Yuk Kenali Sumber-Sumber Pendanaan untuk Bisnis Kamu!

Bisnis Mar 19, 2024

Para pemilik bisnis, baik UMKM maupun bisnis dengan skala yang lebih besar, perlu mengetahui adanya sumber-sumber pendanaan sebagai modal yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis. Di Indonesia sendiri, terdapat sumber pendanaan jangka pendek dan sumber pendanaan jangka panjang yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu, lho. Yuk, simak info selengkapnya berikut!

Apa Itu Pendanaan?

Pendanaan atau funding merupakan kegiatan memperoleh modal berupa suntikan dana dari pemberi dana yang nantinya akan digunakan untuk pengerjaan program atau proyek di suatu perusahaan.

Fungsi Pendanaan

Pendanaan bagi suatu bisnis, baik perusahaan besar maupun UMKM, memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Mengatur cash flow perusahaan

Bagi sebuah bisnis, cash flow adalah unsur krusial yang harus dijaga kestabilannya. Jika cash flow bisnis kamu tidak stabil, mengambil fasilitas pendanaan dari pihak eksternal bisa sangat berguna untuk menjaga eksistensi perusahaan.

2. Menggaji karyawan

Kebutuhan operasional seperti menggaji karyawan ini tentu tidak bisa dihindari atau ditunda, apalagi kamu tidak bisa menjalankan bisnis sendirian. Nah, saat terdapat kendala saat penggajian karyawan, kamu bisa banget memanfaatkan fasilitas pendanaan untuk membayar gaji karyawan yang bekerja untuk bisnismu.

3. Merawat dan menambah peralatan

Peralatan-peralatan yang kamu miliki untuk operasional bisnis tentu butuh dirawat agar tetap dapat digunakan secara optimal. Selain itu, mungkin saja kamu juga harus menambah peralatan baru saat skala bisnismu sudah semakin besar. Nah, di sinilah pendanaan memiliki peran penting. Kamu bisa menggunakan berbagai macam sumber pendanaan untuk merawat atau membeli peralatan demi meningkatkan produktivitas bisnis.

4. Membuka cabang baru

Saat berniat membuka cabang baru, kamu harus memastikan bahwa jumlah dana untuk cabang tersebut sudah cukup dan tidak akan mengganggu operasional bisnis utama kamu. Selain itu, pendanaan yang kamu dapatkan juga akan berguna untuk membayar harga sewa tempat cabang barumu akan berdiri.

5. Dapat berperan sebagai dana darurat

Tak hanya sebagai pendukung operasional bisnis, pendanaan juga dapat berperan sebagai dana darurat, lho. Mengingat dunia bisnis yang dinamis dan cepat berubah seiring tren, pendanaan tentu bisa jadi jalan keluar saat kamu mengalami berbagai macam kendala.

Baca juga: Mau Bersaing dengan Kompetitor? Ikuti Beberapa Tips Khusus Buat UMKM ini!

Jenis-Jenis Pendanaan

Pendanaan dibagi atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Pendanaan jangka pendek

Ini adalah pendanaan yang harus diberikan sekaligus dibayarkan dalam waktu maksimal 1 tahun. Kamu bisa mendapatkan pendanaan jangka pendek dari bank, jasa leasing, koperasi, dan lembaga kredit online.

Karena cukup terbatas, pendanaan jangka pendek biasanya memiliki limit pinjaman yang lebih rendah dibanding pendanaan jangka panjang. Selain itu, cicilan untuk pendanaan jangka pendek pun terbilang tinggi dengan biaya administrasi dan denda keterlambatan pembayaran yang juga tinggi.

Meski begitu, pendanaan jangka pendek masih diminati oleh para pemilik bisnis karena dinilai memiliki bunga yang cukup rendah, proses pencairannya cepat, proses dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan cukup sederhana, serta tersedia dalam berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar para pemilik bisnis.

Beberapa contoh pendanaan jangka pendek adalah utang dagang, utang pajak, leasing, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan pinjaman kredit.

2. Pendanaan jangka panjang

Pendanaan jangka panjang adalah modal pinjaman yang dapat dilunasi dalam jangka lebih dari 1 tahun, biasanya berkisar antara 5-20 tahun. Pendanaan jenis ini bisa menjadi solusi ketika perusahaan membutuhkan modal berjumlah besar yang harus didapatkan dalam waktu singkat karena akan dipergunakan untuk menutupi biaya operasional bisnis yang sifatnya mendesak, misalnya membayar gaji karyawan dan sewa tempat. Selain itu, pendanaan jangka panjang juga bisa kamu manfaatkan sebagai modal awal untuk memulai bisnis.

Pendanaan jangka panjang memiliki beberapa kelebihan, misalnya suku bunga relatif tetap, dapat digunakan untuk perencanaan arus kas perusahaan, hingga mengurangi beban pajak.

Beberapa sumber pendanaan jangka panjang adalah medium term notes (surat utang jangka menengah), obligasi korporasi, dan saham.

Itulah informasi mengenai sumber-sumber pendanaan untuk bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.