Ada Aturan Khusus! Ini 7 Budaya Thailand yang Wajib Diketahui

Thailand Nov 7, 2023

Salah satu negara yang terkenal punya banyak destinasi wisata unik adalah Thailand. Dikenal sebagai The Land of Smile karena penduduknya sangat ramah pada wisatawan, Thailand juga punya beberapa budaya yang wajib diketahui oleh para pelancong untuk menghormati tradisi mereka, lho. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

Salam Khas

salam khas Thailand

Mungkin kamu cukup familiar dengan jabat tangan yang dilakukan untuk menyambut seseorang. Namun, sesuatu yang cukup berbeda akan kamu temui di Thailand. Masyarakat Thailand punya salam khasnya sendiri yang disebut wai. Cara melakukannya adalah dengan menyatukan kedua telapak tangan dan diletakkan di depan dada, lalu menundukkan kepala ke arah lawan bicara atau orang yang disapa.

Jika warga lokal melakukannya untukmu, kamu juga bisa banget untuk membalasnya dengan gerakan yang sama, lho. Oiya, jangan lupa tersenyum saat melakukan wai, ya. Hal ini tentu akan membuat mereka senang dan semakin menghargaimu.

Sesuaikan Gaya Berpakaian

Sesuaikan gaya berpakaian

Orang Thailand dikenal memiliki gaya berpakaian yang sopan, khususnya saat mengunjungi tempat-tempat tertentu misalnya kuil. Oleh karena itu, para wisatawan yang berniat mengunjungi Negeri Gajah Putih ini pun harus menyesuaikan cara berpakaian mereka meskipun tidak ada aturan tertulis. Untuk menghormati budaya Thailand, kamu disarankan mengenakan pakaian yang menutup lutut, dada, perut, dan bahu. Selain itu, kamu juga harus melepas topi saat masuk ke kuil.

Melepas Alas Kaki

Lepas alas kaki

Selain gaya berpakaian, kamu juga harus melepas alas kaki saat melakukan kunjungan ke kuil. Hal ini disebabkan karena masyarakat Thailand percaya bahwa kaki adalah bagian paling kotor dari tubuh manusia. Alas kaki juga harus dilepas saat kamu bertamu ke rumah orang Thailand dan memasuki spa. Bahkan beberapa toko dan kantor di sana juga memberlakukan aturan yang sama, lho.

Jadi untuk berjaga-jaga dan memudahkanmu jika menemui tempat yang mengharuskan para pengunjungnya melepas alas kaki, kamu bisa memilih menggunakan sandal atau sepatu yang mudah dilepas, ya.

Etika Makan

Etika makan

Seperti kebanyakan negara lain, Thailand juga memiliki etika makannya sendiri. Umumnya, orang Thailand hanya menggunakan sendok dan dan garpu saat makan, tidak ada pisau karena makanan yang disajikan sering kali sudah dipotong kecil-kecil. Selain itu, mereka juga menggunakan sumpit untuk memakan mie kering, mie kuah, dan bubur khao tom gui. Tapi ingat, kamu tidak boleh menggigit dan menusuk makanan dengan sumpit, ya. Jika belum mahir memakainya, kamu bisa beralih dan menggunakan sendok saja.

Uang Kertas Tak Boleh Dilipat

Larangan melipat uang kertas

Thailand punya aturan khusus dalam memperlakukan uang kertas mereka, yaitu tidak boleh dilipat dan diremas. Alasan utamanya adalah karena terdapat gambar  Raja Bhumibol Adulyadej yang sangat dicintai oleh penduduk Thailand. Ini dilakukan untuk menghormati raja tersebut, bahkan perusakan uang kertas dapat mengakibatkan kamu berurusan dengan pihak berwenang.

Larangan Menyentuh Kepala

Berkebalikan dengan kaki, kepala adalah bagian tubuh yang dianggap paling suci dan penting. Inilah yang menyebabkan kamu tidak boleh sembarang menyentuh kepala orang Thailand. Mungkin kamu punya kebiasaan untuk mengacak rambut atau menepuk kepala anak-anak dengan lembut, tapi jangan lakukan hal tersebut di Thailand karena kamu bisa dianggap tidak sopan. Jika tidak sengaja melakukannya, kamu disarankan untuk segera meminta maaf, ya.

Larangan Menunjuk Sembarangan

larangan menunjuk sembarangan

Sebagai salah satu negara yang menjunjung tinggi adab, norma, dan sopan santun, masyarakat Thailand punya aturan untuk tidak menunjuk sembarangan, khususnya menggunakan jari telunjuk. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa seseorang tidak sopan dan kasar karena menunjuk dengan jari telunjuk biasa digunakan untuk memanggil hewan peliharaan di sana. Sebagai gantinya, kamu bisa mengangkat dagu ke arah yang dimaksud. Selain itu, menunjuk atau menyentuh sesuatu dengan kaki, menjentikkan jari atau bertepuk tangan saat memanggil seseorang adalah hal yang dilarang di Thailand.

Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke Thailand. Jika kamu adalah seorang pemula yang baru pertama kali akan berlibur ke sana, kamu wajib mengetahui tips jalan-jalan ke Thailand yang budget friendly serta tempat-tempat yang harus didatangi untuk mengisi waktu liburanmu. Selain itu, siapkan juga budget untuk membeli oleh-oleh khas Thailand untuk keluarga di rumah, ya.

Oiya, untuk kamu yang mau bayar belanjaan maupun penginapan di Thailand, bisa banget pakai Topremit. Melalui Topremit, kamu bisa kirim uang ke Thailand dari smartphone tanpa takut repot. Biaya transfernya juga murah, lho, mulai dari IDR 55K aja dan uang akan sampai ke rekening penerima dalam 15 menit. Keren, kan? Makanya, yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.