Sat Set Banget! Ini 3 Tips Kirim Uang Lewat Alipay dalam Hitungan Menit

China Oct 18, 2023

China adalah salah satu negara dengan jumlah transaksi non-tunai terbanyak, contohnya di tahun 2022 yang jumlahnya mencapai 159 miliar transaksi. Oleh karena itu, perkembangan dompet digital atau e-wallet terjadi sangat pesat karena tuntutan kebutuhan masyarakat. Terdapat beberapa e-wallet yang sangat populer di Negeri Tirai Bambu ini, salah satunya adalah Alipay.

Sekilas Tentang Alipay

Alipay merupakan e-wallet yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya pembayaran merchant, belanja, mengirim serta menerima uang, memeriksa saldo bank, membayar tagihan, dan lainnya. Sebelum menggunakan Alipay, pengguna harus mengunduh, membuat akun, dan memverifikasi akun Alipay terlebih dahulu. Selain di China, Alipay juga dapat digunakan untuk transaksi internasional, misalnya pengiriman uang dari luar negeri ke China.

Namun, tahukah kamu bahwa kita dapat menggunakan jaringan Alipay untuk mengirim uang dari luar negeri ke China hanya dalam hitungan menit? Dengan cara ini, nantinya uang yang dikirim akan diterima di rekening bank tujuan yang terhubung dengan akun Alipay penerima. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika ingin menempuh alternatif ini agar uang bisa sampai dalam hitungan menit. Yuk, simak infonya berikut!

Tips Kirim Uang Lewat Alipay dalam Hitungan Menit

1. Pastikan Akun Alipay Penerima Telah Diverifikasi

Tips pertama yang harus dilakukan adalah memastikan akun penerima tujuan transfer telah terverifikasi sebelum menerima uang. Hal ini penting untuk mencegah transaksi gagal atau ditolak oleh sistem Alipay.

Jika akun penerima tujuan belum diverifikasi, silakan ikuti langkah-langkah berikut, ya.

  1. Buka aplikasi Alipay, cari Quick Collect "闪速收款" pada aplikasi, lalu klik Quick Collect "闪速收款".
Buka aplikasi Alipay, cari Quick Collect "闪速收款" pada aplikasi, lalu klik Quick Collect "闪速收款".

2. Saat ini, Quick Collect "闪速收款" hanya tersedia untuk pengguna yang memiliki Kartu Identitas Penduduk China yang telah menyelesaikan otentikasi nama asli dan memiliki rekening bank di China.

Fitur Quick Collect untuk pengguna dengan kartu identitas penduduk China

3. Ikuti instruksi pada Quick Collect "闪速收款" untuk otentikasi nama asli.

 Ikuti instruksi pada Quick Collect "闪速收款" untuk otentikasi nama asli.

2. Hubungkan Kartu Bank Penerima ke Akun Alipay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita dapat emanfaatkan jaringan Alipay untuk kirim uang ke China dalam hitungan menit. Uang yang dikirim akan masuk ke rekening tujuan yang terhubung dengan akun Alipay penerima. Oleh karena itu, untuk menerima uang melalui Alipay penerima harus menghubungkan kartu rekening bank yang dimiliki ke akun Alipay mereka. Pastikan juga rekening bank tujuan tidak dibekukan untuk menghindari kendala saat transaksi.

Untuk menghubungkan kartu bank penerima ke akun Alipay, dapat dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah uang sampai, penerima akan mendapat notifikasi. Uang yang dikirim akan masuk ke Alipay Quick Collect "闪速收款". Klik tombol "选卡使 用服务" untuk menghubungkan kartu rekening bank dengan Alipay.
Klik tombol "选卡使 用服务" untuk menghubungkan kartu rekening bank dengan Alipay.

2. Klik tombol "选卡使 用服务" untuk mulai menghubungkan kartu rekening bank dengan Alipay.

Klik tombol "选卡使 用服务" untuk mulai menghubungkan kartu rekening bank dengan Alipay.

3. Setelah kartu penerima sudah terhubung, verifikasi kartu identitas dengan klik tombol "同意保存证件至卡 包以便查看" untuk memberikan akses pemeriksaan kartu identitas. Kemudian, klik "开始拍摄" untuk mengambil foto kartu identitas kamu atau klik "从相册上传" untuk mengunggah foto kartu identitas dari galeri.

verifikasi kartu identitas dengan klik tombol "同意保存证件至卡 包以便查看"

4. Setelah verifikasi identitas selesai, status transaksi akan berubah seperti gambar di bawah ini.

Setelah kartu kamu terhubung dan verifikasi identitas selesai, status transaksi akan berubah seperti gambar ini.

5. Saat uang sudah diterima dan transaksi berhasil, halaman beranda akan terlihat seperti ini.

Saat uang sudah diterima dan transaksi berhasil, halaman beranda akan terlihat seperti ini.

3. Kirim Uang Lewat Alipay Pakai Topremit

Nah bagi orang asing yang tidak memiliki Paspor atau ID China, bisa banget pakai layanan Alipay Topremit untuk kirim uang ke China. Di Topremit, uang yang kamu kirim akan sampai di rekening bank penerima yang terhubung dengan akun Alipay hanya dalam 20 menit dengan biaya flat, yaitu IDR 100K aja. Tunggu apa lagi? Yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.