12 Ide Usaha Modal 20 Juta Terbaik, Menjanjikan & Menguntungkan!

Bisnis Nov 11, 2021

Memiliki modal untuk memulai usaha memang sangat penting, meskipun beberapa jenis usaha juga memungkinkan untuk dimulai hampir tanpa modal. Kalau kamu punya modal usaha Rp20 juta, kamu bisa memulai bisnis skala medium. Modal usaha 20 juta bahkan terhitung besar lho untuk memulai bisnis.

Meskipun secara finansial kamu sudah siap, bukan berarti kamu bisa menentukan jenis bisnis asal-asalan. Kamu tetap perlu mempertimbangkan secara matang, jenis bisnis mana yang cocok dan tepat untuk dijalankan. Tentu saja, perlu riset cukup mendalam untuk menentukannya, termasuk mempertimbangkan soal lokasi, target pasar dan lainnya. Untuk itu, simak ide usaha modal 12 juta terbaik berikut ini.

Rekomendasi Usaha Modal 20 Juta

1.     Kopi Kekinian

Kalau kamu termasuk pecinta kopi, coba lirik bisnis kopi kekinian yang belakangan makin berkembang di Indonesia. Bisnis ini cukup menjanjikan karena penikmat kopi yang cukup setia dengan minuman favoritnya. Modal usaha 20 juta sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Kalau ingin lebih praktis, kamu bisa membeli franchise kopi kekinian yang sesuai dengan budget kamu.

2.     Bisnis Import

Bisnis import juga cukup menjanjikan, karena tidak banyak orang yang paham seluk beluk bisnis ini. Kalau kamu punya jaringan yang kuat di bisnis ini, coba alokasikan modal usaha 20 juta yang kamu miliki untuk memulai bisnis import. Dengan modal tersebut, kamu bisa membeli produk import seperti pakaian anak-anak, bed cover dan lainnya. Namun kalau kamu nggak punya relasi yang paham dengan bisnis import, perbanyak membaca referensi agar kamu nggak salah langkah.

3.     Usaha Print

Usaha print juga salah satu jenis usaha yang menguntungkan karena dokumen cetak menjadi kebutuhan banyak orang. Meski mesin print banyak jenisnya, kamu bisa pilih yang paling terjangkau dan masuk ke budget kamu untuk memulai usaha. Dimulai dengan 1 hingga 5 mesin print, siapa tahu hanya dalam waktu singkat modalmu kembali hingga berkali lipat, sehingga bisa menambah jumlah mesin print menjadi lebih banyak lagi.

4.     Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry bisa kamu mulai dengan modal 20 juta. Sebab, kamu hanya membutuhkan beberapa mesin cuci, keranjang dan meja yang tentunya cukup dengan 15 juta. Sisanya bisa kamu gunakan untuk promosi dan belanja kebutuhan ringan lain seperti plastik, cetak nota dan lainnya. Usaha laundry kiloan juga cukup laris lho, jadi jangan takut mencoba bisnis ini ya.

5.     Bisnis Minuman Kekinian

Selain kopi, minuman kekinian juga masih hits dan digemari banyak orang. Kalau kamu punya modal usaha 20 juta, jangan sia-siakan peluang ini. Kamu bisa memulainya dengan membuka kedai minuman kekinian di depan rumah dan menjualnya secara online. Kamu juga bisa membeli franchise minuman yang sesuai dengan modal usaha kamu. Dengan membeli franchise, kamu nggak perlu melakukan branding sendiri. Menarik bukan?

6.     Usaha Cuci Motor

Kalau kamu melihat lahan yang cukup luas didukung dengan sumber air yang melimpah, coba alokasikan modal usaha kamu untuk membuka usaha cuci motor. Selain mudah dari sisi operasional, usaha cuci motor juga cukup menjanjikan. Jangan lupa, lengkapi usaha cuci motor kamu dengan menyediakan tempat tunggu dan cemilan ya, agar pengunjung nyaman menunggu proses pencucian. Selain untung dari fokus bisnis yang utama, kamu juga bisa mendapatkan untung dari jajanan yang kamu jual di ruang tunggu. Semacam menyelam sambil minum air lah.

7.     Bisnis Jastip Luar Negeri

Kalau nggak memungkinkan untuk bisnis import, kamu bisa coba bisnis satu ini. Jastip luar negeri juga menjadi bisnis yang menarik, apalagi kalau kamu sering dinas atau berkunjung ke luar negeri secara berkala. Selain menunaikan tugas, kamu bisa mendapatkan untung dari produk yang berhasil terjual. Dengan modal 20 juta, kamu bisa membeli produk favorit dari negara tertentu dan menjualnya di Indonesia. Misalnya produk elektronik yang lebih murah di negara tertentu, yang biasanya diburu banyak orang.

Kamu juga bisa memanfaatkan keluarga atau rekanmu di luar negeri untuk menjadi agen jastip, sehingga memudahkan kamu menjalankan bisnis jastip luar negeri. Soal pembayarannya, kamu bisa gunakan layanan Topremit. Tenang aja, jangkauannya sudah mencakup 60 negara lebih di dunia, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan transaksi pembayaran kemanapun dengan aman dan nyaman.

8.     Usaha Warung

Dengan modal usaha 20 juta, kamu juga bisa membuka usaha warung, baik itu warung kelontong atau warung jajanan. Namun pastikan kamu punya lokasi yang terjangkau dan strategis ya, agar usahamu makin laris. Kamu bisa membuka warung di depan rumah, di sekolah, kampus atau di sekitar perkantoran.

9.     Usaha Petshop

Kalau kamu pecinta binatang, coba buka usaha petshop. Membuka usaha berdasarkan minat, tentu akan terasa lebih menyenangkan. Selain menyalurkan minat, kamu juga bisa meraih untung. Kamu bisa memulainya dengan menyediakan makanan khusus hewan serta perlengkapannya. Kalau sudah berkembang, kamu bisa menyediakan beragam lagi produk maupun jasa, seperti jasa penitipan hewan.

10.  Bisnis Fashion

Bisnis fashion memang nggak ada matinya, meskipun trennya selalu berkembang setiap waktu. Dengan modal 20 juta, kamu bisa membuat produk fashion sendiri dengan brand sendiri lho. Meski pada tahap awal jumlah produkmu sedikit, kamu bisa terus melakukan inovasi agar bisnismu makin berkembang. Kuncinya kalau kamu berencana terjun ke bisnis fashion adalah, selalu ikuti trend dan pahami selera pelanggan kamu.

11.  Usaha Makanan Kekinian

Selain minuman, makanan kekinian juga bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis dengan modal 20 juta. Tapi tentu saja, usaha makanan yang kamu jalani harus punya ciri khas dibanding yang lain. Jangan lupa untuk memperhatikan rasa dan tampilan produkmu ya supaya menggugah selera orang yang melihatnya. Kamu juga bisa membeli franchise makanan kekinian kalau kondisimu nggak memungkinkan untuk memulai bisnis dari nol.

12.  Usaha Bengkel Motor

Kalau kamu tertarik membuka usaha bengkel motor, jangan pendam minat kamu dan segera realisasikan. Nggak perlu khawatir kalau kamu nggak ahli reparasi motor, karena kamu bisa rekrut 1-2 orang untuk menjalankan bisnis ini. Dengan modal 20 juta kamu bisa mengalokasikan 15 juta untuk peralatan dan perlengkapan motor serta gaji karyawan. Selebihnya bisa kamu gunakan untuk promosi serta operasional bengkel seperti untuk listrik, air hingga sewa tempat.

Itu dia 12 ide usaha modal 20 juta yang bisa kamu pilih. Setelah memilih, pertimbangkan beberapa faktor seperti lokasi, target pelanggan serta keamanannya ya. Perbanyak sharing dengan pelaku bisnis yang akan kamu geluti agar kamu makin yakin dengan pilihanmu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.