena dekat dengan Indonesia. Selain itu, Singapura sebagai negara maju yang bersih, menjadi pilihan yang cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Berikut ini adalah tips dan trik untuk liburan hemat di Singapura:

Tips Liburan ke Singapura

1. Cari tiket pesawat dengan harga terjangkau

Untuk efisiensi perjalanan, disarankan menggunakan transportasi udara ke Singapura. Sebelum berangkat, carilah tiket pesawat dengan harga murah. Saat ini, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket dari Surabaya atau Jakarta ke Singapura. Pantau situs web atau kunjungi stand penjualan maskapai saat ada penawaran khusus.

2. Pesan akomodasi dengan lebih awal

Selain mencari tiket pesawat murah, persiapkan juga pemesanan akomodasi sebelum berangkat ke Singapura. Banyak situs web yang menyediakan pemesanan hotel dengan berbagai pilihan harga. Cari hotel-hotel di Singapura dengan tarif ekonomis untuk menghemat pengeluaran.

3. Gunakan peta manual dan digital

Peta merupakan alat penting bagi seorang backpacker di Singapura. Meskipun peta digital di smartphone lebih praktis, jangan lupakan peta manual. Di bandara Changi, tersedia peta manual secara gratis yang dapat membantu memandu perjalanan Anda di Singapura.

4. Gunakan transportasi MRT

Transportasi menjadi bagian penting dalam perjalanan backpacker. Untuk menghemat pengeluaran, gunakanlah MRT (Mass Rapid Transit) sebagai sarana transportasi utama di Singapura. Beli kartu Ez Link di loket stasiun sebelum naik MRT, karena kartu ini memudahkan perjalanan Anda ke mana saja.

5. Tukar mata uang sebelum berangkat

Pastikan menukar uang ke mata uang Singapura sebelum berlibur. Anda dapat menukar uang di money changer di Indonesia sebagai cadangan untuk pengeluaran tak terduga setelah tiba di Singapura. Selain itu, bawa juga kartu kredit atau kartu ATM sebagai backup jika ada pengeluaran di luar anggaran.

6. Temukan makanan murah dan lezat

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas Singapura saat berlibur. Singapura memiliki banyak makanan khas yang dijual dengan harga terjangkau. Untuk menekan pengeluaran, kunjungilah Hawker Center, tempat makan dengan banyak pilihan makanan lezat dan harga yang ramah di kantong. Food junction di Harbourfront Center juga merupakan pilihan yang baik.

7. Temukan tempat belanja murah di Singapura

Jika Anda ingin berbelanja saat berlibur di Singapura, ada beberapa tempat yang ramah bagi backpacker. Chinatown, Lucky Plaza, dan Geylang Galert adalah beberapa tempat yang cocok untuk mencari oleh-oleh, seperti souvenir, aksesori, atau makanan ringan dengan harga terjangkau.

8. Bawa botol minum sendiri

Untuk menghemat pengeluaran, bawa botol minum sendiri saat berlibur di Singapura. Anda tidak perlu membeli air mineral yang harganya relatif mahal di sana. Anda dapat mengisi ulang botol minum di kran minum yang tersedia di tempat umum seperti taman, bandara, dan stasiun MRT.

9. Jangan lewatkan Patung Merlion

Liburan ke Singapura tidak lengkap tanpa berfoto di depan Patung Merlion, ikon negara ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan indah Marina Bay Sands dan Sungai Singapura ketika mengunjungi patung tersebut.

10. Perhatikan aturan bea cukai

Ketika berlibur ke Singapura, perhatikan aturan bea cukai. Hindari membawa barang-barang cairan dalam kemasan besar seperti parfum, makeup kit, dan botol minum, karena barang-barang tersebut mungkin tidak diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat. Jika membawa rokok, batasi jumlahnya hingga 2 hingga 3 bungkus saja. Pastikan Anda mengetahui aturan dan persyaratan yang berlaku.

11. Pilih pakaian yang sesuai

Singapura memiliki iklim tropis yang mirip dengan Indonesia, dengan suhu berkisar antara 25 hingga 31 derajat Celsius sepanjang tahun. Bawa pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Jika Anda mengunjungi Singapura pada bulan November hingga Januari, siapkan juga jas hujan tipis karena curah hujan cenderung tinggi pada periode tersebut.

Itulah beberapa tips hemat untuk liburan di Singapura. Selain tempat-tempat yang telah disebutkan, jangan lupa untuk mengunjungi Universal Studio Singapore untuk pengalaman yang tak terlupakan. Meskipun ada biaya tiket yang mahal, foto di depan bola dunia raksasa sudah sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Nah, kalau nantinya selama liburan di Singapura kamu tiba-tiba butuh dana tambahan untuk bayar biaya akomodasi atau beli barang branded yang kamu mimpi-mimpikan, tenang aja soalnya ada Topremit yang bisa membantu segala kebutuhan kirim uang ke luar negeri kamu!

Dengan Topremit, kirim uang ke Singapura biayanya terjangkau banget mulai dari IDR 75K doang dan waktu pengirimannya juga cepat, dalam hitungan menit aja uang udah bisa langsung di rekening penerima lho. Tunggu apalagi? Cobain Topremit sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.