5 Transportasi Terbaik di Kuala Lumpur: Anti Macet & Anti Ribet!

Malaysia Sep 13, 2023

Kuala Lumpur adalah salah satu kota metropolitan yang dikenal dengan landmark-nya yang ikonik, yaitu Menara Kembar Petronas. Sebagai pusat ekonomi, budaya, dan pariwisata Malaysia, Kuala Lumpur membutuhkan transportasi untuk mendukung mobilitas penduduk maupun para wisatawan dengan cepat dan efisien. Inilah 5 rekomendasi transportasi di Kuala Lumpur yang anti macet dan anti ribet. Check it out!

Light Rapid Transit (LRT)

Light Rapid Transit (LRT)

LRT adalah transportasi populer di Kuala Lumpur. Hal ini disebabkan karena LRT menghubungkan beberapa titik penting di kota sehingga jadi opsi alternatif bagi masyarakat yang ingin menghindari kemacetan dan pelancong yang ingin jalan-jalan secara praktis. LRT juga menghubungkan pusat bisnis dengan daerah wisata hingga pinggiran kota. Dengan menggunakan LRT, kamu bisa menjangkau Kuala Lumpur City Centre (KLCC), Sunway Lagoon, Mid Valley Megamall, Central Market, sampai China Town dengan mudah.

Kereta ini menyediakan tiga rute, yaitu Kelana Jaya Line, Ampang Line, serta Sri Petaling Line dan beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga tengah malam. Kereta akan tiba setiap 3-6 menit saat jam sibuk, dan 5-10 menit di luar jam sibuk. Tarif yang dikenakan juga bervariasi, tergantung stasiun tujuanmu. Misalnya ketika kamu berada di KL Sentral dan ingin menuju KLCC, tarif yang harus dibayar adalah RM 2.20. Sedangkan dari KLCC ke Bukit Bintang, kamu akan dikenakan biaya RM 2.80.

Mass Rapid Transit (MRT)

Mass Rapid Transit (MRT)

MRT memiliki dua jalur, yaitu Kajang Line dan Putrajaya Line. MRT bisa kamu jadikan pilihan karena berhenti di tempat-tempat strategis yang ramai dikunjungi, misalnya Muzium Negara MRT Station yang dekat dengan museum sejarah Malaysia, atau di Bandar Utama MRT Station untuk mengunjungi mall terbesar di Negeri Jiran ini, yaitu 1 Utama Shopping Centre. Tempat-tempat populer lain yang bisa dijangkau dengan MRT adalah Taman Tun Dr. Ismail, Sungai Buloh, dan Bukit Damansara.

MRT juga merupakan moda transportasi paling banyak digunakan karena dapat membantu masyarakat menyusuri kota dengan cepat dan murah. Harga tiketnya bervariasi, mulai dari RM 1.00-6.40, tergantung tujuanmu. Kereta pertama mulai beroperasi pada pukul 6 pagi dan kereta terakhir tersedia hingga tengah malam dengan interval kedatangan kereta 4-10 menit.

KTM Komuter

KTM Komuter

Kamu mau jalan-jalan ke luar Kota Kuala Lumpur? Bisa banget pakai KTM Komuter. KTM atau Kereta Tanah Melayu ini jadi transportasi jarak jauh penghubung Kuala Lumpur dengan kota-kota lain di sekitarnya. Terdiri atas dua jalur, yaitu Batu Caves-Pulau Sebang serta Tg. Malim-Pelabuhan Klang, kereta ini menawarkan akses mudah ke berbagai tempat indah, misalnya objek wisata Batu Caves. Tiket KTM Komuter bisa didapat di loket penjualan yang buka pada pukul 6 pagi hingga tengah malam dan tarifnya dipatok mulai dari RM 5 untuk sekali jalan, tergantung jarak tujuan.

KL Monorail

KL Monorail

KL Monorail merupakan transportasi berbasis rel yang memiliki jalur layang dan hanya beroperasi melalui satu rute saja, yaitu dari KL Sentral menuju ke Titiwangsa. Meskipun begitu, KL Monorail bisa jadi pilihan sempurna untuk mengantarmu ke berbagai tempat tersohor di Kuala Lumpur, seperti Golden Triangle, pusat perbelanjaan, hingga tempat hiburan. Selain itu, karena relnya yang terletak beberapa meter di atas tanah, kamu pun dapat menikmati pemandangan kota yang memukau dari ketinggian.

KL Monorail mulai beroperasi pukul 6 pagi hingga 12 malam dan kereta akan sampai di stasiun setiap 8-12 menit untuk menjemput penumpang. Jika berniat menaiki moda transportasi ini, kamu harus menyediakan budget sebesar RM 1.30-4.10, tergantung jarak stasiun tujuanmu.

Bus Rapid KL

Bus Rapid KL

Bosan dengan kereta? Yuk, cobain Bus Rapid KL sebagai alternatif moda transportasi jalan-jalanmu. Melayani lebih dari 100 rute, bus ini dapat membawamu menuju berbagai tempat wisata, lokasi terkenal, dan tujuan-tujuan lainnya di Kuala Lumpur. Beberapa halte bus juga terintegrasi dengan stasiun LRT, MRT, dan KTM Komuter sehingga memudahkan mobilisasi kamu. Untuk menaikinya, cukup siapkan budget mulai dari RM 1.00 aja. Bus ini beroperasi pada pukul 6 pagi sampai 11 malam pada hari Senin hingga Sabtu, dan pukul 6 pagi sampai 12 malam di hari Minggu dan libur nasional Malaysia.

Metode Pembayaran Tiket

Pembayaran tiket untuk transportasi-transportasi tersebut dapat dilakukan melalui dua alternatif, yaitu menggunakan uang tunai dan kartu Touch ‘n Go. Untuk kereta, jika memilih menggunakan uang tunai, maka kamu wajib menukar uang tersebut di vending machine yang tersedia di stasiun dengan token menyerupai koin yang harus di-scan sebelum melalui entry gate.

Jika pembayaran dilakukan dengan kartu Touch ‘n Go, kamu cukup menempelkan kartu tersebut pada mesin yang ada di entry gate saat akan masuk maupun keluar stasiun. Perlu diketahui bahwa harga yang dikenakan untuk pembayaran dengan uang tunai cenderung lebih mahal dibandingkan pembayaran dengan kartu Touch ‘n Go.

Untuk bus sendiri, kamu diwajibkan memiliki kartu Touch ‘n Go. Jika belum punya, maka kamu dapat membelinya di dalam bus dengan harga kartu RM 5.20 dan saldo RM 4.80. Kamu juga perlu memastikan saldo Touch ‘n Go kamu selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilisasimu.

Nah untuk kamu yang mau menaiki kereta atau moda transportasi lain, tak perlu cemas akan kehabisan saldo karena kini top-up Touch n’ Go dapat dilakukan melalui Topremit. Prosesnya mudah karena kamu bisa bertransaksi kapanpun dan di manapun dari smartphone kamu. Dengan biaya top-up flat, yaitu IDR 65,000 aja, uang akan masuk ke akun Touch ‘n Go kamu hanya dalam waktu satu jam. Yuk, dapatkan pengalaman menjelajahi Kuala Lumpur tanpa ribet dan mahal dengan Topremit!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.