Affiliate Marketing

Bisnis Afiliasi - Modal Minim Tapi Bisa Cuan Banget!

Affiliate Oct 19, 2023

Mendapatkan penghasilan tambahan dengan usaha yang minim dan modal kecil tentunya merupakan keinginan banyak orang. Untungnya, di era digital saat ini, terdapat banyak cara untuk mencapai hal tersebut. Salah satu cara yang lagi populer banget sekarang adalah melalui bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan modal yang minim dan bahkan bisa tanpa ada modal sama sekali.

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi adalah jenis bisnis yang memungkinkan kamu mendapatkan komisi setelah berhasil mengarahkan orang lain untuk menggunakan atau membeli suatu produk. Jumlah komisi yang diterima dapat bervariasi tergantung kebijakan perusahaan yang kamu ikuti. Tentunya sama seperti praktik penjualan pada umumnya, semakin banyak orang yang bisa kita ajak untuk menggunakan suatu produk maka semakin banyak pula pendapatan kita.

Perbedaan Program Afiliasi dan Referral

Perbedaan Program Afiliasi dan Program Referral

Nah, ketika berbicara tentang program afiliasi tentu kita juga kepikiran dengan program yang sangat mirip praktik dan tujuannya, yakni program referral. Pada dasarnya kedua program ini sama-sama memiliki tujuan untuk mengajak seseorang menggunakan atau membeli suatu produk namun kedua program ini memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok dan harus kamu ketahui sebelum menggeluti dunia bisnis afiliasi. Berikut, pembahasan tentang perbedaan esensial antara keduanya:

1. Jenis Peserta yang Mengikuti Program

  • Referral Marketing: Biasanya peserta program referral adalah pelanggan yang sudah menggunakan suatu produk dan menikmati kualitas yang ditawarkan produk tersebut. Mereka biasanya mengajak teman, keluarga, atau kolega mereka untuk bergabung.
  • Affiliate Marketing: Program afiliasi dapat diikuti oleh siapa saja yang tertarik untuk mempromosikan bisnis tanpa harus menjadi pelanggan terlebih dahulu.

2. Jenis Pelanggan yang Diajak Untuk Mengikuti Program

  • Referral Marketing: Hubungan antara orang yang merekomendasikan dan calon pelanggan cenderung lebih dekat, sering kali teman atau keluarga.
  • Affiliate Marketing: Tidak ada hubungan langsung antara pemasar afiliasi dan calon pelanggan. Mereka biasanya memiliki kepercayaan tertentu, seperti pengikut atau pelanggan mereka.

3. Cara Promosi

  • Referral Marketing: Biasanya melibatkan promosi yang lebih personal seperti email, pesan WhatsApp, atau pertemuan tatap muka.
  • Affiliate Marketing: Lebih cenderung menggunakan saluran publik seperti situs web, blog, atau media sosial.

4. Jenis Imbalan

  • Referral Marketing: Imbalan dapat berupa diskon, kredit toko, kupon, uang kembali, atau kartu hadiah.
  • Affiliate Marketing: Imbalan biasanya berbasis uang tunai, dalam bentuk biaya tetap atau persentase dari setiap penjualan yang dihasilkan.

5. Nilai Customer Lifetime Value (CLV)

  • Referral Marketing: Program referral cenderung meningkatkan nilai CLV karena didasarkan pada kepercayaan dan kesetiaan pelanggan yang sudah ada.
  • Affiliate Marketing: Program afiliasi lebih fokus pada mendatangkan pelanggan baru, dengan nilai CLV yang mungkin lebih rendah.

Jadi perbedaannya lumayan simpel nih, pada dasarnya program referral cenderung bergantung pada pengguna yang sudah setia terhadap suatu produk dan diharapkan akan memberitahu teman, keluarga serta kerabat dekatnya tentang semua manfaat produk tersebut. Sedangkan program afiliasi cenderung bergantung kepada individu-individu yang bisa membungkus manfaat suatu produk dengan menarik dan mengajak khalayak ramai yang bahkan tidak ia kenal untuk menggunakan produk tersebut.

Jadi, sekarang udah tau bedanya jangan bingung lagi ya!

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara kerja bisnis afiliasi, penting untuk memahami tiga pihak yang terlibat dalam bisnis ini:

Pemilik Produk: Merupakan perusahaan atau penjual yang memberikan kesempatan bagi bisnis afiliasi.

Afiliator: Seorang individu yang bergabung dalam program afiliasi dan bertugas memasarkan produk dari pemilik program kepada calon konsumen.

Konsumen: Orang yang membeli atau menggunakan produk dari pemilik produk melalui afiliator.

Dalam bisnis afiliasi, peran kamu adalah sebagai afiliator. Tugas utama kamu adalah mengajak calon konsumen untuk menggunakan atau membeli produk dari pemilik produk melalui kode referal afiliasi yang kamu berikan kepada mereka. Semakin banyak calon konsumen yang menggunakan kode afiliasi kamu maka semakin besar pula komisi yang akan diperoleh.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Keuntungan Bisnis

1. Modal Kecil

Salah satu keuntungan utama bisnis afiliasi adalah modal yang dibutuhkan relatif kecil. Kamu hanya perlu memiliki smartphone, akses internet, dan kemampuan komunikasi yang baik untuk mengajak orang lain menggunakan produk tertentu.

2. Fleksibilitas Jam Kerja

Bisnis afiliasi tidak mengenal batasan jam kerja. Kamu dapat melakukannya kapan pun kamu mau, baik itu pagi, siang, sore, atau malam. Kamu memiliki kebebasan untuk menentukan jadwal kerja sesuai dengan kesibukan yang kamu miliki.

3. Lokasi Kerja yang Fleksibel

Selain fleksibilitas waktu, bisnis afiliasi juga memberikan fleksibilitas lokasi kerja. Kamu dapat menjalankannya di mana pun kamu berada, asalkan terhubung dengan internet. Kamu dapat bekerja di rumah, warung kopi, kampus, atau pun tempat lain yang kamu inginkan.

4. Mengikuti Banyak Program Afiliasi

Berbeda dengan menjadi sales di satu perusahaan tertentu, dalam bisnis afiliasi kamu dapat bergabung dengan berbagai program afiliasi sekaligus. Kamu memiliki kebebasan untuk mendaftar ke beberapa program afiliasi yang berbeda. Namun, penting untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan setiap program agar tidak ada masalah di masa depan.

Cara Pembayaran untuk Afiliator

Jika kamu tertarik untuk terjun ke bisnis afiliasi sebagai afiliator, kamu mungkin bertanya-tanya tentang cara pembayaran yang akan diterima. Dalam bisnis afiliasi, ada dua cara umum di mana afiliator dibayar:

Bayaran Per Transaksi (Pay Per Sale)

Dalam sistem pembayaran ini, kamu akan mendapatkan komisi setelah calon konsumen melakukan transaksi dengan menggunakan kode afiliasi yang kamu berikan. Komisi akan diberikan berdasarkan persentase tertentu dari harga produk yang terjual.

Bayaran Per Klik (Pay Per Click)

Dalam program ini, kamu akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah pengunjung yang mengklik tautan atau iklan yang mengarah ke situs pemilik produk atau perusahaan yang kamu promosikan. Kamu akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang diterima, tanpa memperhatikan apakah pengunjung tersebut melakukan pembelian atau tidak.

Contoh Bisnis Afiliasi

Topremit

Jika tertarik untuk memulai bisnis afiliasi, kamu dapat bergabung dengan program afiliasi yang ditawarkan oleh Topremit. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai:

  1. Untuk mengikuti program afiliasi ini kamu harus memiliki akun Topremit, ya. Daftarkan dirimu melalui situs https://topremit.com/id/become-affiliate jika ingin mendaftar jadi afiliator atas nama pribadi atau melalui situs https://topremit.com/business/id/become-affiliate untuk menjadi afiliator atas nama perusahaan atau instansi yang kamu miliki.
  2. Selesaikan proses pendaftaran dengan mengisi semua kolom informasi yang dibutuhkan dengan tepat.
  3. Nah, lebih kerennya lagi kamu juga gak perlu menunggu email konfirmasi atau pun proses validasi akun sehingga setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kamu bisa langsung aktif menjadi afiliator Topremit.
  4. Promosikan dan ajak temanmu yang membutuhkan layanan Topremit melalui link serta kode afiliasi yang tersedia di akun kamu.
  5. Jika kamu ingin menjangkau lebih banyak orang lagi, kamu dapat menggunakan semua sosial media yang kamu miliki untuk mempromosikan Topremit dan mengajak orang-orang melakukan pendaftaran melalui link atau kode afiliasi milikmu.
  6. Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali pengguna yang kamu undang telah berhasil bertransaksi menggunakan Topremit!

Untuk melihat syarat, ketentuan, imbalan yang bisa di dapatkan beserta beberapa peraturan penting yang harus kamu ketahui langsung aja kunjungi situs berikut ini ya https://blog.topremit.com/topremit-affiliate-program/!

Jangan lupa untuk promosikan semua layanan Topremit dan lebih dari 70 negara yang tersedia sebagai tujuan kirim uang dari Indonesia ke teman, keluarga atau pun kerabat kamu ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.