7 Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa di Amerika

amerika serikat Feb 26, 2024

Kamu berencana untuk kuliah di Amerika? Wah, keren banget! Sudah tidak mengherankan jika Negeri Paman Sam ini kerap kali jadi tujuan melanjutkan studi para mahasiswa di Indonesia karena banyak kampus terbaik di Amerika yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi.

Tapi sebelum kamu berkuliah di Amerika, wajib tahu dulu nih beberapa aplikasi yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari kamu sebagai anak rantau di Amerika, yuk simak infonya berikut!

Easybib

Easybib

Aplikasi wajib untuk mahasiswa di Amerika yang pertama adalah Easybib. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat referensi dan mengelola daftar pustaka untuk esai atau makalah yang kamu tulis. Cukup dengan memasukkan judul referensi, nama pengarang, dan URL, dan kamu bisa mendapat format kutipan yang benar secara instan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan scan barcode pada buku referensi dan Easybib akan menghasilkan referensi untukmu. Easybib menyediakan versi gratis dan berbayar, tentunya beberapa fitur akan berbeda tergantung pada versi yang kamu pilih ya.

Evernote

Evernote

Mencatat materi di kelas dan mengelola tugas-tugas dengan baik merupakan hal-hal yang wajib kamu lakukan sebagai mahasiswa. Untuk memudahkan aktivitas tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi Evernote ya. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk membantu para penggunanya membuat dan menyimpan catatan penting, kamu bisa menambahkan audio, video, dan tautan website di catatanmu, lho. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menandai, memberi anotasi, mengedit, hingga mengekspor. Evernote tersedia di Android, iOS, macOS, dan Microsoft Windows dengan versi gratis dan berbayar.

Swagbucks

Swagbucks

Ingin mencari uang jajan tambahan saat menjadi mahasiswa di Amerika? Kamu bisa banget pakai Swagbucks. Aplikasi ini merupakan aplikasi penghasil uang terpopuler dan terbesar di Amerika. Kamu sebagai pengguna dapat menghasilkan uang dengan mengumpulkan poin dari menyelesaikan beberapa tugas atau misi, misalnya mengisi survei, menonton video, berbelanja online, dan lainnya. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan sejumlah uang tunai atau kartu hadiah.

Uber

Uber

Jika di Indonesia ada Grab dan Gojek, maka di Amerika ada Uber. dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memesan layanan transportasi dan supir pribadi. Jadi kalau kamu mau menjelajah berbagai tempat di Amerika, udah gak perlu bingung dan repot lagi karena bisa langsung pesan lewat smartphone. Bukan cuma layanan transportasi, Uber juga menyediakan layanan pesan antar makanan online, lho.

Citymapper

Citymapper

Bagi kamu mahasiswa di Amerika, menjelajah di Negeri Paman Sam kini udah gak perlu takut nyasar lagi karena kamu bisa pakai Citymapper. Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai transportasi umum dan petunjuk arah untuk bus, kereta api, serta kereta bawah tanah (metro) secara real time. Selain transportasi umum, aplikasi ini juga mengintegrasikan data untuk rute pejalan kaki, bersepeda, dan berkendara secara pribadi. Oiya, aplikasi ini juga gratis lho, jadi kamu bisa menggunakannya kapan saja tanpa terbatas pada fitur-fitur tertentu.

Google Pay

Google Pay

Google Pay adalah salah satu e-wallet terbaik di Amerika yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Mirip dengan e-wallet lainya, kamu bisa melakukan pembayaran di toko offline maupun online menggunakan Google Pay serta mengirim uang ke sesama pengguna Google Pay. Di aplikasi ini juga tersedia catatan transaksi jadi kamu dapat mengetahui transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan dalam periode waktu tertentu.

Baca juga: Ini Rincian Biaya Hidup di Amerika untuk Mahasiswa dan Pekerja

Topremit

Topremit

Saat sedang berkuliah di luar negeri, kamu tentu perlu mengetahui cara yang aman dan terpercaya untuk menerima biaya hidup dari keluarga yang berada di Indonesia. Nah, aplikasi terakhir yang wajib banget buat kamu, para mahasiswa yang kuliah di Amerika, adalah Topremit. Topremit telah dilisensi oleh Bank Indonesia sejak 2009, jadi setiap transaksi dijamin aman, keluarga kamu bisa kirim uang ke rekening kamu yang ada di Amerika tanpa khawatir dan repot.

Cuma butuh smartphone, kirim uang ke Amerika bisa dilakukan kapan aja dan dimana aja secara online. Udah gitu biaya transfernya juga flat, yaitu IDR 100K dan uang bisa sampai dalam 5 menit aja! Kalau kamu registrasi di Topremit sekarang, bisa dapat 2 voucher diskon 50% untuk biaya transfer, lho. Jadi makin murah deh. Makanya, yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.